Moka Logo
7 Ide Konten agar Bisnis Viral di TikTok

Tips Bisnis

7 Ide Konten agar Bisnis Viral di TikTok

5 min
JordhiJordhi

7 Ide Konten agar Bisnis Viral di TikTok – Media sosial merupakan salah satu platform yang terus berkembang fiturnya dari masa ke masa. Di tahun 2020 ini, sebuah media sosial asal Tiongkok telah banyak merebut perhatian netizen di seluruh dunia, TikTok.

TikTok lebih banyak digunakan oleh para Gen Z atau generasi yang lahir setelah tahun 1996 hingga tahun 2010. Generasi ini tahun ini di tahun ini paling tidak sudah menginjak umur maksimal 24 tahun dan sudah membentuk budaya alternatif sendiri lewat internet, dan TikTok merupakan salah satu sarana yang paling efektif dan paling banyak digunakan oleh generasi ini.

Sebelum membahas langkah promosi di media sosial yang satu ini, ada baiknya Anda berkenalan dahulu dengan platform yang satu ini.

TikTok merupakan salah satu media sosial dengan pertumbuhan yang paling cepat di dunia. Monthly Active User TikTok bahkan diestimasi mencapai 800 juta user setiap bulannya. Dengan TikTok Anda dapat membuat video dengan musik, filter dan beberapa fitur lainnya dengan durasi 15 detik.

TikTok banyak menarik perhatian para netizen karena platform ini bukan hanya sekadar media sosial yang menyajikan hiburan saja tetapi juga gaya hidup yang dikemas dengan kreativitas, passion, pengetahuan dengan hanya sebuah jepretan di lewat smartphone.

Selain itu, di TikTok setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk muncul di halaman For You Page atau yang dikenal dengan FYP. Ini merupakan fitur yang memungkinkan setiap orang menonton video dari user lainnya yang direkomendasikan untuk mereka.

Baca juga: Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis

Untuk muncul di FYP user lainnya, tentu Anda harus membuat konten promosi bisnis semenarik mungkin sehingga dapat mengundang viewers dan likers dari user lainnya. Pertanyaannya, ide konten seperi apa yang yang bisa bantu bisnis biral di TikTok? Berikut ini bocorannya!

7 Ide Konten agar Bisnis Viral di TikTok

1. Video tutorial

kamera - foto - videografi - aplikasi edit video terbaik - promosi bisnis

Ini dia ide konten agar bisnis viral di TikTok. Jika Anda berpikir bahwa video tutorial hanya dapat digunakan untuk konten-konten di ranah kecantikan saja, pikiran ini kurang tepat. Konten dengan tema tutorial dapat Anda gunakan bahkan jika bisnis Anda ada bergerak di sektor kuliner, bahkan di bidang kesehatan.

Video tutorial dapat memudahkan Anda dalam membuat konten-konten yang sifatnya soft selling. Kelebihan dari jenis konten ini adalah Anda dapat mempromosikan produk secara halus dan praktis. Konten ini juga banyak diminati oleh para pengguna TikTok.


2. Review produk hasil kerja sama dengan influencer

seorang pemilik usaha sedang mencatat transaksi pelanggan - membuka usaha sendiri - promosi bisnis

Untuk memberikan gambaran yang lengkap dan detail untuk target pasar Anda, baik mengenai produk dan jasa yang Anda tawarkan, mengunggah konten ulasan bisa menjadi salah satu pilihan ide konten TikTok yang tepat.

Untuk membuat konten yang Anda unggah menjadi efektif dalam menyasar target pasar, Anda dapat mengombinasikannya dengan pemasaran menggunakan influencer media sosial.

Seperti namanya, influencer memiliki pengaruh yang besar di media sosial untuk menggerakkan followers-nya. Dengan begini jangkauan produk yang Anda promosikan dapat diperluas sesuai dengan kualifikasi influencer yang Anda ajak bekerja sama. 


3. Storytelling

tiktok video - promosi bisnis

Konten storytelling juga merupakan salah satu jenis konten yang banyak menyedot perhatian para pengguna TikTok. Untuk membuat konten ini berhasil, pastikan Anda memiliki inti cerita yang kuat yang akan disampaikan dalam durasi yang singkat.

Tidak harus dalam format yang formal, Anda dapat menggunakan cerita humor, drama, bahkan hingga horor untuk mempromosikan bisnis Anda.

Baca juga: 15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan

Tips dari kami, pastikan Anda sudah menggunakan judul yang dapat menjadi stopping point bagi pengguna TikTok. Judul yang Anda gunakan sebaiknya ringkas dan dan padat.

Anda juga bisa mengemasnya dengan backsound yang dapat mendukung cerita Anda. Untuk materi promosinya sendiri Anda dapat menyisipkannya di tengah atau di akhir cerita. Konten jenis ini juga cocok untuk promosi dengan pendekatan softselling. 


4. Ide konten apa pun yang sedang tren

membuat video di tiktok - promosi bisnis

Istilah ini juga seringkali dikenal dengan “riding the wave”. Mengikuti tren yang sedang berkembang dapat dilakukan dengan cara memberikan komentar Anda tentang fenomena tersebut.

Jika tren yang sedang berjalan adalah tren musik, film maupun lifestyle Anda bisa mencoba mencari celah dari hal-hal tersebut untuk kemudian disisipkan pesan mengenai bisnis yang Anda.

Salah satu contoh ide konten agar bisnis viral di TikTok misalnya tentang serial drama Korea Start-Up yang memang kala itu ramai diperbincangkan.

Banyak wirausaha yang berusaha menggunakan Start-Up sebagai pendekatan untuk memasarkan produknya yang bisa diaplikasikan pada beberapa hal seperti jenis pakaian yang digunakan para cast, makanan yang muncul di serial drama Start-Up, pengaplikasian riasan wajah a la cast Start-Up, dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial


5. Challenge dengan hashtag tertentu

hashtag-1 - promosi bisnis - ide konten tiktok

Tidak harus selalu mengikuti tren yang sedang berkembang, Anda juga bisa membuat “ombak” Anda sendiri dan mempopulerkannya. Hmm… bagaimana caranya?

Salah satu ide konten agar bisnis viral di TikTok adalah dengan membuat sebuah challenge. Challenge yang dapat Anda buat juga bisa beragam jenisnya. Anda bisa membuat challenge yang secara langsung mempromosikan bisnis Anda atau  sebaliknya.

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

Dance challenge misalnya, tantangan ini merupakan salah satu jenis konten yang menarik dan banyak diikuti oleh pengguna TikTok.

Untuk membuat challenge Anda viral, anda dapat memanfaatkan fitur hashtag atau tagar agar pengguna lain menjadi semakin mudah mencari konten yang berkaitan dengan challenge yang Anda buat.

Anda tidak perlu takut challenge ini dapat merusak brand image yang Anda bangun. Salah satu triknya adalah dengan orisinalitas. Selain itu, pastikan Anda sendiri menikmati proses pembuatan konten ini agar energi positif yang Anda miliki dapat dirasakan juga oleh pengguna lainnya.


6. Konten khusus untuk pengguna TikTok

Mengadakan-kompetisi-berhadiah-1 - promosi bisnis - ide konten tiktok

Ide konten selanjutnya, Anda bisa membuat kontes untuk para pengguna. Jenis konten ini bisa dibilang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bisnis.

Misalnya saja jika bisnis Anda bergerak pada bidang fashion, kontes mix and match akan sangat menarik jika diaplikasikan, atau jika bisnis Anda ada di bidang kosmetik, kontes beauty tutorial akan banyak diminati oleh para pengguna.

Konten yang berbasi User-Generated Content (UGC) tidak hanya dapat membuat bisnis Anda mendapat banyak exposure, tetapi juga dapat meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya pada pengguna.

Apalagi jika konten ini juga diikuti oleh para kreator yang sudah memiliki reputasi yang baik di kalangan anak muda. Secara tidak langsung konten seperti ini juga dapat menghemat biaya produksi konten dan waktu untuk mempromosikan bisnis Anda. Menarik bukan?


7. Konten perayaan atau peringatan hari-hari penting

ide bisnis jelang natal - 5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan Anda - promosi bisnis

Untuk menarik perhatian para pengguna TikTok, Anda sebaiknya tidak hanya memanfaatkan akun TikTok Anda hanya untuk tujuan promosi produk saja. Keaktifan dalam mengunggah konten juga dapat mempengaruhi kredibilitas dan keterikatan bisnis Anda dengan audiens.

Salah satu cara yang bisa Anda aplikasikan adalah dengan membuat unggahan sesuai dengan hari-hari penting di dalam negeri maupun dunia.

Anda bisa mengunggah konten yang berkaitan dengan hari kemerdekaan di bulan Agustus atau yang berkaitan dengan tema women empowerment di tanggal 8 Maret untuk memperingati International Women’s Day.

Untuk itu, pastikan bisnis Anda selalu tanggap dengan event maupun hari-hari penting yang akan datang, terutama hari-hari yang berkaitan langsung dengan produk maupun bisnis Anda. Dengan begini Anda dapat terus mempertemukan konten Anda dengan minat audiens.

Baca juga: Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi bagi Bisnis Anda

Nah, itulah dia berbagai ide kontan agar bisnis viral di TikTok. Harapannya, tentu bisnis Anda bisa semakin dikenal oleh masyarakat secara luas sehingga bisnis Anda pun bisa mengalami peningkatan penjualan. Namun, jangan lupakan satu hal penting ini, pastikan Anda sudah memaksimalkan bisnis Anda dengan teknologi terkini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi aplikasi kasir Moka yang dapat memudahkan urusan Anda dalam mengatur operasional bisnis, mulai dari pencatatan transaksi, pengelolaan inventaris, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengukur efektivitas dan efisiensi bisnis dengan menggunakan aplikasi kasir Moka, lho!

Ingin tahu lebih banyak mengenai aplikasi kasir Moka? Atau, ingin coba 14 hari GRATIS?

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka