Business Insight Focus

14 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Coba saat Bulan Ramadhan

By Rani Mutiara Hati on May, 2 2019
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Dengan bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, maka dapat dipastikan bahwa pola belanja pada masyarakat kita yang mayoritas muslim juga akan segera berubah. Terjadinya perubahan pola belanja ini tentu saja akibat dari kultural dan perilaku konsumsi masyarakat di bulan Ramadhan memiliki karakteristik yang berbeda dibanding bulan-bulan biasa.

Pola makan dan aktivitas harian yang berubah karena adanya kewajiban untuk menjalankan shaum, atmosfer yang religius serta adanya tradisi Ramadhan selama satu bulan penuh menjadi alasan kenapa perilaku konsumsi masyarakat kita di bulan Ramadhan bisa berubah.

Bulan Ramadhan memang merupakan bulan yang penuh berkah. Selain dijanjikan akan mendapatkan banyak pahala, bulan Ramadhan ini juga membuka banyak ladang rezeki. Hal ini tentu saja penting untuk dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Anda bisa mulai dengan memahami perubahan tradisi dan perilaku konsumen pada saat bulan Ramadhan.

Hal ini akan memberikan Anda kesempatan berbisnis yang lebih besar. Sudah banyak orang yang terbukti berhasil menciptakan bisnis dadakan dan mendapatkan keuntungan cukup besar dari memanfaatkan momen di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Baru 23 Tahun, Pemuda Ini Sukses Bangun Bisnis Kuliner

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen Ramadhan untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan, berikut 14 ide bisnis yang tepat Anda jalankan di bulan Ramadhan.

 

1. Berjualan Aneka Macam Menu Takjil

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Salah satu tradisi yang tidak pernah lepas dari yang namanya bulan Ramadhan adalah menunggu waktu berbuka puasa atau biasa disebut dengan istilah ngabuburit. Selama ngabuburit ini, banyak orang yang sibuk membeli menu pembuka untuk membatalkan puasa, atau sering disebut juga dengan istilah takjil. Dari banyaknya orang yang ingin membeli takjil inilah peluang bisnis untuk Anda muncul.

Usaha aneka macam menu takjil ini dapat dikatakan cukup menggiurkan karena bisa mendatangkan untung besar. Selain itu, untuk memulai usaha ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulainya dengan hal kecil seperti menjual es teh manis, aneka minuman sirup dingin, aneka jus buah, sop buah atau aneka minuman lainnya yang manis dan menyegarkan untuk berbuka puasa.

Anda juga bisa menambahkan menu makanan untuk takjil seperti jajanan pasar, aneka kue basah, martabak mini, puding jagung dan lain sebagainya. Ingat! Patok harga yang sesuai dengan kantong banyak orang agar banyak yang membeli menu takjil Anda, namun juga tetap bisa memberikan untung yang berlimpah bagi Anda.

 

2. Usaha Katering untuk Sahur dan Berbuka

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Menjalankan usaha katering untuk menu sahur dan berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan, dapat dijadikan peluang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Terutama bagi Anda yang tinggal di sekitar rumah kos untuk mahasiswa atau karyawan yang biasanya tidak sempat untuk memasak sendiri.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis katering ini, Anda disarankan harus pandai dan inovatif dalam mengkombinasikan menu makanan agar pelanggan Anda tidak bosan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan menu paket murah jika pelanggan memesan menu katering untuk sahur dan berbuka puasa sekaligus.

Atau Anda juga bisa menawarkan katering untuk acara khusus seperti sahur atau buka bersama. Dan untuk pelayanan kepada pelanggan, Anda dapat menawarkan jasa antar katering ke tempat tujuan. Hal utama yang perlu diingat dalam menjalani bisnis katering adalah makanan yang enak dan pelayanan pelanggan yang memuaskan.

 

3. Menjual Kurma dan Aneka buah-buahan

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Pada bulan Ramadhan, permintaan akan buah kurma menjadi meningkat karena adanya tradisi masyarakat yang tidak afdol jika berbuka tanpa memakan buah kurma. Terlebih lagi karena buah ini tidak dapat tumbuh subur di Indonesia. Oleh sebab itu Anda dapat menjadikan ini sebagai kesempatan untuk berusaha. Anda bisa memulai dengan mencari agen kurma yang ada di Indonesia, yang menjual buah kurma dengan harga murah.

Selanjutnya Anda dapat mengemas ulang buah kurma tersebut dalam berbagai macam berat, dan kemudian Anda jual kembali. Kesempatan seperti ini adalah peluang bisnis yang cocok dijalankan saat Ramadhan. Anda juga dapat menjual buah kurma tersebut secara offline maupun online.

Selain buah kurma, permintaan akan buah-buahan lainnya juga cukup meningkat pada bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena banyaknya menu takjil yang berbahan dasar dari buah seperti sop buah dan aneka jus. Kesempatan ini tentunya perlu untuk Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis dan mulai meraup untung.

Simak Juga: 23 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim untuk Pendapatan Pasif

 

4. Jalankan Usaha Jasa Laundry

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Banyak orang yang tidak sadar jika sebenarnya salah satu usaha yang cocok untuk dijalankan pada saat bulan Ramadhan adalah usaha jasa laundry. Usaha ini cocok dijadikan bisnis saat bulan Ramadhan, karena banyak wanita karir yang tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri, membutuhkan jasa laundry untuk melakukannya.

Terlebih lagi, usaha laundry ini akan mendapatkan banyak pelanggan ketika mendekati waktu lebaran. Karena pada waktu ini banyak asisten rumah tangga yang pulang kampung sehingga tuan rumah memerlukan jasa laundry untuk menggantikan tugas mencuci pakaian yang biasanya dilakukan oleh asisten rumah tangga.

Walaupun untuk menjalankan usaha laundry ini biasanya dibutuhkan modal awal yang cukup besar, namun Anda bisa mengakalinya. Untuk memulai usaha laundry, Anda tidak harus langsung memiliki 3 mesin cuci sekaligus, Anda bisa memulainya dengan mesin cuci yang sudah Anda miliki di rumah.

Lakukan bisnis ini secara tekun dan pelayanan terbaik, maka pelanggan akan datang lagi dan lagi ke jasa laundry Anda dan usaha laundry Anda bisa berkembang menjadi lebih besar.

Baca Juga: Buka Cabang dengan Pinjaman Modal dari Moka Capital, Ini Kisah Sukses Cyclo

 

5. Buka Usaha Cuci dan Servis Kendaraan

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Di bulan Ramadhan, bagi kebanyakan pemilik kendaraan bermotor biasanya malas untuk mencuci kendaraannya. Hal ini dikarenakan mereka merasa lelah dari seharian penuh berpuasa dan melakukan aktivitas.

Kondisi tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha cuci kendaraan bermotor. Bahkan Anda juga bisa menambahkan fasilitas servis kendaraan di dalamnya. Terlebih, usaha ini kemungkinan akan ramai dikunjungi pada saat lebaran, terutama oleh pemudik yang sedang dalam perjalanan.

Poin utama untuk membuka dan menjalankan usaha ini adalah tempat yang strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan serta pelayanan terbaik. Jika Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda, tentu saja pelanggan Anda tidak akan segan-segan lagi untuk datang kembali menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: 9Go Car Wash & Coffee, Manjakan Pelanggan Saat Mobilnya Dicuci

 

6. Berbisnis Busana Muslim

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat muslim, yang mana baik laki-laki maupun perempuan akan mencoba selalu memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apapun.

Salah satu diantaranya adalah berpakaian tertutup atau berbusana muslim dalam keseharian. Kesempatan seperti ini tidak boleh Anda lewatkan, karena membuka usaha busana muslim tidak hanya menjadi peluang bisnis selama bulan Ramadhan saja tapi juga dapat Anda lanjutkan sebagai usaha tetap.

Bisnis busana muslim cukup menjanjikan, tidak hanya di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri saja, namun juga pada bulan-bulan biasa. Hal tersebut karena trend masyarakat kita yang mayoritasnya adalah muslim memiliki kecenderungan untuk berbusana muslim terutama bagi wanita.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu memikirkan modal awal karena terdapat usaha busana muslim yang tanpa modal atau bermodal kecil dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

 

7. Menjual Berbagai Perlengkapan Ibadah

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Ketika beribadah umat muslim kita pasti membutuhkan perlengkapan yang dapat mendukung ibadah, seperti seperti sajadah untuk shalat, tasbih, Al-Qur’an untuk tadarus, baju koko, sarung dan kopiah untuk digunakan ketika shalat bagi laki-laki, serta mukena untuk shalat bagi perempuan. Semua itu dapat Anda jadikan peluang bisnis yang tepat dijalankan pada saat bulan Ramadhan.

Bisnis berbagai perlengkapan ibadah untuk umat muslim ini akan meningkat ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini karena saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang membeli perlengkapan ibadah sebagai hadiah atau parsel.

Anda dapat menjual perlengkapan ibadah dengan berbagai varian harga, sehingga pelanggan Anda bisa berasal dari berbagai kalangan. Terlebih lagi Anda juga dapat membuka usaha ini secara online sehingga pasar Anda dapat menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia.

 

8. Berbisnis Aneka Kue Kering dan Toples Unik

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Menjelang lebaran, kue kering akan menjadi salah satu makanan yang diincar oleh banyak orang. Jadi ketika ada orang lain datang bertamu, mereka punya sesuatu untuk disuguhkan. Peluang ini dapat Anda jadikan bisnis yaitu dengan menjual aneka kue kering.

Bagi Anda yang suka membuat kue dan memiliki resep enak tersendiri, usaha ini patut Anda coba. Namun jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper dari kue kering hasil olahan saudara atau teman Anda.

Anda juga bisa menjual kue kering dalam berbagai macam toples unik untuk menambah nilai produk Anda. Atau Anda hanya menjual toplesnya saja, itu juga bisa dilakukan. Jangan lupa pasarkan produk Anda melalui sosial media agar menjadi lebih laris.

Baca Juga: Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Memasarkan Produk Anda

 

9. Berjualan Oleh-oleh Lebaran

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Momen mudik ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Pada saat menjelang lebaran, banyak orang yang akan mudik ke kampung halaman dan setelahnya mereka akan kembali ke kota tempat tinggalnya. Momen ini bisa Anda gunakan untuk berjualan aneka macam oleh-oleh lebaran. Karena selain kue kering, aneka makanan lain khas daerah cukup banyak diincar untuk dijadikan oleh-oleh dari mudik.

Untuk memulai usaha ini pun tidak terlalu sulit dan membutuhkan modal yang besar. Anda bisa membuat makanan khas daerah sendiri atau membelinya langsung dari supplier agar murah. Kemudian agar laris, Anda dapat menjual dengan menitipkan di toko oleh-oleh atau toko lainnya yang sering dikunjungi banyak orang.

 

10. Parsel Lebaran

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Usaha parsel lebaran dapat Anda jadikan usaha yang cocok dijalankan pada saat bulan Ramadhan. Sebab, ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat kita banyak yang berlomba-lomba mengirim parsel ke sanak saudara, teman atau klien mereka. Kesempatan ini tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Jika Anda ingin memulai membuka usaha parsel ini, Anda harus mempunyai ide kreatif dalam menentukan isi parsel dan bagaimana mengemasnya.

Isi dari parsel dan bagaimana parsel dikemas akan menjadi daya tarik konsumen untuk memesan parsel lebaran dari Anda. Oleh karena itu, Anda perlu kreatif dalam menentukan isi parsel dan bagaimana mengemasnya. Sebagai contoh, Anda bisa mengkombinasikan isi parsel berupa kue kering dengan peralatan makan seperti piring dan garpu kecil untuk makan kue. Atau Anda juga bisa membuat parsel yang berisi perlengkapan ibadah.

 

11. Usaha Jasa Rental Mobil dan Jasa Supir

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Usaha jasa rental mobil banyak dicari menjelang lebaran, karena pada saat itu banyak perantau yang akan mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik memang tidak bisa lepas dari masyarakat kita. Akibatnya, banyak pemudik yang kehabisan tiket memutuskan untuk menyewa mobil sebagai pilihan.

Bagi Anda yang memiliki mobil pribadi dan tidak mudik, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mulai berbisnis. Anda dapat menyewakan mobil Anda kepada para pemudik yang tidak memiliki kendaraan dan kehabisan tiket untuk pulang. Dijamin Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa sebagai supir untuk meraup untung yang lebih besar.

Baca Juga: 4 Tips Manfaatkan Mobil Nganggur sebagai Peluang Usaha saat Ramadan

 

12. Usaha Travel dan Penjualan Tiket

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Di Indonesia, saat menjelang lebaran adalah saat di mana seluruh masyarakat akan mendapatkan waktu untuk cuti. Momen ini dapat Anda jadikan peluang usaha untuk membuka jasa travel dan penjualan tiket bagi karyawan yang ingin berlibur bersama keluarga ke tempat wisata tertentu.

Usaha jasa travel dan penjualan tiket ini bisa Anda jalankan saat bulan Ramadhan. Anda dapat menawarkan berbagai macam paket travel liburan ke tempat wisata tertentu. Tentunya untuk menarik minat pelanggan, Anda dapat memberikan paket travel yang bervariasi dengan fasilitas yang memadai. Selain itu, Anda juga dapat menjual tiket pesawat, bus, kapal laut maupun kereta secara online untuk para pemudik.

Baca Juga: Jalan-Jalan sambil Dapat Duit, Ini 18 Tips Buka Bisnis Travel

 

13. Berbisnis Jasa Asisten Rumah Tangga

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Ketika menjelang datangnya lebaran, akan banyak sekali keluarga yang membutuhkan jasa asisten rumah tangga. Hal ini dikarenakan pada momen menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali hal yang harus dilakukan seperti untuk bersih-bersih, memasak dan mempersiapkan hari raya. Tentu saja, kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk berbisnis jasa asisten rumah tangga.

Untuk memulainya, Anda dapat menawarkan jasa asisten rumah tangga sementara khusus untuk membantu mempersiapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan jasa asisten rumah tangga ini ditawarkan untuk kebutuhan lainnya di bulan Ramadhan seperti membantu memasak menu sahur dan berbuka puasa, mencuci pakaian atau bersih-bersih.

 

14. Menjual Gadget

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen spesial yang tidak bisa dilewatkan. Terlebih lagi bagi karyawan di sebuah perusahaan, mereka biasanya akan mendapatkan tambahan tunjangan untuk hari raya. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang pada momen lebaran ini ingin tampil beda mulai dari busana hingga gadget.

Munculnya kesempatan ini tentu saja perlu untuk dimanfaatkan untuk menjual gadget. Biasanya pada momen ramadhan dan lebaran ini, banyak orang yang ingin membeli smartphone baru.

Hal tersebut selain dikarenakan mereka mendapatkan tunjangan tambahan, juga karena banyak momen menarik untuk diabadikan. Oleh sebab itu, mereka akan membeli ponsel baru untuk mengabadikan momen melalui fitur kamera smartphone dan membagikannya melalui sosial media.

Dari 14 ide bisnis di atas, bisa dilihat bahwa Anda sangat mungkin memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan. Banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan dengan cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Baca Juga: Modal Kecil Untung Besar, Ini 10 Tips untuk Membuka Bisnis Anda Sendiri

Semoga dari 14 ide bisnis Ramadhan di atas, Anda dapat terinspirasi untuk memanfaatkan momen Ramadhan kali ini dengan menjalankan bisnis. Tidak menutup kemungkinan jika Anda menekuninya dengan ulet, bisnis Anda bukan hanya sekedar bisnis dadakan saat bulan Ramadhan saja, melainkan dapat dijadikan bisnis tetap yang menjanjikan.

Sukses mencoba!

Unduh juga E-book kami tentang strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia