Business Insight service

Hadir sebagai Solusi Bisnis Layanan Profesional Anda, Moka Tawarkan 5 Fitur Premium Ini

By Himawan Pradipta on December, 11 2018
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Seiring berkembangnya teknologi, para pelaku usaha tentu harus semakin cerdas memanfaatkan aplikasi mana yang bisa menunjang performa bisnis mereka. Kemampuan memilih aplikasi yang satu dengan yang lainnya tentu menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis yang mereka geluti. Jika sampai salah langkah, tentu ini akan berdampak langsung pada kebertahanan bisnis itu sendiri.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Meningkatkan Pendapatan Bisnis lewat Waralaba

Itulah mengapa pengambilan keputusan menjadi krusial bagi bisnis yang khususnya menjual layanan atau jasa sebagai “produk” utamanya, tidak terkecuali layanan profesional. Bentuk produknya yang abstrak atau tidak berwujud ini tentu memerlukan perlakuan khusus agar bisnis layanan profesional bisa berkembang dengan sama baik dan sama cepatnya dengan bisnis yang menjual produk berwujud.

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Untuk menghindari semua masalah dan kendala yang muncul dalam mengoperasikan bisnis layanan profesional, Moka hadir sebagai satu dari banyak solusinya. Moka menawarkan setidaknya lima fitur utama yang bisa menjadi pemecah masalah bagi bisnis layanan profesional Anda.

Baca Juga: 6 Strategi Cerdas Tingkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Kelima fitur tersebut mencakup:

  1. Pertahankan pelanggan setia dengan CRM Pro
  2. Cetak atau kirim struk pembayaran lewat SMS
  3. Kelola pembayaran di kemudian hari dengan Invoice Payment
  4. Lacak pergerakan kas dengan Cash Management
  5. Buat promosi lebih mudah dengan Promo Program

Mari kita bahas lebih rinci.

 

1. Pertahankan pelanggan setia dengan CRM Pro

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Salah satu kunci keberhasilan bisnis layanan profesional adalah pelanggan setianya. Tanpa pelanggan setia, bisnis layanan profesional Anda akan sulit meraih citra positif. Salah satu bentuk upaya untuk meraih citra positif dari pelanggan adalah dengan membuat program loyalitas. Anda bisa mengelola jumlah poin atau reward yang akan diberikan kepada pelanggan untuk kemudian mereka tebus dengan berbagai keuntungan.

Baca Juga: Fitur Terbaru dari Moka: Loyalty Program!

Dengan Moka, Anda tidak hanya bisa membuat program loyalitas dengan menentukan berapa banyak jumlah poin yang mereka dapatkan setelah kunjungan ke sekian. Anda juga bisa memantau laporan pengeluaran yang dihabiskan pelanggan dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam sebulan, tiga bulan, atau setahun. Dengan laporan yang komprehensif ini, Anda bisa memprediksi jumlah repeat customer untuk meningkatkan pendapatan Anda. Lebihnya lagi, Anda bisa menentukan perlakuan seperti apa yang paling cocok untuk pelanggan Anda berdasarkan kebiasaan membeli mereka.

 

2. Cetak atau kirim struk pembayaran lewat SMS

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Seberapa sering Anda mengalami kesulitan saat mencetak receipt atau struk pembayaran untuk pelanggan Anda? Berbagai masalah yang kerap terdengar adalah mesin kasirnya macet atau sinyal internet yang buruk. Masalah-masalah ini tentu akan memperlambat proses pembayaran dan membuat pelanggan menunggu terlalu lama, sementara mereka mungkin punya urusan lain yang harus segera dikerjakan di tempat lain.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Pertahankan Pelanggan Setia Anda

Moka sadar betul akan masalah ini, dan solusi yang ditawarkannya adalah Moka bisa mengirim struk pembayaran melalui SMS. Anda cukup perlu menyimpan nomor pelanggan Anda di database, dan sistem Moka akan secara otomatis mengintegrasikan nomor tersebut dengan nama pelanggan setia Anda untuk dikirimkan pesan singkat. Selain menghemat kertas (yang biasanya juga langsung dibuang oleh pelanggan ke tempat sampah), proses pengiriman struk pembayaran lewat SMS ini membuat proses transaksi menjadi lebih aman. Pelanggan tidak perlu repot mencari-cari kertas struk di dompetnya yang berantakan, dan hanya dengan mencari SMS dari Moka terkait kunjungannya ke tempat Anda di tanggal tertentu.

 

3. Kelola pembayaran di kemudian hari dengan Invoice Payment

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Pernahkah pelanggan Anda tidak membawa cukup uang saat hendak membayar? Atau bahkan, lebih parah, tidak membawa uang sama sekali? Untuk bisnis layanan profesional seperti fotokopi, jumlah pengeluaran pelanggan biasanya relatif kecil, seperti 150 rupiah atau 1500 rupiah. Ketika kasus seperti ini, seringkali Anda sebagai pelaku usaha juga merasa menyayangkan ketika harus mengembalikan uang pelanggan yang nominalnya terlalu besar. Namun begitu, kini Anda tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga: Tips Rahasia Sukses Kelola Keuangan untuk Bisnis UMKM

Dengan Moka, Anda bisa mencatat transaksi yang tidak dapat dibayar pada saat pembelian berlangsung karena berbagai faktor. Anda juga bisa membuatkan invoice bagi pelanggan yang tidak bisa membayar saat itu untuk dibayar kemudian. Ia hanya perlu menyerahkan invoice-nya saat ingin membayar dan baru bisa membayar hutangnya di hari sebelumnya. Pemanfaatan “rain check” semacam ini tentu akan berguna jika Anda tidak ingin kehilangan jejak pembayaran dari pelanggan yang belum bisa membayar pada saat itu juga.

 

4. Lacak pergerakan kas dengan Cash Management

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Memiliki bisnis layanan profesional yang menjual jasa atau layanan sebagai produk utamanya, tentu menjadi tantangan tersendiri ketika bicara soal pergerakan kas. Melanjutkan poin sebelumnya, terkadang ada pelanggan yang tidak bisa membayar saat itu juga, tetapi ada pula yang membayar dengan uang yang nominalnya jauh lebih besar dibandingkan nominal yang seharusnya ia berikan. Tentu saja, situasi seperti itu akan membuat pemantauan pergerakan kas yang masuk dan keluar menjadi menyulitkan.

Baca Juga: 5 Alasan Perkasiran adalah Kunci Sukses untuk Bisnis Restoran Anda

Namun begitu, dengan fitur Cash Management dari Moka, Anda bisa melacak arus kas di usaha Anda dengan lebih transparan. Anda juga bisa mengetahui berapa seharusnya jumlah uang yang ada di mesin kasir Anda tanpa harus mengira-ngira. Dengan laporan yang jelas dan menyeluruh, Anda tidak hanya bisa melacak seberapa banyak uang yang Anda miliki di dalam mesin kasir, tetapi juga menghindari risiko kecurangan atau insiden karyawan Anda mengambil uang di dalam mesin kasir secara diam-diam.

 

5. Buat promosi lebih mudah dengan Promo Program

aplikasi kasir untuk bisnis layanan profesional

Sama halnya dengan pelanggan, program promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis layanan profesional. Dengan promosi, Anda tidak hanya bisa menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, tetapi juga Anda membuka ruang belajar untuk mengetahui karakteristik pembeli Anda terhadap jenis layanan yang Anda tawarkan. Misalnya, jika usaha Anda bergerak di bidang percetakan, dan Anda sedang memasang program promo “Cetak A4 2 Gratis A3 1,” lalu banyak pelanggan yang tertarik dengan program tersebut, maka Anda belajar satu hal. Pelanggan Anda banyak yang ingin mencetak kertas berukuran A4 atau A3, mungkin bukan hanya karena itu kebutuhan mereka, melainkan karena sedang ada promo tersebut.

Dengan Promo Program dari Moka, Anda bisa membuat berbagai jenis promosi dengan kurun waktu yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin membuat promosi “Beli X Gratis Y” yang berlaku hanya dari pukul 7 pagi hingga 11 pagi di hari yang sama, Anda bisa dengan mudah melakukannya di aplikasi Moka. Kemudahan ini tentu memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan kesadaran pelanggan akan keuntungan yang usaha Anda tawarkan.

Baca Juga: Naikkan Pendapatan dengan 5 Ide Promo Terlaris saat Single's Day

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia