Moka Logo
30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Tips Bisnis

30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

10 min
SintiaSintia

30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan – Memiliki status sebagai karyawan penuh waktu bukan berarti menjadi penghalang untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih selain dari gaji yang diperoleh.

Cukup dengan mulai melakukan bisnis sampingan, siapapun akan bisa memperoleh uang tambahan. Dan tentu saja hal ini tidak akan mengganggu pekerjaan utamanya.

Memulai untuk melakukan bisnis sampingan bagi seorang karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Akan tetapi, masih banyak karyawan yang belum atau tidak ingin memulai bisnis sampingannya dikarenakan alasan modal.

Banyak karyawan yang berpikir bahwa untuk mulai melakukan sebuah bisnis, entah itu sampingan atau bukan, harus memiliki modal yang cukup besar.

Hal ini merupakan mindset yang salah. Karena untuk bisa memulai dan menjalankan sebuah usaha, tidak selalu dibutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil saja, banyak ide bisnis sampingan yang bisa dicoba.

Berikut 30 lebih ide bisnis sampingan karyawan secara online maupun offline yang bisa dicoba lakukan hanya dengan modal kecil.

30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

1. Berjualan Secara Online

bisnis rumahan - karyawan - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial - Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online - 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Ini dia ide usaha sampingan karyawan yang pertama. Di zaman yang sudah canggih dan serba instan seperti sekarang ini membuat orang lebih memilih untuk berbelanja di online shop karena lebih mudah dan praktis. Ide ini bisa menjadi inspirasi bagi karyawan untuk memulai bisnis sampingan.

Sudah banyak jenis produk yang bisa dijual secara online, seperti pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, gadget, dan bahkan makanan.

Selain itu banyak media yang bisa dipilih untuk berjualan, bisa melalui sosial media, e-commerce, ataupun website sendiri. Bagi karyawan yang tak ingin mengeluarkan modal banyak, bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper.


2. Membuka Jasa Laundry

menjalankan bisnis laundry

Saat ini banyak orang yang ingin serba praktis dan tidak ingin repot, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakaian.

Hal ini bisa dijadikan ide untuk memulai jasa laundry. Dengan modal yang tidak terlalu besar, karyawan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Kunci sukses dari usaha laundry adalah pemilihan lokasi usaha.

Carilah lokasi yang memiliki pasar yang bagus, seperti daerah yang dekat kampus atau kos-kosan. Selain itu, utamakan kualitas dan pasang harga yang bersaing merupakan kunci sukses untuk menjalankan usaha laundry.

Baca juga: Mau Punya Bisnis Laundry yang Sukses? Simak 10 Tips Jitu Ini!


3. Menjual Aneka Kue

menjual kue - 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Jika di antara anggota keluarga terutama istri atau ibu ada yang gemar membuat kue, hal ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis sampingan.

Kue yang diminati adalah kue basah maupun kue kering. Untuk kue basah, jenis kue yang paling digemari adalah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, pisang keju, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur.

Sementara itu, untuk kue kering seperti walnut cream cheese, sandwich cokelat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang, kukis selai coklat dan berbagai varian rasa kukis lainya.

Sebagai permulaan, Anda bisa menawarkan dan menjual jenis kue-kue tersebut kepada rekan karyawan di kantor.


4. Kuliner Jalanan

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - sosis telur gulung - 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Ide usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang satu ini bisa Anda mulai dengan melakukan observasi selera masyarakat atau menyesuaikan ide jenis kuliner dengan yang sedang ngetren saat ini.

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang tak ada habisnya kalau ditangani dengan tepat. Pengusaha harus cerdas berinovasi dan dengan giat memasarkan usaha kulinernya agar dikenali dan dicari masyarakat.


5. Jual Pulsa dan Kuota Internet

handphone - jual pulsa

Berjualan pulsa dan kuota internet adalah salah satu ide usaha yang bisa karyawan jalankan tanpa mengganggu jam kerja utama.

Pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi orang-orang zaman sekarang. Menawarkan pulsa dan kuota internet juga sangat mudah, untuk permulaan Anda bisa jual ke teman kerja, saudara dan orang-orang yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.


6. Menjual Foto di Internet

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger (2)

Untuk karyawan yang memiliki hobi fotografi dan memiliki kamera sendiri, ide usaha ini sangat cocok digeluti agar dapat menghasilkan uang tambahan.

Selain bisa menawarkan jasa fotografi, Anda juga bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda di berbagai situs penjualan foto. Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada yang menggunakan atau membeli foto Anda secara online.


7. Jasa Penerjemah

bermain laptop di rumah - menjadi seorang bloggger

Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, karena jasa penerjemahan masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Era komunikasi global seperti sekarang ini menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa.

Jika Anda menguasai bahasa asing, Anda bisa memilih ide usaha ini. Dengan bermodalkan kemampuan berbahasa asing, Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Anda bisa mencari job penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya. Pekerjaan yang satu ini bisa jadi ide bisnis sampingan modal kecill untuk karyawan yang tidak akan mengganggu pekerjaan Anda.


8. Agen Asuransi

menjalin kerja sama dalam bisnis

Usaha sampingan lainnya yang tidak memerlukan modal besar adalah dengan menjadi agen asuransi. Berbekal wawasan mengenai asuransi dan juga kemampuan menjual, Anda bisa langsung menjadi agen asuransi.

Usaha ini tepat untuk digeluti sebagai usaha sampingan karyawan karena tidak mengikat, modalnya kecil, tapi juga memberikan penghasilan berkelanjutan.


9. Makelar Properti

bisnis furnitur - sewa apartemen - kontrakan rumah (4)

Jika di lingkungan tempat tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru, ini bisa dimanfaatkan. Jadilah makelar properti dengan menawarkannya kepada teman-teman kerja Anda atau orang lain.

Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, tidak memerlukan modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar dapat dengan lancar menawarkannya.

Baca juga: Bisnis Properti Bukan Hal Yang Menakutkan, Simak 8 Tips Suksesnya Berikut Ini


10. Bisnis Hampers (Bingkisan)

memgirim hampers - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Ide lainnya untuk memulai bisnis sampingan bisa coba membuka bisnis hampers atau bingkisan. Hampers banyak dipesan di waktu-waktu tertentu saja.

Seperti mengirimkan orang yang sedang ulang tahun, perayaan hari besar keagamaan atau hanya untuk dikirim ke klien.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Jenis hampers bisa macem-macem, mulai dari yang isinya kue, buah, makanan kecil sampai perabotan rumah tangga seperti tea set. Ini tentu bisa menjadi ide bisnis yang tidak butuh modal besar dan tidak mengganggu jam kerja.


11. Menjual Makanan untuk Sarapan

pasta - makanan dengan keju

Ini dia peluang usaha sampingan karyawan selanjutnya. Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini karena ketika waktu pagi banyak karyawan yang kerepotan atau tidak sempat menyediakan sendiri sarapannya.

Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan.


12. Membuat Blog

bekerja dengan laptop di cafe - mudahnya komunikasi dengan pelanggan lewat aplikasi multiplechat - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Anda sadari atau tidak, ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, ngeblog bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.

Prinsip bisnis para blogger yang paling populer adalah Google Adsense, blogger melakukan aktivitas blogging menulis hal-hal yang disukai, atau membuat panduan tentang banyak hal, atau sekadar berita terkini.

Seorang blogger bukan cuma mendapatkan penghasilan dari Adsense, banyak penyedia periklanan lain yang siap mendukung blogger untuk mendapatkan penghasilan yang tak terbatas.

Anda dituntut fokus untuk menampilkan website sebaik mungkin dan mempertahankan kualitas sehingga dapat meningkatkan traffic blog setiap harinya.


13. Jasa Cuci Mobil atau Motor

pencucian motor atau mobil - bisnis rumahan modal kecil - carwash - 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampo motor, dan peralatan semir ban motor.

Sementara itu, dari sisi modal pun tidak begitu besar, Anda cukup memiliki Rp 2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp10 juta) jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

Nah, tertarikkah Anda untuk menjalani ide usaha sampingan karyawan berikut ini?


14. Jual Beli Motor Bekas

rental motor - bisnis rumahan modal kecil

Jual beli motor bekas bisa juga Anda coba untuk memulai bisnis sampingan. Selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar.

Usaha ini bahkan tidak butuh modal sama sekali jika Anda memposisikan diri sebagai makelar. Sebagai contohnya, teman Anda memiliki motor yang ingin dijual, tapi teman Anda tersebut tidak memiliki jaringan, sementara Anda memiliki jaringan yang cocok, misalnya para praktisi motor RX king.

Dan kebetulan teman Anda ingin menjual motornya. Anda bisa mendapatkan jasa sebagai makelar dan bisa mendapat Rp1-2 juta dalam sekali penjualan motor.


15. Warkop Sederhana

kedai kopi

Ide bisnis sampingan lainnya yang bisa dicoba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana. Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat.

Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan Anda menjualnya seharga Rp4.000. Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus/goreng. Bukan hanya itu, warkop sederhana ini bisa Anda perbesar nantinya jika omsetnya terus bertambah.

Hmm… ide usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang cukup menggiurkan, ya!

16. Jasa Desain Grafis

desain grafis

Anda karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis atau menyukai desain grafis? Anda bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Kunci menjadi seorang desainer profesional adalah dengan memiliki banyak portofolio dan selalu mengasah kemampuan.

Baca juga: 9 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Perihal modal, jika Anda menggunakan pasar desain online, Anda cukup punya uang untuk membayar koneksi internet saja sepanjang Anda menggunakan perangkat atau software desain yang Anda miliki sendiri.


17. Bisnis Online dengan Membuka Kursus Digital

membuka bisnis bersama teman - 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Kursus tidak hanya dilakukan secara offline, kamu juga bisa melakukanya secara online. Anda bisa menuangkan ilmu yang Anda miliki dalam bentuk ebook, rekaman audio dan video.

Kamu bisa jual itu semua dalam kursus digital. Kursus digital kini semakin dicari, karena semakin sibuknya masyarakat untuk sekedar melakukan kursus offline.

Ini adalah ide bisnis online bagi kamu yang ahli dalam bidang tertentu dan ingin menjual jasa dengan mengajarkannya kepada orang lain. Terutama ilmu yang Anda miliki itu merupakan ilmu yang susah didapatkan.


18. Menjual Produk Software

memanfaatkan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis - 6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda - manfaat aplikasi penjualan, aplikasi POS gratis, program kasir gratis, atau software POS gratis

Ide bisnis ini merupakan ideuntuk para programer. Anda dapat menciptakan sebuah software aplikasi, kemudian menjualnya yang dikenal dengan nama SaaS (Software as a Service).

Sasarannya adalah para pengguna ponsel genggam smartphone. Bisa berupa game untuk dimainkan di perangkat smartphone.

Pembuatannya terbilang mudah, Anda tinggal membeli template dari sebuah aplikasi, lakukan sedikit perubahan pada teks atau desainnya. Proses tersebut disebut dengan re-skinning.


19. Jasa Jahit atau Permak Pakaian

menjalankan bisnis fashion - menjadi desainer pakaian - menjahit - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Peluang usaha sampingan karyawan di atas belum ada yang menarik minat Anda? Tenang saja, kami punya rekomendasi bisnis yang lainnya, termasuk yang berkaitan dengan industri fashion.

Membuka jasa permak baju bisa menjadi alternatif usaha sampingan bagi karyawan yang ingin menambah penghasilan. Jasa permak hanya bersifat membetulkan baju atau celana, misalnya celana yang terlalu panjang, celana sobek atau baju yang terlalu besar.

Semua itu bisa dikerjakan oleh seorang permak baju atau celana. Bagi kamu karyawan yang sibuk dan memiliki kemauan untuk menambah penghasilan tambahan, dan ditambah memiliki keahlian dalam menjahit, kamu bisa mencoba membuka jasa permak baju/celana di hari sabtu dan minggu ketika kamu libur.

Karena bisnis sampingan permak adalah bisnis jasa, maka modal yang akan kamu keluarkan juga tidak terlalu besar. Dengan sedikit modal seperti mesin jahit bekas serta beberapa kebutuhan jahit-menjahit seperti benang.

Dengan modal kecil kamu bisa menambah penghasilan sampingan selain dari penghasilan sebagai seorang karyawan.


20. Jasa Pengetikan

menulis - laptop

Seperti halnya jasa penerjemahan, Anda umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan. Meskipun demikian, untuk jasa pengetikan sebaiknya Anda pilih jika Anda tinggal di lingkungan sekolah atau kampus.

Banyak diketahui siswa dan mahasiswa yang malas mengetik tugas atau skripsinya. Hal ini bisa dimanfaatkan. Perihal tarif, Anda bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp2.000 untuk per halaman.


21. Freelance Writer atau Penulis Lepas

blogging - laptop - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Ini adalah pilihan usaha sampingan online yang populer. Puluhan juta situs ada di internet, mereka semuanya pasti membutuhkan tulisan/artikel untuk mengisi website agar tetap ter-update dan mudah ditemukan oleh search engine.

Tidak semua pemilik website memiliki keahlian dalam menulis artikel, atau tidak semua pemilik website memiliki waktu cukup untuk menulis di website tersebut karena keterbatasan waktu, ini adalah peluang untuk usaha sampingan bagi penulis online lepas.


22. Jasa Web Developer

codding - web programmer - bisnis rumahan modal kecil

Jika Anda memiliki kemampuan tentang hosting dan domain, sedikit mengenal bahasa pemrograman sebuah website seperti pengetahuan dasar membuat theme, mengetahui cara custom domain, tahu cara memindahkan database dari 1 hosting ke hosting yang lain, maka ini bisa menjadi peluang.

Bagi para praktisi dunia pemrograman ini mungkin pengetahuan dasar, tapi diluar sana masih banyak sekali orang dengan berbagai bisnisnya membutuhkan sebuah website/blog.

Namun mereka bingung mau memulai dari mana. Anda bisa membuka jasa pembuatan website perusahaan teman-teman Anda. Atau membuatkan website sederhana untuk keperluan penjualan rekan-rekan Anda.

Ini adalah ide usaha sampingan yang bisa Anda lakukan di sela kesibukan Anda sebagai karyawan, dan bahkan tanpa mengeluarkan modal dan tanpa mengganggu produktivitas kerja Anda sebagai karyawan karena dapat dikerjakan di sela kesibukan.

Tertarik untuk menjajal peluang usaha sampingan karyawan ini?


23. Membuka Jasa Digital Advertising Secara Online

digital agency - digital adviser - jasa online - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Perkembangan digital advertising ke depan diproyeksi akan segera menyalip iklan dengan spanduk, di televisi, dan di tempat lain.

Karena lebih efektif, murah, dan terukur sesuai dengan target market yang diincar. Untuk dapat menjual jasa digital advertising Anda perlu menyiapkan teks iklan, gambar, atau video.

Gunakan Google Adwords atau Facebook Ads untuk membantu memasarkan. Kemudian pengolahan materi dan desain iklan harus melibatkan beberapa ahli seperti copywriter, graphic designer, dan data scientist.


24. Menjual Artwork

C for Calligraphy, Bisnis Kaligrafi untuk Lawan Stres Jakarta (3)

Ide bisnis sampingan lainnya untuk karyawan adalah Anda bisa menjual hasil seni yang Anda miliki seperti foto. Bisa berupa foto-foto yang telah dimodifikasi atau gambar ilustrasi. Belum banyak orang mendalami bisnis online di bidang ini.

Contoh lainnya di bidang ini adalah dengan menjual wallpaper, ilustrasi, lukisan, sketsa, ikon, dan lain-lain. Bentuk artwork-nya sendiri pun bisa benda fisik atau berupa file.


25. Berjualan Bibit Tanaman, Perikanan, atau Peternakan

menjual tanaman

Jika Anda memiliki pekarangan rumah yang luas, bisnis pembibitan tanaman memiliki prospek yang bagus. Apalagi jika di daerah Anda belum ada pesaing.

Anda dapat menjual bibit tanaman buah seperti bibit jambu biji tanpa biji. Anda juga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk lahan ternak ayam, kelinci atau burung. Juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk memelihara ikan lele, belut atau jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.


26. Membuka Pesanan Makanan Delivery Order

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan (1)

Konsep bisnis ini belum banyak diketahui banyak orang, memang sudah ada Go-Food, tapi mereka hanya sebatas mengantarkan barang, tidak membuat makanan.

Anda bisa hadir dengan konsep bisnis DO, tidak perlu menyewa tempat sebagai restoran, cukup dikerjakan dari rumah.

Makanan akan dibuat jika ada pesanan, dan Anda bisa memasak dari rumah tanpa perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat.


27. Bisnis Franchise (Waralaba)

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia 7

Ide usaha sampingan karyawan ini yang paling banyak dilirik oleh pemilik modal yang ingin manajemen dan bentuk usaha yang sudah stabil.

Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri, untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan. Bahkan saat ini sudah banyak waralaba yang menawarkan usahanya dengan modal kecil.


28. Membuka Tempat Print dan Photocopy

jasa printing - printer

Ide usaha ini sangat cocok untuk Anda yang berada di kawasan kampus atau perkantoran. Anda tidak perlu membukanya sepanjang hari, cukup sewaktu Anda senggang.

Anda juga menerima pesanan terlebih dahulu lalu kemudian memberikan hasil fotokopi atau printnya. Selain printing dan photocopy Anda juga dapat melakukan layanan jilid buku, bila Anda merasa dapat menanganinya sekaligus.

Anda tidak perlu memiliki mesin photocopy yang super canggih untuk memulai bisnis ini. Anda hanya memerlukan mesin printer yang memiliki fitur photocopy dan scanning dengan harga sekitar Rp2 jutaan.

Kemudian Anda memerlukan kertas A4 untuk print dan photocopy. Selain itu tidak ada modal lain yang Anda perlukan. Wah, ide usaha sampingan karyawan yang cukup menarik, ya!


29. Bisnis Aksesoris Wanita

berjualan aksesoris di bazar

Bisnis membuat aksesoris wanita boleh dikatakan memiliki prospek yang cerah karena margin keuntungan yang diperoleh cukup tinggi.

Karena modal bahan baku dari aksesoris dapat diperoleh dengan cukup murah selama Anda membeli dalam jumlah besar. Bila Anda ingin mencoba-coba terlebih dahulu atau mengetes pasaran dari bisnis ini, maka Anda dapat memulai dengan aksesoris dengan bahan baku murah seperti bando, kalung, ataupun gelang.

Pemasaran dari aksesoris yang telah Anda buat dapat dilakukan secara online, baik itu melalui sosial media ataupun lewat blog Anda jika Anda memilikinya.

Jika tidak mungkin Anda dapat memulai akun tersendiri untuk bisnis sampingan ini di Instagram ataupun Facebook. Kemudian beri tahu kepada kenalan Anda mengenai bisnis dan sarankan mereka untuk menyebarkannya.


30. Rental Mobil

sewa mobil

Jika Anda memiliki mobil yang jarang dipakai atau bahkan tidak digunakan, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjadi ide bisnis sampingan Anda.

Untuk memulai bisnis ini Anda bisa menawarkannya kepada tetangga atau rekan kantor Anda. Bisa juga Anda tawarkan melalui akun media sosial Anda untuk bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Memiliki modal kecil tidak semestinya menjadi penghambat Anda dalam memulai dan memiliki usaha sampingan. Karena sudah banyak ide usaha sampingan karyawan yang bermodal kecil. Kemudian, jika sudah memulai berusaha, jangan takut pada kegagalan.

Karena kegagalan bisa menjadi pengalaman berharga dan merupakan bagian dari jalan menuju kesuksesan. Selamat mencoba memulai usaha Anda!

Social Media Share :
Sintia

Sintia

Suka baca buku dan jalan-jalan.