Business Insight

Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

By Jordhi Farhansyah on May, 18 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis - Coronavirus atau COVID-19 yang merebak ke seluruh penjuru bumi sejak awal tahun telah mengubah segala sektor kehidupa.

Beberapa hal yang berubah karena merebaknya virus ini adalah bagaimana cara kita berkomunikasi satu sama lain, sistem belajar mengajar yang saat ini beralih ke online, hingga membiasakan diri melakukan virtual meeting daripada bertemu secara langsung.

Perubahan situasi yang drastis memengaruhi ekonomi secara global. Bisa dilihat bagaimana beberapa industri, seperti pariwisata, event organizer, hingga dunia hiburan, terpaksa berhenti beroperasi. Belum lagi untuk dunia kuliner yang menawarkan layanan fine dining atau all you can eat, terpaksa harus mencari cara agar bisnis mereka tetap bertahan.

Baca juga: 13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona

Dari beberapa contoh industri yang terdampak di atas, sangat disadari bahwa COVID-19 bukan cuma bisa berpengaruh terhadap performa bisnis, melainkan kesehatan para pemilik bisnis. Selain kesehatan bisnis, tentu kesehatan psikis dan fisik Anda juga wajib diprioritaskan.

Maka dari itu, pada tulisan ini, kami akan membahas bagaimana agar para pebisnis dapat mencapai kesehatan dan kebahagiaan untuk benar-benar terpisah dari potensi stres yang mengancam selama pandemi. Bagaimana caranya? Pastikan Anda membaca tulisan ini hingga akhir.

Ikigai, Cara Orang Jepang Hidup Bahagia

work from home - bekerja dari rumah (1)

Ikigai sendiri diterapkan oleh jutaan orang Jepang untuk mencapai hidup yang utuh dan bahagia. Jika ditanya apa itu Ikigai, Anda bisa membayangkan bagaimana seseorang memiliki semangat serta alasan untuk bangun dari tidurnya setiap pagi.

Jika selama ini kita dibiasakan dengan istilah passion yang banyak dimaknai sebagai suatu hal yang kita sukai, Ikigai menawarkan konsep yang lebih dari sekadar hal yang kita sukai saja.

Setidaknya ada empat faktor penting dalam mencapai Ikigai atau titik di mana seseorang dapat merasakan kebahagiaan atau keutuhan sebagai seorang manusia.

Faktor-faktor tersebut meliputi apa yang Anda suka, kemampuan apa yang Anda kuasai, apa yang dunia butuhkan, dan terakhir adalah hal apa yang membuat Anda dibayar di mana dalam hal ini kaitannya adalah dengan profesi yang Anda jalankan. Ikigai merupakan titik pertemuan dari keempat faktor ini sekaligus.

Tidak hanya membuat Anda merasa bahagia dan utuh sebagai manusia, Ikigai juga dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membuat orang panjang umur. 


Jawab 4 Hal Ini untuk Menemukan Ikigai

Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

Tentu Anda harus membuat waktu khusus untuk menemukan jawabannya. Melakukan perenungan dan kontemplasi dapat membantu Anda memahami Ikigai yang ada dalam diri Anda. Sebelum memulainya, Anda mungkin bisa mempersiapkan beberapa pertanyaan berikut ini untuk memudahkan kerangka berpikir Anda dalam menemukan Ikigai:

  1. Apa yang Anda sukai? 
  2. Apa yang Anda kuasai?
  3. Apa yang dapat membuat Anda dibayar atau sesuatu yang dapat memberikan Anda pendapatan untuk bertahan di masa depan?
  4. Apa yang dunia butuhkan?

Keempat pertanyaan dasar tadi bisa dibilang gerbang untuk menemukan Ikigai yang ada dalam diri Anda. Dalam konsep Ikigai Anda tidak bisa hanya bergantung pada salah satunya saja. Misalnya jika Anda sangat menyukai dunia seni rupa, Anda dapat menikmati setiap karya seni rupa yang Anda lihat.

Namun Anda paham betul bahwa Anda tidak memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang ini, apalagi mendapatkan bayaran secara profesional di bidang ini, walau mungkin dunia tetap membutuhkan keberadaan seni rupa. Karena keabsenan dari dua faktor yang menopang Ikigai, Anda justru menjadi mudah merasa stres dan tidak bisa mencapai kebahagiaan itu sendiri. 

Itulah sebabnya dalam konsep ini, keempat faktor tadi sangat berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya.bagi para pebisnis, keempat faktor ini tentu berkaitan dengan bidang bisnis yang Anda jalankan yang biasanya lahir dari hal-hal yang Anda sukai, kuasai, yang tentunya sudah membuat Anda dibayar secara profesional karenanya dan tentu saja dunia butuhkan.

Baca juga: Free E-book: Dampak Virus Corona terhadap Bisnis dan Cara Menyikapinya

Namun, karena begitu riuhnya dunia di tengah pandemi ini, beberapa hal tadi menjadi lebih mudah kabur dalam bayangan Anda. Hal ini yang seakan membuat Anda kehilangan tujuan.

Dalam hal ini, Ikigai membantu Anda sebagai seorang pebisnis untuk tetap optimis dan percaya terhadap keberadaan Anda dan bisnis yang Anda bangun dan tentu saja memberikan afirmasi bahwa apa yang Anda lakukan dibutuhkan dunia. Inilah yang akan menghindari Anda dari stres ataupun rasa putus asa di tengah pandemi ini.


 

10  Hal Lain yang Membantu Anda Menemukan Ikigai

Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Diterapkan dalam BisnisJika membahas mengenai Ikigai kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas salah satu buku best seller dunia yang berjudul Ikigai The Japanese Secret to a Long and Happy Life karya Hector Garcia dan Francesc Miralles. Di dalam buku ini, mereka membahas beberapa cara lainnya untuk menemukan Ikigai dalam diri Anda yang akan membantu Anda menjawab 4 empat pertanyaan penting yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Baca juga: 9 Cara Dongkrak Penjualan Bisnis Online di Bulan Ramadan

Sebagai seorang pebisnis penting bagi Anda untuk menemukan Ikigai apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Dengan mengatur pola pikir dan konsep hidup Anda, Anda menjadi lebih kebal terhadap stres, mengingat Anda pasti akan membutuhkan banyak energi untuk menentukan keputusan-keputusan krusial bagi bisnis yang Anda jalani di masa mendatang.

Untuk itu simak beberapa hal di bawah ini agar Anda dapat menemukan Ikigai dalam diri Anda.

  1. Jika Anda sedang menjalani suatu hal entah itu rutinitas, pekerjaan, hobi, pastikan untuk tetap aktif dan hindari keputusan untuk mundur dari bidang yang tengah Anda jalani saat ini
  2. Saat ini kita memang hidup di tengah dunia yang bergerak begitu cepat, untuk itu ada baiknya jika Anda mulai meninggalkan hal-hal yang sifatnya dapat membuat Anda terburu-buru dan jalani hidup dengan lebih lambat
  3. Anda mungkin sudah terbiasa mendengar “Anda adalah apa yang Anda makan” tapi dalam konsep Ikigai Anda juga diingatkan untuk tidak terlalu kenyang saat makan. Pastikan tingkat kekenyangan Anda maksimal mencapai 80% saja setiap kali makan.
  4. Lingkungan selalu punya cara yang unik dalam memberikan pengaruhnya dalam kehidupan kita, untuk itu selalu kelilingi hidup Anda dengan teman-teman yang memiliki energi positif
  5. Berolahraga secara rutin dimulai dengan gerakan-gerakan sederhana setiap harinya.
  6. Cara kita bersikap kepada orang lain juga dapat memengaruhi diri kita untuk itu tersenyum kepada orang lain dan mengetahui keberadaan mereka adalah salah satu kunci untuk menemukan Ikigai dalam diri kita
  7. Siklus hidup kita dari lahir hingga meninggal tidak lepas dari alam, untuk itu memastikan diri selalu terhubung dengan alam adalah salah satu kuncinya. Untuk merasakan hubungan diri Anda dengan alam Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan, menikmati sinar matahari bahkan sesederhana menggunakan pakaian yang longgar dan merasakan angin menyentuh kulit Anda.
  8. Bersyukur. Ucapkan terima kasih kepada siapa dan apa saja yang membuat Anda merasa ceria dan merasakan hidup. Anda tidak hanya bisa mengatakan terima kasih mungkin kepada orangtua, kekasih atau sahabat, tetapi juga kepada sinar matahari, jalanan yang bebas macet atau mungkin daftar putar lagu yang dapat membangkitkan semangat Anda.
  9. Hidup di masa sekarang. Ini membantu Anda untuk tidak terlalu memberikan penghakiman kepada versi masa lalu Anda,  atas kesalahan-kesalahan yang pernah Anda perbuat. Dan mengurangi rasa cemas atau overthinking apa-apa saja yang belum tentu terjadi dan sifatnya spekulatif. Hidup di masa sekarang membuat Anda lebih fokus dengan apa yang ingin Anda raih dan tentu saja meningkatkan rasa syukur atas keberadaan Anda saat ini.
  10. Ikuti Ikigai Anda. Saat Anda mengikuti Ikigai yang Anda miliki, semua hal yang berbau teoritis akan berada pada tempatnya dan Anda akan lebih mudah menerima dan mengikuti alurnya.

Baca juga: E-book Ramadan 2020: Antisipasi Bisnis di Tengah Krisis Corona


Tetap Menjadi “Anak yang Penasaran”

bekerja di mana saja - minum kopi

Salah satu kunci untuk membuka kunci Ikigai dalam diri Anda adalah dengan tetap menjadi Anak yang penasaran terhadap banyak hal yang ada dalam diri maupun hal-hal di sekitar Anda. Jika kita melihat perbedaan orang dewasa dan anak kecil.

Anak kecil sering kali bertanya dan tidak ragu akan hal-hal baru, rasa penasaran membuatnya belajar. Semangat inilah yang harus Anda pertahankan saat ini untuk menemukan Ikigai dalam diri Anda. 

Untuk membantu Anda dalam menemukan Ikigai, Anda bisa mengunduh template Ikigai Planner dari Moka di bawah ini.

Harapannya, dengan planner ini Anda akan lebih mudah bagi mengenali diri dan menemukan Ikigai yang nantinya akan berguna dalam membentuk perspektif dalam berpikir, terutama untuk masa depan bisnis Anda di tengah pandemi. Selamat mencoba, ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia