Moka Logo
Mau Tambah Penghasilan? Ini 9 Ide Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

Tips Bisnis

Mau Tambah Penghasilan? Ini 9 Ide Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

4 min
YovitaYovita

Butuh ide usaha makanan kekinian modal kecil? Membuka usaha makanan kekinian  menjadi impian banyak orang, apalagi di zaman sekarang hal tersebut cukup mudah dilakukan. Sudah banyak teknologi yang membantu para pedagang makanan untuk menjangkau pasar lebih luas.

Namun, karena kemudahan itu juga, pesaing dalam industri ini pun tak kalah banyak. Anda dituntut untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda agar bisa menggaet pelanggan. Memang terdengar menantang, tapi sama sekali tak mustahil. Berikut beberapa ide usaha makanan kekinian modal  kecil!

Baca juga: Contoh Bisnis Model Canvas Kedai Kopi yang Bisa Anda Ikuti

9 Ide Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

usaha makanan kekinian modal kecil 4

1. Bombolini

Bombolini merupakan hidangan yang berasal dari Italia. Pada dasarnya, bombolini adalah makanan roti yang menyerupai donat. Hal yang membedakannya dari donat biasa adalah bombolini tidak memiliki bagian yang bolong di tengahnya. 

Biasanya, bombolini memiliki isian berbagai rasa, seperti krim coklat, vanila, atau rasa buah-buahan. Makanan ini sangat cocok jadi usaha karena peminatnya yang cukup banyak. Sebagai permulaan, Anda mungkin bisa menerapkan sistem pre-order untuk acara-acara tertentu, seperti arisan keluarga atau ulang tahun. Jadi, Anda hanya perlu membuat bombolini sesuai pesanan sehingga tak ada risiko stok makanan terbuang.

2. Cireng Rujak

Cireng rujak jadi salah satu ide usaha makanan kekinian modal kecil yang bisa dicoba. Jika cireng biasa hanya disajikan dengan saus atau bumbu tabur, hidangan yang satu ini disantap dengan saus rujak. Rasa gurih, asam, dan manis yang menyatu secara sempurna membuat makanan ini jadi favorit banyak orang.

Modal yang diperlukan pun relatif kecil karena bahan utamanya adalah tepung kanji dan saus rujak. Makanan kekinian ini sangat cocok dijual di area sekolah, perkantoran, kampus, dan pusat perbelanjaan.

3. Tteokpokki Instan

Di tengah ramainya tren budaya Korea Selatan di Indonesia, makanan dari negeri tersebut tentu akan sangat menarik perhatian. Salah satu makanan kekinian dari Korea Selatan yang cocok dijadikan usaha adalah tteokpokki instan. Tteokbokki atau tteokpokki ini merupakan makanan yang diolah dengan bahan utama tepung beras. 

Makanan ini sangat mudah dikreasikan dengan berbagai macam topping. Biasanya, tteokpokki akan disantap bersamaan dengan mi instan, fish cake, atau hanya dengan topping keju. Penyajiannya juga sangat mudah sehingga bisa dijadikan usaha sampingan dengan modal kecil.

4. Baso Aci

Baso aci jadi salah satu idaman dalam daftar ide usaha makanan kekinian modal kecil. Pasalnya, makanan ini memiliki bahan baku utama yang sangat murah. Bahannya hanya menggunakan tepung tapioka yang kemudian dibumbui sesuai selera. Makanan ini sedang sangat digandrungi anak muda sehingga memancing keuntungan yang luar biasa dengan modal sesedikit mungkin.

5. Dimsum Mentai

Dimsum merupakan camilan yang berasal dari Cina atau Tiongkok. Makanan ini sudah sangat populer di Indonesia. Namun, varian dimsum kekinian yang sedang jadi sorotan adalah dimsum mentai. Dimsum biasa akan diberikan baluran saus mentai yang creamy, gurih, asam, dan sedikit pedas. Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan dan dibuat. Varian dimsum mentai kini jadi makanan kekinian yang digandrungi banyak orang.

Baca juga: Kemasan Primer adalah Elemen Penting Jualan, Ini Manfaat dan Contohnya

6. Spring Roll

Spring roll merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Meski namanya cukup asing bagi beberapa orang, spring roll sebenarnya sudah cukup lama hadir di Indonesia dan lebih dikenal sebagai lumpia. Jajanan ini bisa divariasikan dengan berbagai macam isian, mulai dari yang murah seperti taoge hingga yang premium seperti daging kepiting. Jadi, modal yang minim pun tak akan jadi masalah jika ingin membuka usaha makanan kekinian spring roll.

7. Fruit Sando

Ide usaha makanan kekinian modal kecil selanjutnya adalah fruit sando. Fruit sando merupakan cemilan yang sangat mudah dibuat. Sandwich ala Jepang ini hanya terbuat dari roti, krim, dan buah. Buah yang digunakan untuk isian pun bisa divariasi seunik mungkin. Melihat bahan-bahan tersebut, usaha makanan kekinian fruit sando bisa dimulai dengan modal yang sangat minim.

8. Brulee Bomb

Brulee bomb adalah makanan kekinian yang sedang digandrungi di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan bentuknya menyerupai bitterballen. Brulee bomb menjadi viral usai Nagita Slavina, istri Raffi Ahmad, membuka bisnis kuliner ini. Bahan utamanya tergolong cukup mudah dan murah didapatkan, sehingga sangat terjangkau untuk pengusaha yang memiliki modal minim.

9. Frozen Steamboat

Steamboat adalah makanan berkuah yang memiliki isian baso ikan, tahu baso ikan, baso ikan sayur, baso kepiting, dan berbagai bahan lainnya yang kemudian dilengkapi sayuran. Steamboat cukup digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan kuahnya segar, sehingga nikmat dimakan kapan pun. 

Isian steamboat bisa dijadikan frozen food, kemudian dijual sepaket khusus. Isian steamboat ini nantinya bisa dimasak sendiri dengan praktis oleh pelanggan di rumah. Oleh sebab itu, frozen steamboat bisa jadi pilihan usaha makanan kekinian yang patut dicoba.

Baca juga: E Wallet Adalah: Pengertian dan Keuntungan untuk Bisnis


Itulah beberapa ide usaha makanan kekinian modal kecil yang bisa Anda coba sebagai sampingan untuk menambah pemasukan. Daftar di atas merupakan makanan kekinian yang bisa dibuat dengan bahan sangat mudah dan relatif murah dibeli. Namun, tak hanya memperhatikan ongkos pembuatan dan rasa makanan yang akan dijual, Anda juga perlu memperhatikan faktor lainnya. 

Agar usaha makanan kekinian Anda bisa dikenal lebih banyak orang, jangan lupa untuk melakukan promosi. Caranya adalah dengan buat website toko online di GoStore yang dapat diakses melalui back office Moka POS. GoStore adalah platform terbaru dari Gojek yang menyediakan layanan khusus membuat website dengan fitur lengkap. Seluruh jenis bisnis online maupun offline bisa memanfaatkan GoStore untuk memperluas pasar mereka.

Website toko online yang dibuat di GoStore sudah langsung terhubung ke berbagai sistem pembayaran dan pengiriman yang lengkap. Pelanggan akan dipermudah untuk langsung checkout dan bayar belanjaan tanpa harus install aplikasi tertentu. Yuk, buat website toko online untuk bisnis Anda di GoStore agar makin nyaman bertransaksi dengan pelanggan!

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.