Moka Logo
Rahasia HEHA Sky View Jogja Ciptakan Peluang Bisnis Kekinian

Cerita Sukses

Rahasia HEHA Sky View Jogja Ciptakan Peluang Bisnis Kekinian

6 min
JordhiJordhi

Rahasia HEHA Sky View Jogja Ciptakan Peluang Bisnis Kekinian – Peluang bisnis memang bisa datang dari mana saja, termasuk juga dari yang sudah ada di lingkungan sekitar kita.

Dengan sedikit “polesan”, peluang bisnis bisa dioptimalkan untuk menghasilkan pendapatan yang tidak main-main. Apalagi jika kita cukup jeli melihat tren yang saat ini sedang berkembang. Maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis yang Anda jalani.

Hal ini berlaku juga dengan apa yang terjadi pada HEHA Sky View Jogja, sebuah restoran yang tidak hanya menyajikan makanan bagi para pengunjung tetapi juga pengalaman yang benar-benar berbeda. Bisnis ini hadir dengan konsep yang fresh dan sangat pas dengan tren masa kini: wisata selfie.

Baca juga: 9 Tips Jika Ingin Resign untuk Membangun Bisnis Online

Hal ini didukung dengan bagaimana kebiasaan orang dalam menggunakan gadget-nya terutama semenjak media sosial booming selama satu dekade terakhir.

Adalah sebuah keputusan tepat bagi tempat wisata selfie ini dalam menyajikan restoran yang bukan hanya menyajikan kuliner istimewa, tetapi juga ambiance yang sangat instagramable. Oleh karena itu, tempat ini pun dipadati oleh para pengunjung yang hobi hunting foto.


Gunungkidul jadi Surga Baru Bagi Wisatawan di Yogyakarta

heha sky view jogja - tempat wisata selfie

Awal munculnya ide untuk membangun HEHA Sky View ini karena perkembangan Gunungkidul sebagai kawasan wisata yang sangat pesat.

Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten yang memaksimalkan potensi alamnya dengan sangat baik. Terbukti dari banyaknya wisata alam yang dipadati oleh pengunjung, mulai dari pantai, gunung, hutan asri, hingga danau buatan yang semuanya dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mendatangkan banyak turis domestik maupun mancanegara.

Baca juga: 15 Pilihan Coffee Shop Jakarta Favorit Para Pelanggan

Seiring perkembangannya, infrastruktur pun semakin dibenahi pemerintah setempat, diikuti dengan sarana prasarana yang semakin mendukung, obyek wisata yang juga dipromosikan secara kreatif, membuat Gunungkidul menjadi surga bagi wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang berbeda.

Dari segi lokasi, HEHA Sky View semacam menjadi pintu gerbang Gunungkidul, karena terletak di dekat gapura besar bertuliskan “Anda Memasuki Kabupaten Gunungkidul” berada.

Tidak hanya dari segi lokasi saja, perkembangan pariwisata Gunungkidul juga didukung dengan adanya rute Yogyakarta-Bali di jalur selatan yang memudahkan orang-orang dengan tujuan ke Jawa Timur, sehingga mereka tidak harus lewat Solo.

Perkembangan-perkembangan inilah yang akhirnya mendorong owner HEHA Sky View untuk semakin yakin membangun tempat ini, dengan pertimbangan faktor pariwisata yang dimiliki Gunungkidul, jalur infrastruktur, dan pekembangan ke depannya.


Tetap Stand Out Walau Mengikuti Tren

heha sky view jogja - tempat wisata selfie

Jika Anda sedang pergi ke suatu tempat wisata, satu hal yang pasti tidak pernah absen adalah gadget yang selalu ada dalam genggaman.

Hal ini bukanlah suatu pemandangan yang mengherankan terutama bagi generasi millennial, apalagi mereka juga dikenal sebagai digital native. Ditambah dengan booming-nya media sosial satu dekade terakhir, membuat orang-orang semakin suka mengabadikan momen dengan mengunggahnya ke media sosial.

Dari sinilah muncul kecenderungan orang-orang saat mengunjungi suatu tempat. Tidak hanya melihat dari segi fungsinya saja, estetika dari suatu tempat juga memegang peran penting dalam menarik pelanggan untuk datang ke suatu tempat. Hal ini juga yang menjadi dasar lahirnya HEHA Sky View Jogja dengan konsep seperti sekarang ini.

Restoran dan tempat wisata ini tidak hanya menghadirkan tempat makan dengan menu-menu unggulan, tetapi juga betul-betul mempertimbangkan konsep tempat yang bisa menghasilkan foto yang bagus.

Tidak heran jika bisnis ini bisa dianggap sangat matang dalam menentukan konsep dari mulai tata cahaya hingga furnitur yang digunakan. Menurut sang owner, hal-hal tersebut dianggap memiliki nilai jual tersendiri.

Lebih totalitas lagi, HEHA Sky View juga menggunakan furnitur yang dibuat secara custom. Hal ini semakin menguatkan karakter yang tidak bisa ditemukan pada restoran di Yogyakarta lainnya. Sementara untuk tema yang diambil mengusung konsep tropical industry.

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Hal ini dapat dilihat dari bagian lobby yang kuat dengan tema industrial dengan meniadakan plafon, menggunakan lampu gantung dan frame kaca berukuran besar.

Di sisi lainnya, tempat ini menghidupkan konsep tropical yang dikuatkan dengan mural-mural yang tentunya sangat instagramable bagi para pengunjung.

Untuk membuat konsep yang sedemikian rupa ini, HEHA Sky View Jogja bekerja sama dengan ahlinya yaitu arsitek khusus yang bertanggung jawab untuk desain interior dan eksterior, serta menyamakannya dengan visi dari owner.


Tantangan Selama Menjalani Bisnis HEHA Sky View

heha sky view jogja - tempat wisata selfie

Dengan konsep yang matang, tidak heran jika banyak orang tertarik untuk berkunung ke HEHA Sky View Jogja. Faktor kedua yang membuat tempat ini booming adalah karena tempat wisata selfie ini merupakan satu-satunya tempat di Jogja yang bisa menyajikan pemandangan yang hampir 360 derajat.

Di sini, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit, pemandangan kota Jogja bahkan hutan-hutan yang masih asri.

Setiap sudut juga bisa jadi obyek foto yang sangat luar biasa bagi para pengunjung. Melihat fasilitas yang disediakan dan pemandangan yang disajikan, sangat wajar jika HEHA Sky View Jogja langsung booming dan menjadi primadona di kalangan millennial.

Baca juga: Lepas Penat di 13 Coffee Shop Jogja Paling Nyaman

Ya, setiap bisnis pasti memiliki tantangannya masing-masing. Mengingat HEHA Sky View Jogja bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan, tantangan yang harus dihadapi tentu saja ada pada hospitality yang diberikan kepada setiap pengunjung.

Untuk itu HEHA Sky View ini melibatkan masayarakat sekitar dalam menjalankan bisnis ini. Hal yang dilakukan pertama kali untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengedukasi masyarakat sekitar.

HEHA Sky View sendiri telah melakukan training dan pemberdayaan sumber daya manusia untuk memastikan mereka juga mendapatkan manfaat dari adanya obyek wisata anyar ini.

Selain itu, HEHA Sky View juga menganggap bahwa untuk mengajak orang untuk datang ke Gunungkidul untuk makan di restorannya merupakan tantangan tersendiri.

“Kalau sekadar selfie bisa di mana aja ya, tapi untuk makan di restoran kita itu tantangan tersendiri. Harus punya produk yang bagus, dan rasa yang enak,” ujar manager HEHA Sky View Jogja.

HEHA Sky View pun tidak hanya mengandalkan nilai-nilai alamiah yang ada di sekitar saja dalam menarik pelanggan. Lewat restorannya, tempat ini berusaha menghadirkan produk-produk unggulan seperti makanan-makanan Asia dan Western yang disajikan dengan cita rasa yang lezat. Misalnya seperti steak yang terbuat daging wagyu dari Austalia.

Namun, restoran ini juga mengangkat kearifan lokal Gunungkidul dalam salah satu menunya, yaitu Bakmi Patuk. Penamaan resep unggulan ini juga tidak diubah untuk mengangkat kearifan lokal sehingga tetap menarik bagi pelanggan.


Gebrakan Baru ke Depan

Pihak manajemen memang mengungkapkan adanya rencana untuk mengembangkan HEHA Sky View lebih dari sekadar restoran, yaitu dengan menambahkan fasilitas lain seperti guest house atau penginapan.

Namun, sejauh ini belum ada langkah konkrit untuk mewujudkannya selama belum ada izin resmi dari pihak-pihak terkait. Berdirinya HEHA Sky View Jogja pun melalui proses yang panjang. Perizinannya sudah mulai diurus sejak 2015 dan baru mulai pembangunan di akhir 2017, dan baru dibuka sejak dua bulan yang lalu.

Baca juga: 9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Prinsip untuk selalu taat dengan izin inilah yang selalu dibawa HEHA Sky View Jogja dalam berbisnis. Untuk itu, jika akan membangun resort, cottage, atau apa pun, selama tidak memiliki izin atau masih dalam proses mengurus izin, eksekusi pembangunan pun belum dilakukan.

Walau demikian, dari pihak manajemen memang sudah ada rencana untuk ke arah sana, namun bukan dalam waktu dekat.

Hal ini mungkin sangat terjadi karena HEHA Sky View disambut dengan sangat positif oleh masyarakat. Buktinya sejak pertama kali buka sejak dua bulan yang lalu, sudah tercatat 40 persen pengunjung datang dari luar kota.


Bagaimana Moka Mendukung Bisnis HEHA Sky View

heha sky view jogja - tempat wisata selfie

Seperti yang Anda tahu, Moka merupakan aplikasi kasir digital terdepan di Indonesia. HEA Sky View juga merupakan salah satu bisnis yang mengandalkan Moka untuk mempermudah operasional.

Salah satu alasan mengapa akhirnya Moka dipilih untuk menjadi partner bisnis adalah sistem cloud yang digunakan Moka dapat beradaptasi dengan baik di wilayah terpencil, dan HEHA Sky View sangat terbantu dengan ini.

Sistem cloud ini memudahkan tempat wisata selfie ini, dengan pelayanan di lantai tiga, dan posisi dapur yang beradai di bawah, Moka memudahkan tempat wisata iniuntuk melakukan print order dari lantai tiga ke dapur sehingga HEHA Sky View hanya tinggal fokus pada kecepatan internet yang digunakan untuk mendukung sistem yang sudah mereka gunakan ini.

Baca juga: Table Management, Rahasia Sukses Bisnis Restoran

Awal mengetahui tentang Moka berawal dari HEHA Sky View yang mengundang berbagai layanan untuk melakukan presentasi. Di akhir, Moka lah yang dilihat memiliki sistem yang paling mumpuni dibandingkan program lainnya.

Untuk membantu bisnisnya, restoran dan tempat wisata ini menggunakan fitur POS, table management, dan juga ingredients inventory. Selain dapat membantu tempat wisata ini untuk kebutuhan kasir, Moka juga membantu mengoptimalkan seluruh meja yang ada di restoran terutama di jam-jam sibuk.

Misalnya ada sepasang kekasih yang datang berkunjung untuk makan di HEHA Sky View, dengan Table Management, karyawan di sana akan memberikan rekomendasi tempat duduk untuk dua orang, dan tempat duduk untuk empat orang bisa digunakan untuk pengunjung lainnya yang datang dengan jumlah pengunjung yang sesuai dengan meja yang ada.

Dengan begini penggunaan meja dapat lebih efisien baik untuk pengunjung dan juga untuk bisnis itu sendiri.

Baca juga: Es Teler Penuh Nostalgia ala Rumah Makan Murni 83

Dengan Moka, tempat wisata ini juga merasakan kemudahan dengan laporan keuangan yang tercatat dengan baik. Dengan demikian, mereka pun menggunakan laporan backoffice dan menjadikannya acuan untuk menentukan strategi ke depan.

Bahkan ke depannya, tempat wisata selfie ini berniat untuk menambahkan unit yang sebelumnya menggunakan aplikasi di stasiun ada satu dan di kasir ada satu menjadi menjadi di setiap lantai ada sebagai antisipasi saat sedang ramai pengunjung. Hal ini tentu akan membuat waktu input, proses makanan hingga sampai ke meja pelanggan menjadi lebih efisien.

Ya, restoran dan tempat wisata selfie ini memang baru dua bulan hadir mewarnai pariwisata Yogyakarta. Namun, kehadirannya sudah memberikan banyak inspirasi baik dalam hal pengelolaan lingkungan sekitar bahkan hingga ke penyerapan sumber daya manusia yang dilakukan di daerah sekitar bisnis ini dibangun.

Baca juga: Popoluca The Label, Brand Lokal yang Dobrak Pasar Fashion Nasional

Satu hal yang perlu diingat, dalam bisnis yang berkaitan dengan bidang ini, pelayanan maupun hospitality menjadi modal utama yang wajib dipikirkan secara matang.

Sekarang, bagaimana dengan Anda? Berniat untuk terjun dalam bisnis di bidang ini seperti HEHA Sky View? Apa pun usaha Anda, percayakan Moka untuk membantu Anda mengatur urusan finansial bisnis Anda.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka