Business Insight Merchant Highlight

5 Tips Mengelola Bisnis Franchise ala Holdak Crispy Chicken Indonesia

By Jordhi Farhansyah on September, 19 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Tips Mengelola Bisnis Franchise Makanan ala Holdak Crispy Chicken Indonesia - Bagi Anda pencinta K-Pop dan K-Drama pasti tidak lagi asing dengan Holdak Crispy Chicken Indonesia.

Kini, para fansnya tidak perlu jauh-jauh ke Korea karena sudah banyak restoran yang menjual menu-menu khas Korea Selatan, salah satunya adalah Holdak Crispy Chicken.

Tingginya animo masyarakat terhadap kuliner khas Korea pun membuat Holdak Crispy Chicken Indonesia bisa berkembang lebih besar, hingga kini telah tersedia di kota-kota besar di Indonesia. \

Baca juga: Terapkan 3 Strategi Pemasaran Ini Jika Anda Punya Restoran Baru

Melihat perkembangan Holdak yang cukup signifikan dan konsisten, sudahkah Anda tahu siapa sosok di baliknya? Dia adalah Anita Saputra, yang ingin berbagi tips-tips sukses mengelola bisnis franchise makanan di tengah ketatnya persaingan.

Jadi bagi Anda yang ingin terjun ke bidang ini, tidak ada salahnya untuk mengambil inspirasi dari perjalanan Anita Saputra berikut ini.

5 Tips Mengelola Bisnis Franchise Makanan ala Holdak Crispy Chicken Indonesia

1. Rapikan manajemen dan operasional 

Menurut Anita Saputra, manajemen operasional yang baik akan mampu membantu bisnis berkembang dengan lebih baik.

Salah satu cara untuk merapikan manajemen dan operasional bisnis Anda adalah dengan memiliki standar operasi prosedur yang jelas.

Baca juga: Table Management, Rahasia Sukses Bisnis Restoran

Jadi, tips sukses pertama yang disampaikan oleh Anita adalah pastikan semua SOP sudah terstandar dengan baik karena itu sangat membantu bisnis Anda hingga jauh ke depan. 


2. Tekun dalam menjalani usaha

Tanpa adanya niat, Anda tidak akan bisa memulai apa pun. Tanpa adanya ketekunan, Anda tidak akan bisa membangun bisnis apa pun.

Menurut Anita Saputra, kita tidak akan pernah tahu bagaimana progres bisnis yang akan Anda bangun. Sebab, tidak menutup kemungkinan untuk bisnis Anda mengalami kesulitan.

Baca juga: Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Oleh karenanya, sangat diperlukan ketekunan dan semangat pantang menyerah. Kalau saat menghadapi kesulitan saja Anda sudah ingin menyerah, maka bisnis Anda tidak akan sukses.

Kini Anda bisa dengan mudah menemukan Holdak karena telah tersedia di kota-kota besar di Indonesia. 

3. Kelola ekspektasi dan siapkan mental

Semua orang harus paham kalau bisnis itu sangatlah sulit. Dengan memahami hal ini, Anda akan semakin siap untuk menelan segala pil pahit yang ditawarkan oleh dunia.

Oleh karena itu, selama menjalani bisnis Anda harus bisa kelola ekspektasi dari awal. Persiapkan mental sejak pertama kali Anda memiliki keinginan untuk berbisnis, supaya ketika mendapati kesulitan Anda tetap punya “bahan bakar” untuk terus melaju. 


4. Membuat sistem yang fair dan simpel untuk franchisee

Bagi Anda yang belum tahu, Holdak Crispy Chicken Indonesia adalah salah satu franchise yang cukup digandrungi. Melihat tingginya animo membuat Anita Saputra mempersiapkan sistem yang win-win bagi kedua belah pihak.

Salah satu cara yang ditempuh oleh Anita adalah dengan menggunakan Moka sebagai aplikasi Point of Sale karena bantu mengawasi operasional dan inventory.

Moka ini bagus banget ya karena dia punya sistem real-time online sales yang bisa kita lihat. Bukan cuma sales, bahkan inventory juga kita bisa cek, karena yang paling penting dalam semua franchise itu adalah pengawasan ya,” terang Anita Saputra.

Baca juga: Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Akurat dengan Fitur Ingredient Inventory!

Jadi, melihat segala sesuatunya secara real-time dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, franchisee jadi dapat mengontrol inventory dan sales mereka dalam waktu yang bersamaan.

Dengan demikian, Moka bukan hanya memudahkan Anita dalam mengawasi operasional seluruh franchisee, tapi juga membantu franchisee untuk menguasai operasional juga. 


5. Jangan terjebak pada pandangan “Growth VS Profitability”

Ketika ditanya mana yang lebih penting antara growth dan profitability, Anita Saputra menganggap dua hal ini layaknya ayam dan telur.

Keduanya saling berkesinambungan dan tidak bisa dilepas satu sama lain. Bagi Anita, growth itu memang penting, tapi profitability juga harus dijaga.

Download E-book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Ingat, tanpa growth Anda tidak akan bisa meraih profit yang lebih besar, namun tanpa profitability Anda akan kesulitan untuk mencapai titik growth yang diinginkan.

Nah, setelah membaca 5 tips mengelola bisnis franchise makanan ala Anita Saputra, pemiilk dari Holdak Crispy Chicken Indonesia, apakah Anda tertarik untuk membuka franchise?

Jangan sungkan untuk menerapkan tips-tips di atas agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan mampu menyasar target yang tepat.

Penting diingat, bisnis apapun yang Anda jalani, Moka siap menyukseskan bisnis Anda! Yuk, kunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut atau klik tombol di bawah ini untuk mencoba beragam layanan fitur dari Moka, gratis selama 14 hari! Tunggu apa lagi?

Coba Gratis Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia