Business Insight Product Knowledge

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Employee Management untuk Melindungi Data Usaha Anda

By Sintia Astarina on September, 16 2021
Sintia Astarina

Salah satu risiko bisnis yang perlu Anda waspadai adalah kecurangan pegawai. Hal ini pun bisa berhubungan dengan laporan keuangan atau data penting usaha lainnya.

Namun jangan khawatir, kami tak bosan-bosannya untuk mengajak Anda menjaga usaha lewat Panduan JAGA. JAGA merupakan rangkuman pengetahuan guna menghindari penipuan, yang telah dipersiapkan Moka dan Gojek. Kepanjangan JAGA ialah ...

J : Jangan bertransaksi atau memberi otorisasi di luar channel resmi Moka.

A : Amankan data usaha & pribadi, seperti kode OTP, kartu ATM/debit/kredit, CVV, PIN, dan lainnya.

G : Gunakan Fitur Employee Management

A : Adukan hal mencurigakan dengan menghubungi call center resmi Moka di nomor 1500970 atau support@mokapos.com.

Setelah mengetahui poin J dan poin A yang pertama, yuk kita ulik lebih lanjut mengenai poin J yang berhubungan dengan karyawan. Begini gambarannya.

Anda adalah seorang pemilik warung bakso yang belum lama ini membuka cabang baru. Semakin hari, transaksi semakin bertambah banyak. Untuk memenuhi pesanan pelanggan, Anda pun merekrut beberapa karyawan. Tantangannya, sebagai pemilik bisnis, kesibukan membuat Anda tidak bisa mengurus banyak cabang dan banyak karyawan sekaligus.Salah satu risiko bisnis yang dapat terjadi ialah kelalaian karyawan yang dengan sengaja/tidak sengaja membocorkan data usaha kepada kompetitor.

Untungnya, Anda sudah paham mengenai pentingnya memiliki sistem keamanan usaha yang kuat dan terpercaya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, selain menerapkan Prosedur Standar Operasi (SOP) Karyawan, Anda juga menggunakan fitur Employee Management dari Moka. Apa itu fitur Employee Management?

Employee Management adalah aplikasi manajemen karyawan yang akan membantu setiap pemilik bisnis untuk bisa memantau operasional usaha dengan sistem yang lebih aman. Fitur ini bisa Anda manfaatkan jika berlangganan aplikasi Moka.


Kegunaan Fitur Employee Management

training karyawan - Karakter Pengusaha Sukses - gaji karyawan - akuntabilitas adalah

1. Anda bisa mengamankan data penting dengan PIN

Data usaha adalah data sensitif. Apabila Anda memiliki banyak cabang dan banyak karyawan sekaligus, Anda bisa membatasi akses kepada karyawan tertentu saja agar data-data penting usaha tetap aman. Misalnya, hanya Anda dan manajer saja yang memiliki akses penuh untuk dapat melihat/mengubah data usaha. Berikut adalah beberapa hal yang lebih terjamin keamanannya dengan menggunakan PIN: 

  • Edit/delete bill yang belum dibayar
  • Saat mengakses halaman History Transaction/Activity Page
  • Pemberian diskon
  • Akses untuk melihat History Bill yang telah dihapus oleh karyawan/staff
  • Pemberian akses ke halaman tertentu untuk karyawan/staff

2. Memperoleh laporan kinerja dari banyak cabang

Karena sudah berbasis cloud, aplikasi Moka beserta fitur Employee Management bisa diakses secara real-time, kapan saja dan di mana saja. Fitur ini akan membantu Anda untuk bisa melihat kinerja karyawan dari berbagai cabang berbeda.

3. Menghindari penipuan dari tim internal

Fitur Employee Management ini akan memudahkan Anda untuk membuat jadwal shift karyawan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kapan jadwal kerja tiap-tiap karyawan Anda. Apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan, pertanggungjawabannya pun akan lebih akurat.

4. Membuat penilaian kinerja karyawan

Fitur Employee Management juga dapat memberikan laporan shift karyawan yang komprehensif. Apabila Anda berencana untuk membuat laporan penilaian kinerja karyawan, semua akan terasa lebih praktis dengan fitur ini!

Yuk, jangan sampai ada hal-hal tak diinginkan terjadi pada usaha Anda! JAGA usaha Anda dengan pakai Moka agar Anda tetap dapat #MajuDenganPasti dan #AmanBersamaGojek, ya!

Info Lengkap Panduan JAGA

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia