Inspiration

Yuk, Jalani Gaya Hidup Pebisnis Sehat dengan Wellness Tracker!

By Samina Sharanani on May, 19 2020
Samina Sharanani

A word crafter

Yuk, Jalani Gaya Hidup Pebisnis Sehat dengan Wellness Tracker! - Tidak hanya kestabilan usaha saja yang perlu dijaga, tapi kesehatan tubuh sendiri justru jauh lebih penting untuk diperhatikan.

Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa lebih fokus dalam melaksanakan bisnis Anda. Memiliki gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk menjaga pikiran dan badan tetap fit.

Di tengah pandemi yang cukup meresahkan ini, penting untuk menjaga kesehatan dan pikiran Anda agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Namun, memulai kadang terasa sulit dan terlihat tidak realistis. Maka dari itu, sebelum memulai gaya hidup sehat, Anda bisa coba gunakan Wellness Tracker.

Baca juga: 13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona


Hidup Sehat dengan Wellness Tracker

olahraga - workout - wellness tracker 4

Wellness Tracker adalah catatan untuk memantau seperti apa gaya hidup Anda saat ini. Catatan ini akan membantu Anda mendeteksi bagaimana Anda menjalani hari-hari Anda selama ini dan membantu Anda melihat apa yang bisa Anda kembangkan dari pola hidup Anda.

Dengan catatan ini, Anda jadi belajar lebih jujur dengan diri sendiri dan mengetahui bagaimana cara mengatasi diri sendiri dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa menemukan titik awal hidup sehat yang sesuai dengan kapasitas diri Anda dan bisa meningkatkan kebiasaan dan gaya hidup Anda jadi lebih sehat.

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan Supaya Efektif

Maka dari itu, jangan jadikan cara ini sebagai sumber stress karena berbagai goals tertentu ya! Niatkan awal Anda untuk melacak dan mengontrol perlahan gaya hidup Anda, cari tahu aspek mana yang perlu diperbaiki, dan cara apa yang terbaik untuk merawat tubuh dan mental Anda. Lalu, kegiatan harian apa saja yang harus Anda masukkan dalam Wellness Tracker? Yuk simak poin-poin berikut!


Catat Hal-hal Ini Di Wellness Tracker Anda

tidur - istirahat yang cukup

1. Pola Tidur

Cara paling tepat dalam mendapat energi untuk kegiatan sehari-hari adalah dengan istirahat tidur. Maka dari itu, penting untuk menjaga kualitas tidur Anda setiap harinya. Supaya badan tetap bugar dan pikiran jernih, Anda perlu tidur setidaknya selama 7,5 sampai 8 jam per harinya.

Baca juga: 12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

Jika kegiatan Anda padat, mulailah untuk menambah jam tidur Anda secara perlahan. Catatlah berapa lama Anda tidur setiap harinya, pantau perkembangannya agar Anda tetap bisa meningkatkan kualitas tidur dengan tenang dan sesuai kapasitas diri Anda.

2. Intensitas Olahraga

Menggerakkan badan Anda dapat membuat mood lebih baik, stamina meningkat, dan pencernaan jadi lebih sehat. Targetkan setidaknya olahraga sebanyak 4 s/d 5 kali selama seminggu dengan 30 s/d 45 menit setiap sesinya.

Agar tidak bosan, buatlah sesi olahraga yang variatif untuk kekuatan tubuh dan gerakan aerobik. Anda bisa lakukan jalan atau lari pagi di sekitar rumah Anda, zumba, yoga, pilates, tari, dan macam-macam rutinitas olahraga lainnya yang bisa dilakukan selama kerja di rumah.

Baca juga: Hidup Lebih Sehat dengan 5 Tips Cerdas untuk Jaga Kesegaran Sayur Anda

Buatlah sesi ini senyaman mungkin dan lakukan sesuai dengan kapasitas fisik Anda. Setelah itu, catat olahraga apa yang Anda lakukan dan berapa lama setiap harinya.

3. Waktu Istirahat

Sesibuk apapun jadwal kerja Anda luangkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktivitas Anda. Istirahat singkat selama 5-10 menit di tengah kesibukan dapat mengurangi stres meningkatkan kebahagiaan Anda. Keluarlah dari meja kerja Anda, tarik nafas, lakukan stretching atau meditasi untuk menyegarkan kembali badan Anda. Catat berapa kali dan berapa lama Anda istirahat.

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Hal ini akan membantu melacak pola kerja tubuh dan penyesuaian dengan situasi. Agar Anda tidak lupa, buatlah alarm dan timer untuk pengingat waktu istirahat.

4. Konsumsi Air Putih

Minum air putih yang banyak membantu menyegarkan tubuh Anda. Cari tahu kadar kebutuhan air putih dalam sehari sesuai dengan berat badan dan aktivitas Anda. Hitung perkiraan kebutuhan air putih per hari Anda dengan jumlah berat badan dalam kilogram dibagi 30.

Baca juga: Michelle’s Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

Jika berat badan Anda 60kg, maka Anda butuh air putih sekitar 60/30 atau 2 liter per harinya. Untuk memudahkan pengukuran konsumsi air putih, Anda bisa gunakan gelas atau botol yang menyantumkan takaran mililiternya. Catatlah berapa kali dan berapa banyak Anda minum dalam sehari.

5. Hiburan

Hiburan juga kebutuhan krusial untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Luangkan waktu untuk kegiatan bebas maupun bersenang-senang. Jika pandemi sudah selesai dan keadaan di luar sudah pulih total, Anda juga bisa melakukan kegiatan outdoor seperti piknik, jalan-jalan ke taman rekreasi, berkunjung ke museum, dan lain sebagainya.

Namun, untuk saat ini, carilah hiburan yang bisa dilaksanakan di rumah saja ya. Anda bisa bercakap virtual dengan teman, membaca buku favorit, membuat sesi karaoke di rumah, dan hal-hal menyenangkan lainnya sesuai selera dan kapasitas Anda.

Baca juga: Naturesmarket Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Sehat Lewat Produk Organik

Jadwalkan waktu tetap untuk hiburan penuh ini paling tidak dua kali setiap minggu. Catat kegiatan apa yang Anda lakukan dan tulis juga berapa lamanya.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu poin penting yang perlu dilakukan dalam menjalani hidup sehat adalah konsumsi buah dan sayur. Asupan buah dan sayur yang rutin akan menyehatkan badan dan pikiran Anda. Jumlah asupan per hari yang direkomendasikan untuk sayur adalah lebih dari empat sajian per harinya, sedangkan buah-buahan sebanyak lebih dari tiga sajian per harinya.

Namun, jangan terlalu khawatir berpatokan dengan angka-angka tersebut, jalani senyaman dan semampu diri Anda, bangunlah kebiasaan hidup sehat secara perlahan. Karena tujuan utama dalam menggunakan Wellness Tracker ini adalah membangun kebiasaan baik secara perlahan sambil mengenal diri Anda sendiri.

7. Ketahui Diri Sendiri Lebih Baik

Selain perlahan mengontrol pola hidup sehat, dengan Wellness Tracker Anda juga jadi kenal dengan diri sendiri lebih baik.

Dengan tercatatnya kegiatan sehari-hari, Anda bisa melihat kebiasaan, cara Anda mengatasi stres, berapa lama waktu produktif atau waktu istirahat Anda, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang Anda sukai seperti hobi menonton film, membaca buku, mendengarkan dan memainkan musik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

Pengetahuan ini akan membantu Anda mendisiplinkan diri dalam menjalani pola hidup sehat, baik sehat secara fisik maupun mental

Maka dari itu, penting untuk menentukan goals-goals tertentu setiap harinya agar badan dan batin tetap fit, dapat fokus untuk menjalani bisnis maupun kehidupan sehari-hari.

Mulailah hal tersebut secara perlahan. Jika Anda sudah terbiasa, rutinitas ini bisa Anda tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Nikmati prosesnya dan rasakan dampak positifnya selama percobaan.

Kesehatan yang baik akan menghasilkan disiplin diri yang baik, kegiatan sehari-hari Anda pun bisa berjalan dengan baik, nyaman, dan seimbang.

Selain membantu dalam mencatat dan menyusun strategi bisnis Anda, Moka kali ini hadir juga untuk membantu Anda membangun gaya hidup sehat sembari menjalani bisnis. Yuk, download Wellness Tracker dari Moka di sini dan mulai hidup sehat dari sekarang!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia