Business Insight

Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan, Bisa Tambah THR!

By Yovita on April, 17 2022

Mau jualan paling laris di bulan Ramadhan? Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Selain menjadi waktu yang tepat untuk mengumpulkan pahala, Ramadhan juga bisa menjadi ladang rezeki bagi para pelaku usaha. Sebab, ada beberapa kebutuhan yang hanya muncul saat Ramadhan tiba. Tentunya akan sayang jika Anda melewatkan kesempatan tersebut.

Dengan mengetahui kebutuhan-kebutuhan tersebut, Anda bisa tahu barang jualan paling laris di bulan Ramadhan. Kira-kira apa saja?


Barang Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Sebenarnya, ada banyak sekali peluang usaha di bulan Ramadhan, entah itu berjualan makanan khas Ramadhan hingga menjual aneka barang untuk mengisi parcel Lebaran. Berikut bocoran barang jualan yang paling laris di bulan Ramadhan. Yuk, intip bersama!

1. Kurma

Jualan paling laris di bulan Ramadhan 1

Kurma adalah barang jualan paling laris di bulan Ramadhan. Buah ini sangat identik dengan bulan puasa. Rasanya berbuka puasa di bulan Ramadhan tidak akan lengkap tanpa kehadiran kurma. Sebab, mengonsumsi kurma saat buka puasa adalah salah satu sunnah Rasulullah.

Nah, karena alasan tersebut, kurma sangat cocok untuk dijadikan barang jualan selama Ramadhan. Jenis kurma yang dipilih bisa menyesuaikan target pasar. Misalnya, untuk kualitas premium, Anda bisa menawarkan kurma medjool. Sedangkan untuk opsi yang lebih terjangkau, ada kurma Madinah.

Baca juga: 15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

2. Perlengkapan ibadah

Jualan paling laris di bulan Ramadhan 2

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Banyak yang kemudian menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk membersihkan diri. Bukan hanya dari segi rohani, tapi juga jasmani. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perlengkapan ibadah baru.

Dengan mengenakan perlengkapan baru yang bersih, ibadah pun menjadi lebih tenang, nyaman, dan khusyuk. Bagi Anda yang ingin berjualan, hal ini tentu bisa menjadi kesempatan yang bagus. Paket alat ibadah seperti mukena dan sajadah pasti banyak dicari.

3. Parsel Lebaran

Mendekati Lebaran, pasti banyak orang yang mencari parsel. Biasanya, masyarakat memberikan parsel kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk rasa syukur mereka. Tidak mengherankan jika parsel menjadi salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan. Sebagai pelaku usaha, Anda bisa coba menjual paket parsel Lebaran.

Salah satu contohnya seperti parsel yang berisi sembako atau kue-kue kering. Ada juga yang mencari parsel berisi perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, dan sajadah. Akhir-akhir ini, produk seperti reed diffuser dan lilin aromaterapi juga sering dijadikan parsel Lebaran.

4. Baju muslim

Jualan paling laris di bulan Ramadhan 4

Selain parcel, biasanya orang-orang juga mencari baju baru untuk dikenakan saat Lebaran. Jenis baju yang dicari memang sangat variatif, tapi kebanyakan memilih baju muslim seperti gamis atau baju koko. Untuk perempuan, biasanya juga mencari hijab yang senada dengan pakaian. Itu artinya, peluang berjualan baju muslim sangat besar. Dengan kemasan dan promo yang menarik, pasti Anda bisa menjaring banyak pelanggan.

Baca juga: 5 Ide Kata-kata Promosi Jualan Baju Agar Makin Laris


Tips Menjadi Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Jualan paling laris di bulan Ramadhan 5

Meski barang-barang yang disebutkan di atas punya tingkat permintaan tinggi, bukan berarti memiliki jaminan 100% laris. Justru sebaliknya, seiring dengan tingkat permintaan yang tinggi, tingkat persaingan pun akan ikut tinggi. Agar bisnis Anda menjadi  jualan paling laris di bulan Ramadhan, mari simak tips berikut:

Tentukan target yang jelas

Seperti yang sudah disebutkan pada poin tentang kurma di atas, Anda harus punya target pasar yang jelas. Kembali pada contoh kurma, tentukan Anda ingin membidik pasar premium atau justru kurma dengan harga terjangkau. Jadi, Anda akan lebih mudah menentukan produk yang akan dijual, target pasarnya, sekaligus cara promosinya.

Giat lakukan promosi

Anda bisa manfaatkan media sosial untuk berpromosi. Buat konten yang menarik dan gunakan hashtag agar mudah ditemukan. Jangan lupa juga untuk mengenalkan barang jualan Anda pada orang-orang terdekat, siapa tahu mereka memang sedang mencari.

Coba berjualan online

Agar bisa jualan paling laris di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan platform online. Salah satu cara jualan online yang bisa dicoba adalah melalui Facebook Marketplace. Bisa juga dengan membuat website bisnis sendiri atau membuat akun di e-commerce. Pilihlah opsi yang paling mudah dilakukan dan efisien dari segi biaya.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan


Dari ide barang jualan paling laris di bulan Ramadhan ini, mana yang paling menarik buat Anda? Apakah perlengkapan ibadah atau justru parcel Lebaran? Apa pun jenis usaha yang dipilih, kini Anda bisa mengelola bisnis dengan mudah menggunakan Moka POS. Lewat Moka POS, Anda bisa mengelola stok, melacak transaksi, dan bahkan menyusun laporan keuangan dengan mudah. Yuk, buat bisnis Anda makin maju dengan Moka POS!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia