Moka Logo
18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Tips Bisnis

18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

9 min
SaminaSamina

18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial – Seringkali orang-orang berpikir kalau ingin membuka sebuah bisnis, mereka harus memiliki dana yang banyak untuk memulainya.

Namun, seiring dengan perkembangan pola pikir manusia, banyak orang yang memulai bisnis modal kecil dan sekarang telah sukses meluncurkan bisnis mereka.

Sebagai contoh, Steve Jobs beserta partner-nya, Steve Wozniak, memulai perjalanan bisnis mereka dari dalam garasi orangtuanya.

Siapa sangka, sekarang hasil karyanya dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia. Hanya dengan bermodalkan garasi rumah untuk memulai bisnis, beliau mampu menggebrak gagasan baru sehingga bisnis kecilnya menjadi produk yang mendunia.

Di era globalisasi yang di mana teknologi sudah semakin canggih, semua hal yang sebelumnya mustahil dilakukan menjadi gampang.

Sebelumnya, seseorang harus mengirimkan surat yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa dibaca oleh penerima, sekarang kita sudah memiliki aplikasi-aplikasi yang memudahkan komunkasi serta bisa diakses dengan satu sentuhan.

Baca juga: 5 Skill Penting untuk Pebisnis Perempuan Agar Sukses dalam Bisnis

Dengan kemajuan ini, semakin banyak kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar.

Terlebih untuk kaum milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi-teknologi handal sejak masa kecilnya. Nah, berikut ini adalah ide bisnis modal kecil untuk milenial.

18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

1. Social Media Management

social media

Ini dia ide bisnis modal kecil untuk milenial. Anda pasti sering menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Jika Anda adalah sosok yang internet savvy, ini adalah ide bisnis kecil yang cocok untuk Anda.

Perkembangan platform social media sangatlah pesat. Yang sebelumnya hanya sebagai media untuk bersosialisasi, sekarang social media bisa menjadi tempat berbisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Dengan menjalani bisnis social media management, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, Anda hanya memerlukan gadget Anda seperti handphone dan laptop, serta kreatifitas Anda dalam bersosial media.

Baca juga: 6 Cara Menarik Hati Milenial untuk Dapatkan Untung bagi Bisnis Anda

Beberapa bisnis kecil di social media terkadang membutuhkan seseorang yang bisa menangani akun social media mereka untuk kebutuhan marketing.

Tidak hanya bisnis kecil saja, hampir semua brand besar membutuhkan hal yang sama. Jika Anda mempunyai waktu yang luang, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang social media management dengan melakukan riset online, atau mengambil online courses untuk menambah ilmu Anda.


2. Fotografi

membuka jasa fotografi - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Bagi Anda yang memiliki passion di bidang fotografi, Anda bisa membuka bisnis fotografi. Sekarang, banyak yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk suatu pekerjaan mereka, bisnis mereka, atau pun untuk mengambil foto pribadi seperti foto keluarga.

Dengan bermodalkan kamera pribadi dan insting estetika fotografi, Anda bisa menjadi salah satu fotografer yang handal. Mulailah dengan membuat portfolio dengan beberapa objek yang memang menjadi fokus bisnis fotografi Anda nantinya.

Baca juga: 5 Hal Ini Perlu Disiapkan Pelanggan untuk Hadapi Era Cashless Society

Misalnya, jika Anda ingin membuka jasa fotografi makanan, maka Anda bisa memulai mengambil objek foto makanan dari beberapa angle.

Kemudian, upload di social media Anda sebagai salah satu wadah hasil karya Anda. Siapa tahu restoran-restoran akan mulai menghubungi dan menggunakan jasa Anda.


3. Membuka Thrift Shop

pasar loak

Siapa bilang barang bekas itu kualitasnya jelek? Coba Anda lihat di sekeliling Anda, apakah ada barang yang masih bagus tapi tidak pernah dipakai atau jarang digunakan?

Seperti pepatah, “One man’s trash is another man’s treasure”, barang-barang yang tidak Anda gunakan lagi bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi orang lain.

Thrift shop adalah sebutan lain untuk toko barang bekas, di mana biasanya orang mencari barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aslinya. Di negeri Paman Sam, Amerika Serikat sudah banyak orang yang secara terbuka berbelanja di thrift store.

Tidak kalah dengan orang AS, masyarakat Indonesia pun sudah banyak yang sering berbelanja barang bekas di thrift shop.

Baca juga: 4 Langkah Mudah dan Praktis Meningkatkan Bisnis Anda Lewat Waralaba

Jika Anda ingin membuka usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Anda hanya perlu mencari barang yang kira-kira sudah jarang terpakai kemudian menjualnya di internet atau memanfaatkan media sosial.

Namun ingat, Anda harus menjamin bahwa kualitas barang bekas yang Anda jual masih bagus, jika sudah tidak layak digunakan para pembeli tidak akan tertarik membeli barang Anda.

Pastikan juga Anda memberikan harga yang lebih murah dibandingkan harga aslinya di toko-toko umum karena itulah yang menjadi daya tarik dari thrift shop sendiri.


4. Usaha Laundry

laudry kiloan - bisnis rumahan modal kecil

Di jaman sekarang, semua orang selalu beraktifitas dengan cepat dan seringkali mereka tidak mempunyai waktu untuk mengurus baju kotor mereka. Jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, Anda bisa memulai untuk usaha laundry.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk listrik, sabun cuci baju, beserta pewangi baju, dan Anda sudah siap menjalani bisnis modal kecil ini. Namun, Anda harus sangat berhati-hati dalam menjalani usaha ini.

Tidak jarang beberapa baju yang Anda akan terima memiliki treatment yang spesial. Supaya tidak salah, ada baiknya untuk selalu menanyakan jika ada baju yang harus memiliki treatment yang berbeda setiap Anda menerima orderan dari pelanggan Anda.


5. Personal Chef

Smiling chef putting a strawberry in the fruit bowl in the kitchen

Apakah Anda punya hobi memasak? Atau memang Anda adalah salah satu orang yang punya passion di bidang kuliner?

Kalau jawaban Anda adalah iya, maka bisnis modal kecil untuk milenial ini adalah pilihan yang tepat buat Anda. Beda dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga, Anda biasanya akan direkrut oleh orang tertentu untuk menyiapkan hidangan spesial acara tertentu.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Mulai dari acara barbecue, family gathering, acara ulang tahun, atau pun keperluan pribadi yang lain.

Untuk modal, Anda bisa memberikan total budget dari bahan-bahan yang akan Anda gunakan kepada klien Anda dan mereka yang akan menyediakan uangnya nanti.

Jadi, dengan usaha ini Anda hanya perlu menyediakan cooking skills Anda dan tentunya cita rasa yang tinggi terhadap makanan.


6. Editorial

menulis - laptop - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Bisnis kecil yang satu ini adalah usaha yang bisa Anda tekuni jika Anda memiliki ketertarikan di bidang literasi, contohnya seperti menulis artikel dan membaca buku.

Singkatnya, dengan membuka usaha layanan editorial, Anda bisa memberikan pelayanan yang berhubungan dengan menulis atau membaca.

Services yang Anda bisa berikan dalam usaha ini adalah proofreading, menulis artikel, editing, atau servis yang lainnya yang berhubungan dengan menulis atau membaca.

Anda bisa mempunyai banyak klien yang ingin menggunakan layanan Anda, seperti pemilik usaha kecil atau besar, penulis, sampai siswa atau mahasiswa yang membutuhkan jasa Anda untuk menyelesaikan tugas mereka.

Anda pun bisa memberikan harga jasa Anda sesuai dengan tingkat kesulitan, jumlah kata/halaman, sampai menyesuaikan harganya dengan kualitas tulisan Anda.


7. Video Editor/Production

belajar dengan laptop - belajar di kampus - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Kalau untuk usaha yang satu ini, pasti sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai dunia perfilman atau hobi mengedit video.

Banyak kalangan yang mungkin membutuhkan jasa video editor atau video maker yang handal, seperti perusahaan kecil dan besar, Youtuber, social media influencers, ataupun kalangan lain yang kurang mahir dalam membuat atau mengedit video.

Baca juga: 28 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2019!

Jika Anda mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis kecil yang Anda jalankan? Yang Anda perlukan hanyalah gadget Anda dan aplikasi/software untuk mengedit video.

Jika Anda masih kurang percaya diri dengan editing skill Anda, internet memiliki banyak tutorial yang mengajarkan cara mengedit video, ataupun ada online courses tentang videography atau video editing yang bisa Anda ambil untuk mempelajari skills yang dibutuhkan lebih dalam lagi.


8. Jasa Pembersih/Cleaning Service

membuka jasa cleaning service - car wash - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Mungkin kesan pertama yang Anda dapat setelah melihat nama dari bisnis kecil ini adalah “kok saya disarankan menjadi pembantu rumah tangga, sih?”

Faktanya, banyak orang yang meremehkan pekerjaan seperti ini, padahal banyak sekali orang yang membutuhkan bantuan untuk membersihkan tempat mereka tanpa menyewa pembantu rumah tangga.

Contohnya seperti pekerja yang masih tinggal di kosan atau kalangan pekerja yang jarang di rumah/apartment yang tidak mempunyai waktu untuk bersih-bersih. Apa salahnya Anda mengambil kesempatan tersebut untuk memulai bisnis modal kecil Anda?

Belum lagi, masih sedikit yang membuka jasa tersebut karena kebanyakan orang masih berpatokan pada pembantu rumah tangga.

Jadi, pesaing Anda belum begitu banyak jika Anda tertarik di bisnis ini. Di era sekarang, banyak yang membutuhkan jasa one-day service untuk membersihkan tempat mereka dalam sehari. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

Yang Anda perlukan untuk menjalani bisnis kecil ini hanyalah alat-alat pembersih dan handphone untuk menerima/menghubungi klien Anda.

Bisa saja jika bisnis Anda sudah besar, Anda bisa merekrut beberapa pekerja dan Anda hanya duduk diam di dalam rumah sambil menerima hasilnya. Bukan hal yang memalukan juga, kan?


9. Personal Shopper

belanja - menjadi seorang personal shopper

Kata mager (malas gerak) pasti sudah sering Anda dengar setiap harinya. Kata tersebut menggambarkan kemalasan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Salah satu aktivitas yang beberapa orang mungkin malas untuk melakukannya adalah berbelanja. Mungkin banyak sekali orang yang suka berbelanja, tapi tidak sedikit pula orang yang tidak punya waktu bahkan malas untuk berbelanja.

Namun, masih jarang toko-toko yang bisa melakukan delivery langsung ke tempat, ataupun bisa di-delivery namun sampainya agak lama.

Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis kecil Anda untuk menjadi personal shopper. Anda bisa menawarkan paket delivery setiap hari untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Jasa ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang ingin menyediakan sarapan pagi namun tidak ingin ke toko swalayan.

Untuk modal, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa meminta budget dari belanjaan Anda beserta biaya servis Anda kepada klien-klien Anda.

Satu hal yang mungkin sangat Anda butuhkan adalah semangat untuk mencari barang-barang sesuai dengan permintaan pelanggan dan mengantarkannya ke tempat tujuan.


10. Buka Kursus/Les

les privat - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

 Jika Anda suka berinteraksi dengan anak-anak sekolah, Anda bisa membuka kursus/les di bidang apapun. Dalam bisnis modal kecil ini, yang dibutuhkan adalah pengetahuan yang Anda miliki.

Banyak juga kelas yang Anda bisa berikan untuk membuka usaha kursus, seperti akademik (membaca, matematika, sains, dll), musik, atau kelas lain yang menurut Anda akan ada yang tertarik untuk mendaftar. Jangan lupa juga sesuaikan dengan kemampuan Anda.


11. Pet Sitting

pet sitting - membuka salon khusus hewan

Setiap orang pasti memiliki binatang favoritnya, mulai dari kucing, anjing, kelinci, bahkan sampai binatang-binatang eksotis lainnya. Banyak yang menjadikan binatang tersebut menjadi peliharaan mereka.

Sayangnya, tak jarang dari pemilik binatang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengurus hewan peliharan mereka.

Dengan memanfaatkan situasi ini, Anda bisa menawarkan servis pet sitting. Jasa ini tentunya sangat menarik perhatian bagi orang-orang yang memiliki hewan peliharaan namun punya tingkat kesibukan tinggi.

Bisnis modal kecil ini sangatlah cocok bagi para pecinta hewan. Untuk modal, Anda tidak perlu khawatir. Biasanya, pemilik binatang sudah menyediakan makanan dan alat-alat khusus untuk peliharaan mereka.

Yang Anda perlukan hanyalah kasih sayang yang besar terhadap hewan peliharaan mereka, dan kesabaran dalam mengurus kebutuhan-kebutuhannya.


12. Tour Guide

tour guide

Jika Anda tinggal di dekat area pariwisata, ini adalah kesempatan emas buat Anda. Ketika berpergian ke tempat pariwisata, para pengunjung sering kebingungan dengan lokasi yang mereka kunjungi.

Anda bisa menjadi guide para turis untuk berkunjung ke beberapa spot pariwisata yang menarik. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar.

Anda hanya harus memiliki skill public speaking yang cukup mumpuni, pengetahuan tentang area-area yang akan dikunjungi, dan tentunya sejarah-sejarah menarik yang bisa Anda ceritakan kepada para pengunjung untuk membuat perjalanan semakin menarik.


13. Graphic Designer

graphic design

Ini dia salah satu bisnis kecil yang cukup laris dan dibutuhkan banyak orang. Dengan skill design, Anda bisa menawarkan jasa untuk mendesain beberapa hal seperti logo, flyer, advertisement campaign, dan beberapa kebutuhan desain lainnya.

Bisnis modal kecil ini biasanya sangat cocok untuk mereka yang sudah bekerja di perusahaan advertising atau perusahaan desain tapi ingin memulai bisnis sesuai dengan skill yang dimilikinya.

Anda bisa memanfaatkan jam di luar kantor untuk mengerjakan bisnis Anda ini. Banyak juga orang yang membutuhkan jasa desain karena mereka kurang mengerti tentang editing software seperti Photoshop, Adobe Illustrator, dan software lainnya.

Download E-book: Program Loyalitas dan Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis

Dari kalangan individual sampai bisnis korporat, mereka selalu membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat beberapa hal. Bayaran yang diterima pun tidak main-main.

Jika Anda mendesain materi untuk proyek besar, Anda bisa dibayar puluhan juta rupiah. Bermodalkan laptop dan kreativitas visual, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak dari bisnis modal kecil ini.

Jika Anda memiliki keahlian dalam seni dan mahir menggunakan software-software untuk editing, Anda bisa menjadikan keduanya sebagai jasa yang bisa Anda sediakan untuk bisnis graphic design Anda.


14. Jasa Titip Beli (Jastip)

belanja pakaian - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Sering melihat banyak orang menawarkan jastip (jasa titip) di media sosial? Atau teman Anda ada yang sedang berlibur ke luar negeri dan membuka Jastip untuk barang-barang yang tidak dijual di Indonesia?

Ya, jastip semakin menjamur sekarang ini. Bagi Anda yang hobi berbelanja dan jalan-jalan, kegiatan ini cukup mengasyikkan.

Baca juga: 7 Film dan Serial yang Wajib Ditonton Para Perempuan di Tahun 2019

Di sisi lain, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis modal kecil Anda. Modal yang dibutuhkan juga relating kecil namun Anda bisa meraup keuntungan yang sangat banyak.

Sistem pemasarannya pun cukup sederhana. Anda bisa menawarkannya melalui media sosial.


15. Website Developer

coding - web programmer - bisnis rumahan modal kecil

Dunia bisnis sekarang tidak hanya berasal dari kantor saja, tapi banyak bisnis kecil dan besar yang memiliki website untuk menjalankan usaha mereka.

Tidak sedikit juga website dari perusahaan yang sering membutuhkan jasa website developer untuk membantu mereka membangun situs online yang teratur dan menarik. Ini dikarenakan banyak orang yang tidak mengerti cara-caranya.

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Pebisnis Perempuan

Membuka bisnis kecil ini bisa sangat menguntungkan bagi Anda yang ahli dalam dunia IT, terlebih dengan web developing seperti memasangkan fitur-fitur seperti shopping cart, services pages, feedback forms, product pages, dan masih banyak lagi.

Hal yang Anda perlu siapkan pun tidak banyak. Anda hanya perlu memiliki laptop atau komputer serta pengetahuan web-building Anda.

Dikarenakan prosesnya yang rumit dan lama, penghasilan dari bisnis kecil ini pun bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari kerumitan dan tipe klien yang Anda pegang.


16. Business Planner

Rekan-Bisnis-2

Di jaman sekarang bisnis baru selalu bermunculan setiap harinya. Hal tersebut berdampak bagi para pebisnis pemula yang ingin memulai bisnisnya cukup kewalahan dalam merencanakan ide mereka sehingga cukup bisa bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya.

Namun, kalau Anda adalah tipe orang yang selalu mempunyai perencanaan yang kuat dan fresh idea mengenai bisnis yang berpotensi untuk dibangun, maka Anda bisa menjadikan itu sebagai produk bisnis kecil Anda.

Hanya dengan menggunakan kemampuan serta pengetahuan Anda dalam bisnis perencanaan, Anda bisa menjual ide-ide cemerlang Anda kepada orang yang tertarik dengan ide bisnis Anda.

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki 1001 ide bisnis, namun tidak memiliki waktu atau tenaga atau uang untuk membangunnya sendiri.


17. Personal Trainer

menjadi personal trainer - olahraga

Apakah Anda sosok yang sangat aktif, sehat jasmani, dan suka olahraga? Kalau iya, berarti Anda akan menyukai bisnis kecil yang satu ini.

Tidak perlu modal banyak, Anda hanya perlu mengetahui tentang jenis-jenis olahraga yang cocok untuk orang-orang tertentu. Beberapa orang membutuhkan guidance dalam menjalani rutinitas olahraga agar bisa memenuhi personal goal mereka.

Contohnya, ada yang ingin mengikuti fitness untuk membentuk badan mereka, terlebih di bagian sayap belakang atau glutes mereka.

Jika Anda hobi nge-gym dan sudah mengetahui jenis workout apa saja yang cocok untuk bagian badan tertentu, Anda bisa menjadikan personal trainer menjadi bisnis kecil Anda.

Tidak hanya mendampingi dan memberikan arahan saat berolahraga, Anda juga bisa memberikan saran untuk jenis diet atau pola makan yang cocok untuk klien Anda.


18. Blogger atau/dan Vlogger

bermain laptop di rumah - menjadi seorang bloggger

Ide bisnis modal kecil untuk milenial yang terakhir ini cukup mudah dan benar-benar membutuhkan modal kecil, yakni menjadi seorang blogger atau vlogger. Bisnis yang satu ini sudah sering didengar oleh telinga para millennial.

Tugas utama dari para blogger dan vlogger adalah untuk membuat konten yang menarik, baik itu dalam bentu video atau tulisan.

Jenis dari konten yang ingin diangkat pun bervariasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Mengapa pekerjaan ini bisa dijadikan bisnis?

Jika blog pribadi Anda sudah mulai mendapatkan engagement yang menjanjikan, ini bisa menjadi tempat bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan-keuntungan tersebut bisa datang dari kerja sama dengan brand lain (partnership). Jika Anda ingin menjual produk Anda sendiri, Anda pun bisa mempromosikannya dalam blog Anda sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang di tempat lain. Anda bisa memulainya dengan modal gadget dan ide-ide yang cemerlang.

Itulah 18 ide bisnis modal kecil untuk milenial yang bisa diterapkan. Untuk diketahui, kunci terpenting dalam membuka bisnis atau usaha adalah semangat dan pantang menyerah.

Jangan takut memulai karena belum punya modal. Moka Capital siap membantu memberikan pendanaan hingga Rp2 miliar untuk bisnis Anda. Modal tersebut pun bisa Anda manfaatkan untuk memperlancar arus kas, renovasi toko, atau memberi bahan baku dari supplier.

Moka Capital menawarkan bunga rendah mulai dari 0,75% dengan tenor 18 bulan. Ingin melunasi cicilan lebih awal? Tenang, Anda tidak akan dikenai biaya penalti.

Yuk, seriusi bisnis Anda sejak dini! Siapa tahu, bisnis tersebut memberikan keutungan maksimal untuk Anda!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.