E-Book

Free E-book: Fotografi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online

By Samina Sharanani on June, 23 2020
Samina Sharanani

A word crafter

Free E-book: Fotografi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online - Fotografi produk merupakan salah satu hal yang perlu Anda prioritaskan dalam membangun bisnis online shop. Dengan fotografi produk yang maksimal, Anda dapat membangun citra profesional atas bisnis online shop.

Namun sayang, masih banyak pebisnis yang merasa bahwa foto produk atau jasa yang bagus haruslah menggunakan kamera yang canggih atau menyewa fotografer profesional untuk hasil yang maksimal. Untuk diketahui, sebenarnya, hanya dengan menggunakan kamera smartphone saja, pebisnis pun bisa menghasilkan foto yang keren, lho!

Sebelum mengetahui beberapa tips dan trik untuk fotografi produk dan jasa untuk bisnis online Anda, yuk cari tahu lebih dahulu mengapa fotografi produk penting untuk bisnis.

Kenapa Fotografi Produk Penting untuk Bisnis?

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - kebab

1. Mengenalkan produk dengan efektif

Foto produk Anda adalah media pertama yang akan dilihat calon pelanggan ketika belanja online. Jadikanlah foto sebagai media untuk menampilkan produk Anda dengan baik, perlihatkan juga ciri khas brand online shop Anda melalui fotografi produk dan jasa ini. 

2. Representasi utama perusahaan

Fotografi produk memang terkesan mudah dan tidak perlu ada dalam budget Anda. Namun, perlu diingat bahwa foto yang Anda gunakan akan menentukan citra perusahaan Anda. Foto yang bagus akan membuat calon pelanggan untuk yakin akan kualitas online shop Anda. 

3. Aset serbaguna

Foto merupakan bagian krusial dari konten web maupun media sosial. Dengan memiliki koleksi foto produk yang bagus, Anda jadi punya aset untuk promosi produk baik secara online maupun offline. Maka dari itu, investasi fotografi produk dan jasa yang baik akan menunjang usaha marketing Anda. Gunakan jasa profesional atau pelajari teknik profesional agar foto Anda memiliki hasil yang terbaik, hanya apabila Anda memiliki anggaran khusus.

4. Bisnis online shop jadi mudah ditemukan

Jika bisnis Anda punya halaman web resmi, pasti sudah tidak asing dengan SEO. Selain kata-kata, gambar juga termasuk elemen dari SEO. Foto yang dioptimalisasi akan membantu online shop Anda muncul lebih awal di mesin pencari. Tampilan foto yang bagus juga menarik pelanggan untuk interaksi dan berada di halaman online shop lebih lama.

Baca juga: 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Selain itu empat poin tersebut, fotografi Anda juga merupakan faktor vital yang memicu calon pelanggan untuk mengambil tindakan atas produk Anda. Foto yang bagus akan menciptakan mood tersendiri yang nantinya berpotensi berkembang menjadi sebuah emosi yang bisa membantu calon pelanggan berubah jadi pelanggan.

Masa pandemi COVID-19 yang membatasi kontak fisik ini juga membuat pelaku bisnis hanya bisa memasarkan produk secara virtual. Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu untuk memprioritaskan waktu atau biaya untuk fotografi produk dan jasa untuk bisnis online Anda.


Tips dan Trik Fotografi Produk Profesional

fotografi - foto produk - fotografer

1. Sesuaikan pencahayaan

Terdapat dua opsi pencahayaan fotografi produk, yaitu studio lighting dan natural lighting. Jika ingin mengatur pencahayaan secara manual, manfaatkanlah studio lighting. Jika ingin menggunakan natural lighting, manfaatkanlah cahaya matahari, yang mana tentu saja lebih low budget.

2. Gunakan tripod

Penggunaan tripod menentukan kejelasan dan kualitas fotografi produk dan jasa untuk bisnis online Anda. Alat ini relatif mahal dan mudah digunakan.

Tripod dapat membantu menstabilkan kamera dari getaran tangan serta mengurangi efek blur, juga memudahkan Anda yang memotret seorang diri.

Alat fotografi ini pun penting untuk profesionalitas foto produk online shop Anda, supaya tetap berkualitas tinggi. Apapun jenis kamera atau smartphone yang Anda gunakan, banyak tersedia tripod dengan rentang harga yang luas.

3. Pelajari dasar-dasar editing foto

Melakukan editing tanpa kemampuan dasar akan sangat terasa sulit dan kewalahan, apalagi jika menggunakan aplikasi profesional seperti Adobe Photoshop. Jika tidak ada modal untuk ambil kelas, perbanyak tonton tutorial editing foto gratis di YouTube.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda

4. Cari inspirasi dan referensi dari brand serupa

Dalam keseharian, kita tidak pernah lepas dari produk-produk untuk menunjang hidup. Dari sini pasti Anda punya selera dan favorit tersendiri untuk produk tertentu. Jadikan pengetahuan produk Anda inspirasi untuk mengembangkan brand Anda, termasuk inspirasi fotografi yang mereka terapkan. Kembangkan dan adaptasikan versi Anda dari referensi tersebut.

5. Ambil gambar dari berbagai sudut

Ketika Anda punya banyak produk untuk dipotret, biasanya hanya ambil gambar satu atau dua setiap produknya. Namun cara ini kurang efektif jika Anda ingin meminimalkan editing di akhir produksi. Semakin banyak sudut yang Anda eksplorasi, semakin banyak pilihan cadangan foto produk online shop dan terhindar dari niat dan kemungkinan untuk mengulang pemotretan dari awal.

Masih ada banyak tips dan informasi bermanfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan melalui E-book terbaru Moka yang berjudul Fotorgafi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online dengan mengisi form yang disediakan di atas. Selamat mempraktikkan dan semoga bermanfaat.

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia