Business Insight Focus

Hidup Lebih Sehat dengan 5 Tips Cerdas untuk Jaga Kesegaran Sayur Anda

By Himawan Pradipta on January, 18 2019
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Memiliki bisnis restoran mengharuskan Anda selaku pelaku usaha harus menjaga bahan baku dalam keadaan segar. Kesegaran bahan makanan inilah yang nantinya akan mempengaruhi kualitas hidangan di restoran Anda. Hidangan Anda nikmat disantap, semakin banyak pelanggan yang juga jauh lebih puas dengan pelayanan Anda. Jika Anda salah mengambil langkah atau menyusun strategi menyimpan bahan makanan, itu sama saja dengan mengorbankan kepuasan pelanggan di kemudian hari.

Salah satu bahan makanan yang perlu perhatian lebih adalah sayuran. Banyak jenis-jenis sayuran yang berbentuk umbi atau dedaunan yang rentan rusak dimakan udara. Tanpa perhatian ekstra, sayuran akan dengan cepat berubah menjadi layu, busuk, dan dihinggapi hewan yang mudah berkembang biak melalui udara seperti belatung. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pelaku usaha restoran untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesegaran sayuran Anda.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

 

Berikut adalah 5 tips menjaga sayuran untuk bisnis restoran Anda.

1. Simpan di tempat khusus

tips jaga sayur segarSayuran punya karakteristik yang cukup unik. Sebab, mereka butuh perlakuan yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis sayurannya. Untuk itu, sebaiknya simpan mereka di tempat-tempat khusus. Baik dengan menggunakan wadah tertutup ataupun di kompartemen khusus di kulkas.

Kalau Anda tidak sengaja mencampurkan sayuran dengan buah, maka sayuran akan lebih cepat matang dan membusuk. Hal ini disebabkan oleh gas ethylene yang dihasilkan oleh beberapa jenis buah seperti pisang dan alpukat. Oleh karena itu, sebaiknya kumpulkan sayuran bersama sayuran lainnya saja.

Baca Juga: Kelola Bahan Baku Lebih Akurat dengan Ingredient Inventory

 

2. Jaga kelembapan

tips jaga sayur segarSeperti yang diutarakan di atas, sayuran membutuhkan perlakuan khusus. Salah satu perlakuan khusus yang perlu Anda ingat adalah sayuran tidak bisa disimpan di tempat lembab. Ini artinya sayuran tidak bisa disimpan di tempat tertutup kedap udara. Betul sekali, sayuran tetap membutuhkan ruang untuk bernapas. Untuk menciptakan ruang guna sirkulasi udara, sebaiknya simpan sayuran di plastik yang diberi lubang.

 

3. Simpan dalam keadaan kering dan gunakan kertas

tips jaga sayur segar

Untuk menjaga kelembapan udara berarti juga harus menjaga tingkat kebasahan sayuran Anda. Hindari menyimpan sayuran yang masih basah langsung ke wadah. Selain itu, untuk mencegah pembusukan, simpan sayuran juga dengan kertas atau tisu dapur yang cukup tebal. Gunanya adalah untuk menyerap kelembapan berlebih.

Baca Juga: Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

 

4. Jangan cuci sayuran sebelum disimpan di lemari es

tips jaga sayur segarProses pembusukan bahan makanan segar turut dipengaruhi oleh bakteri. Sehingga, wajar kalau banyak orang yang menganggap semua bahan makanan harus dicuci bersih dari bakteri. Padahal, ini adalah kesalahan. Sebab, sayuran dan buah sudah memiliki lapisan pelindung alami yang bisa menjaga kesegarannya. Mencuci sayuran juga akan membuatnya jadi jauh lebih lembab dan mendorong pertumbuhan bakteri yang membuat proses pembusukan jadi lebih cepat.

 

5. Perhatikan suhu dari kulkas Anda

tips jaga sayur segarKulkas memang memang bisa jadi media yang tepat untuk menjaga kesegaran sayuran. Namun, kalau suhu di dalamnya terlalu rendah, kesegaran sayuran Anda justru akan cepat hilang. Beruntungnya, kulkas masa kini biasanya sudah dilengkapi dengan pengatur suhu. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot. Cukup pilih suhu yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Selain itu, bisa juga dengan meletakkan sayuran di bagian bawah kulkas yang biasanya memiliki suhu sedikit lebih tinggi.

Baca Juga: Berrywell, Makanan Sehat untuk Gaya Hidup Idaman Kaum MIlenial

Itu dia lima tips untuk menjaga kesegaran sayuran untuk bisnis restoran Anda. Tidak ketinggalan, satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan kulkas restoran Anda terjaga dengan baik. Cara menjaga kulkas restoran bisa dilakukan dengan secara rutin mengelap dinding-dindingnya agar tidak ada noda berupa cairan makanan yang membekas. Ini juga termasuk mengatur temperatur kulkas restoran Anda sesuai dengan suhu yang tepat.

Tidak hanya itu, selain memastikan penyimpanan sayuran yang baik, tentu saja dari awal Anda harus membeli sayur dengan kualitas terbaik dari supplier yang Anda percaya. Tanpa kualitas sayur yang baik, tentu tidak akan mujur pula strategi penyimpanan sayuran dalam bentuk apapun. Kalau sudah begini, hidangan jadi kurang segar, dan pelanggan kecewa.

Anda tentu tidak menginginkan ini, bukan?

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia