Moka Logo
15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Tips Bisnis

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

6 min
GradyGrady

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi ā€“ Menjalani waktu sebagai mahasiswa sangatlah menyenangkan.

Fleksibilitas jam kuliah membuat mahasiswa memiliki cukup banyak waktu luang. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Mulai dari mengikuti unit kegiatan mahasiswa, diskusi intelektual, hingga mencari ide bisnis untuk dijalani.

Baca Juga: Keren! Pemuda Ini Jalani Bisnis Sambil Kuliah. Kamu Gimana?

Saat ini pun cukup banyak pilihan bisnis untuk mahasiswa. Berbagai pilihan bisnis ini tepat untuk mahasiswa karena tidak bersifat full time.

Bahkan, beberapa bisnis pun dapat dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Jadi bagi Anda mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan bisnis sekaligus meraup keuntungan besar di waktu luang, berikut ini 15 ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi.

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

1. Fotografer dan videografer lepas

ide bisnis mahasiswa

Ini dia ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi yang bisa Anda coba. Kebutuhan akan fotografer dan videografer terus meningkat setiap tahun.

Banyaknya perusahaan-perusahaan kecil yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pembuatan company profile menciptakan peluang usaha untuk mahasiswa.

Selain company profile, dokumentasi acara dan pernikahan juga merupakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Acara yang biasanya jatuh pada akhir pekan ini sangat bertepatan dengan waktu luang mahasiswa.

Baca Juga: Cara Membangun Usaha Cafe dengan Modal Minim


2. Les privat

ide bisnis mahasiswa

Bagi para mahasiswa ilmu pasti seperti matematika dan IPA dapat memberikan les privat kepada murid-murid SD, SMP, dan SMA berupa mata pelajaran hitung-menghitung tersebut.

Namun Anda jangan khawatir, mahasiswa ilmu sosial pun bisa mengadakan les privat. Contohnya les private bahasa asing.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Mengadakan les privat termasuk pilihan bisnis yang memungkinkan Anda memiliki penghasilan yang cukup besar untuk ukuran mahasiswa. Ini lah yang membuat les privat menjadi pilihan bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan.

Setidaknya Anda bisa mengantongi Rp300.000 per anak. Semakin banyak anak ajar Anda, maka semakin besar yang Anda dapatkan.


3. Pemandu wisata

ide bisnis mahasiswa

Mengisi waktu luang sambil menghasilkan uang adalah salah satu kenikmatan menjadi mahasiswa.

Para mahasiswa yang sering berkeliling tentu memiliki pengetahuan tempat-tempat wisata menarik. Pengetahuan ini dapat dimanfaatkan sebagai sebuah ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi.

Baca Juga: Dapat Duit sambil Jalan-Jalan, Ini 18 Tips Mulai Bisnis Travel di 2018

Tawarkan jasa Anda di Airbnb, sehingga Anda berkesempatan untuk mendapatkan tamu dari mancanegara. Selain untuk melatih kemampuan bahasa asing, Anda juga bisa bertukar pengalaman dengan wisatawan yang Anda pandu.


4. Makeup artist

ide bisnis mahasiswa

Menjadi seorang makeup artist semakin maju dengan banyaknya produk kecantikan yang semakin beragam.

Banyaknya acara-acara yang membutuhkan makeup artist juga menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik dengan dunia kecantikan.

Mulai dari acara wisuda, pesta ulang tahun, lamaran, hingga pemotretan untuk portofolio. Asah terus kemampuan merias Anda karena makeup artist profesional bisa mendapatkan Rp25 juta sampai Rp50 juta untuk satu pekerjaan saja.


5. Influencer

ide bisnis mahasiswa

Instagram telah membuka kemungkinan baru bagi mahasiswa. Industri endorsement telah membuat Instagram bukan hanya menjadi media berbagi foto tetapi juga sebagai media periklanan. Tentu ini menjadi peluang usaha untuk mahasiswa dan mahasiswi kreatif.

Sajikan konten-konten menarik di halaman Instagram Anda untuk meningkatkan jumlah followers. Berkolaborasilah dengan teman-teman fotografer Anda untuk bersama sama membangun portofolio dan network.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda


6. Web design

ide bisnis mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi adalah mendesain website. Web design merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk mahasiswa karena sifatnya yang lebih fleksibel.

Namun web design bukan hanya ladang bisnis untuk mahasiswa teknologi informasi saja karena keahlian ini dapat dipelajari oleh semua orang.

Baca juga: 11 Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Terbukti banyak web designer profesional yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi. Bayaran yang bisa Anda terima pun bervariasi tergantung kerumitan website yang diinginkan.


7. Penerjemah

ide bisnis mahasiswa

Banyaknya buku, jurnal, hasil penelitian yang harus diterjemahkan dari dan ke bahasa asing menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang mencintai dunia literasi.

Cukup tawarkan jasa Anda ke website freelancer. Namun Anda sebaiknya membangun portofolio terlebih dahulu. Mungkin bisa dimulai dari lingkungan pertemanan atau keluarga Anda yang sekiranya membutuhkan jasa penerjemah.


8. Pet grooming

ide bisnis mahasiswa

Masyarakat modern yang semakin sibuk dengan pekerjaannya membuat perhatian kepada hewan peliharaannya semakin berkurang.

Kasus yang paling banyak ditemui adalah anjing peliharaan yang jarang diajak jalan-jalan dan grooming. Padahal dua hal ini adalah poin yang krusial untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan anjing.

Di sinilah Anda sebagai mahasiswa bisa menggunakan waktu luang Anda untuk mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan atau grooming di tempat.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Tarifnya bisa mencapai Rp50.000 sampai Rp100.000 per jam untuk satu anjing. Pet grooming bukan hanya bisnis untuk mahasiswa kedokteran hewan saja, mahasiswa fakultas lain pun mampu menjalankannya asalkan memahami betul seluk beluk pemeliharaan hewan.


9. Desain grafis

ide bisnis mahasiswa

Ini dia ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi selanjutnya. Industri kreatif adalah industri yang terus berkembang. Terbukti dengan banyaknya permintaan desain grafis yang datang dari berbagai kalangan.

Mulai dari perusahaan kecil dan menengah yang ingin mempromosikan brand-nya, hingga event organizer yang membutuhkan desain grafis untuk campaign-nya.

Baca Juga: Pentingnya Desain untuk Membangun Brand Bisnis Anda

Semakin Anda memiliki portofolio desain dari berbagai klien, harga yang Anda bisa tawarkan pun jadi semakin mahal.


10. Shoes cleaning

ide bisnis mahasiswa

Masyarakat modern kini mulai menggandrungi sneakers berharga tinggi. Sepatu berharga selangit ini turut pula menciptakan berbagai kesempatan bisnis untuk mahasiswa.

Salah satunya adalah bisnis shoes cleaning. Anda bisa belajar di shoes cleaning yang lebih dulu sukses, atau bahkan di internet.

Bahan-bahan yang diperlukan pun semakin mudah untuk ditemukan karena sudah banyak peracik-peracik lokal yang mampu membuat cairan pembersih sebaik produk impor.

Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, bahkan Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.




11. Jasa perbaikan smartphone

ide bisnis mahasiswa

Belum menemukan ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi yang tepat untuk Anda? Tenang, masih ada peluang usaha lainnya!

Sadarkah Anda, internet telah membuka kesempatan bisnis untuk mahasiswa manfaatkan. Mahasiswa kini bisa mempelajari berbagai skill yang dahulu sulit untuk mendapatkan pengajaran.

Baca juga: Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Salah satunya adalah kemampuan untuk memperbaiki smartphone. Kebanyakan smartphone yang memiliki layar besar membuatnya rawan rusak ketika terjatuh. Selain itu, penggunaan secara terus menerus membuat baterainya puni semakin cepat rusak.

Beruntungnya untuk memperbaiki dua komponen ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempelajarinya melalui YouTube untuk memahami teknik-teknik lengkapnya.

Komponennya pun dijual bebas di pasar sekunder, jadi Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.


12. Bisnis toko online

ide bisnis mahasiswa

Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh bisnis toko online membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa memulai bisnis.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Hingga Sukses bagi Pemula

Anda bisa memulai bisnis online yang menjual hal-hal yang sering dicari oleh masyarakat seperti makanan ringan, pakaian untuk ibu hamil dan menyusui, aksesoris gadget, kerudung, ataupun makeup import. Apabila modal Anda terbatas maka Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper.


13. Event organizer

ide bisnis mahasiswa

Menjadi panitia acara-acara kampus merupakan salah satu ajang latihan Anda untuk menjadi seorang organizer profesional. Mungkin bisa Anda mulai dari party planner untuk acara ulang tahun maupun anniversary.

Dari situ Anda dapat membangun kemampuan untuk mengadakan acara kecil lainnya seperti konser musik kecil-kecilan. Terus bangun kemampuan Anda sampai akhirnya Anda berani untuk mengadakan acara berskala besar.


14. Bisnis kuliner

ide bisnis mahasiswa

Berapa banyak bisnis kuliner sukses yang berawal dari keisengan para mahasiswa? Pastinya tidak terhitung jumlahnya.

Bisnis kuliner menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa karena para mahasiswa ini memiliki insight mengenai makanan yang sedang tren ataupun peluang kuliner yang belum terjamah oleh pebisnis lain.

Baca Juga: Ayam Mbah Cemplung, Mengulik Usaha Kuliner Paling Legendaris di Jogja

Lihat saja kisah kesuksesan Waroeng SS yang didirikan oleh seorang mahasiswa Teknik Kimia itu. Ia berhasil menangkap peluang makanan pedas yang ada di Yogyakarta dan merambah hingga ke kota-kota lainnya.

Siapa tahu, ini bisa jadi ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi untuk Anda.


15. Menjadi YouTuber

ide bisnis mahasiswa

Setelah kenyang belajar dari YouTube, mungkin kini saatnya Anda untuk menjadi seorang YouTuber. Cara untuk memulainya pun tidak terlalu sulit.

Cukup sajikan konten yang sesuai dengan passion Anda. Dibayar karena menjalankan passion adalah impian semua orang.

Anda pun bisa menyajikan beberapa jenis konten dalam kanal YouTube Anda. Anda bisa membuat konten mengenai traveling, panduan kecantikan, vlogging, atau bahkan review produk.

Bahkan, Anda juga bisa membuat konten informatif seperti bagaimana cara memulai bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Dari 15 ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi di atas, dapat dilihat bahwa begitu banyak peluang bisnis yang bisa diambil oleh mahasiswa.

Daripada mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, sebaiknya mengasah kemampuan bisnis Anda. Jadi bagi Anda yang ingin berlatih bisnis sejak dini, semoga pilihan bisnis di atas bisa menjadi pilihan Anda.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

Sudah dapat ide bisnisnya sekarang? Jika sudah, jangan lupa kalau Moka juga sentiasa mendukung bisnis Anda nanti, lho!

Moka bisa membantu untuk membuat laporan penjualan, membuat program loyalitas pelanggan, hingga mengetahui jam-jam ramai atau produk yang paling laku sehingga Anda bisa membuat strategi marketing yang lebih pas.

Ingin coba Moka gratis supaya Anda bisa merasakan langsung manfaatnya?

ā€‹_
Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.