Business Insight

Front of House adalah Kunci Sukses Bisnis Restoran, Ini Tipsnya

By Jordhi Farhansyah on April, 10 2022
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Front of house adalah bagian dari restoran selain back of house (BoH). Menata front of house (FoH) menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis restoran Anda. 

Melalui artikel ini, Anda akan memahami apa itu front of house dan kenapa bagian ini jadi penting untuk diperhatikan ketika Anda membuka sebuah usaha restoran.


Pengertian Front of House adalah Sebagai Berikut

Front of house adalah wilayah kerja yang menangani berbagai fasilitas yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Sederhananya, front of house adalah bagian dari keramahtamahan atau hospitality. Dalam bisnis restoran misalnya, front of house terdiri dari dining room, bar, susunan tempat duduk, kamar mandi, dan kasir.

Dalam praktiknya, front of house jadi kunci sukses dari sebuah bisnis. Hal tersebut karena wilayah kerja FoH yang baik akan memberikan impresi yang baik pula terhadap konsumen.

Akhirnya terjadilah loyalty atau retensi konsumen. Bisnis Anda pun mendapatkan citra positif di mata konsumen.

Baca juga: Back of House adalah: Penjelasan dan Pentingnya di Bisnis Restoran 


Fungsi dan Peran Front of House

Front of House adalah 3

Adapun fungsi dan peran front of house adalah sebagai berikut: 

  • Memastikan setiap kebutuhan konsumen terpenuhi baik kebutuhan langsung seperti sendok, garpu, dan lap dan kebutuhan tidak langsung seperti fasilitas untuk bayi dan toilet yang bersih.
  • Menerima dan memastikan pemesanan baik pemesanan langsung, telepon, drive-thru, maupun online.
  • Mengantar konsumen ke meja mereka dan menyediakan menu.
  • Menerima dan menginformasikan kepada staf terkait pesanan.
  • Membersihkan lingkungan front of house.
  • Memastikan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan.
  • Menerima masukan dan keluhan konsumen sekaligus membuat laporan lapangan.

Siapa Saja yang Bekerja di Bagian Front of House?

Front of House adalah 2

Pekerja yang menjadi bagian dari front of house adalah orang-orang yang berinteraksi langsung dengan konsumen seperti  waiters atau pramusaji, host dan hostess, food runner, bartenders, dan cleaning service dan kasir.

Namun satu hal yang perlu diingat, seorang general manager juga memiliki peran kerja pada bagian FoH. Mengapa demikian?

Pertama, seorang general manager bertugas memastikan bahwa orang-orang yang bekerja di FoH berada di waktu yang tepat.

Kedua, seorang general manager juga ikut berperan dalam melakukan pengembangan karyawan FoH seperti pelatihan dan pengarahan.

Tugas lainnya yang tidak kalah penting seorang general manager turut mengatur menu, suasana restoran, dan juga promosi yang secara langsung mempengaruhi engagement konsumen.

Baca juga: Perlukah Standardisasi Menu Restoran? Baca 5 Alasannya Berikut Ini 


Hal yang Perlu Diperhatikan di Front of House

Front of House adalah 4

Membangun lingkungan berkualitas di front of house adalah adalah hal yang membutuhkan kepemimpinan yang kuat, detail, serta penggunaan teknologi yang tepat.

Berikut beberapa yang perlu diperhatikan untuk membangun bagian kerja Front of House.

1. Pastikan Rencana Kerja Disusun dengan Detail

Pada bisnis pelayanan termasuk restoran, memastikan alur kerja mulai dari konsumen memesan hingga pesanan diterima adalah hal wajib.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan kesan dan pengalaman konsumen yang baik.

Buat lah alur kerja mulai dari bagaimana cara konsumen memesan, pilihan pembayaran, lokasi toilet, tata letak meja, menu pada waktu tertentu, bahkan proses pengembalian pesanan apabila terjadi kesalahan.

2. Buat Program Pelatihan Kerja Karyawan

Lingkungan front of house yang baik dibangun oleh kemampuan kerja karyawan yang baik pula. Untuk itu, Anda wajib mengadakan program pelatihan kerja bagi karyawan FoH.

Selain memberikan skill dan pengetahuan, program pelatihan juga ditujukan agar setiap karyawan memiliki standar kerja yang sama. 

Salah satu program yang penting untuk diadakan adalah pelatihan hospitality, pemahaman terhadap bisnis restoran, pelayanan pelanggan, hingga penggunaan teknologi seperti sistem aplikasi POS.

3. Briefing Rutin Sebelum Shift Kerja

Komunikasi yang efektif juga jadi kunci untuk menciptakan front of house yang baik salah satunya melalui arahan singkat atau briefing sebelum shift kerja.

Pastikan setiap karyawan yang bekerja di front of house memahami standar kerja, menu spesial yang disajikan, konsumen VIP, serta masalah-masalah lainnya yang menjadi perhatian saat kerja nanti.

4. Gunakan Teknologi Sistem POS yang Terintegrasi

Hal teknis lainnya yang tidak kalah penting dalam membangun lingkungan front of house  yang baik adalah dengan menggunakan teknologi POS atau Point of Sale.

Saat ini aplikasi POS menjadi teknologi wajib yang digunakan apabila Anda sedang menjalankan usaha makanan atau restoran karena mampu meningkatkan efisiensi aktivitas operasional bisnis Anda terutama bagian front of house.

Baca juga: Perbedaan KOL dan Influencer adalah: Keahlian dan Karakter Followers 


Melalui aplikasi POS, Anda bisa memantau dan mengelola aktivitas transaksi secara otomatis. Data yang disajikan pun lebih komprehensif dibanding sistem kasir konvensional dan mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda saat ini.

Di Indonesia, Moka POS jadi aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh para pelaku usaha terutama di bidang makanan.

Moka POS memiliki beberapa fitur di antaranya manajemen pesanan, pembayaran digital, manajemen beja, hingga Loyalty Program yang mampu meningkatkan kualitas front of house bisnis Anda.

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda






Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia