Business Insight

Franchise Laundry: Kelebihan, Kekurangan, Rekomendasi Waralaba

By Samina Sharanani on October, 31 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Franchise Laundry: Kelebihan, Kekurangan, Rekomendasi Waralaba - Memiliki waralaba adalah suatu hal yang banyak diminati. Dengan mempunyai waralaba, Anda tidak perlu lagi harus membangun nama brand dari nol karena sudah diketahui secara luas oleh masyarakat. Salah satu bisnis yang banyak dicoba adalah franchise laundry. 

Walaupun mungkin bisnis laundry tidak terdengar seperti sesuatu yang keren, Anda dapat meraup keuntungan banyak dalam waktu yang cukup singkat, lho!

Namun, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mempunyai franchise laundry, ya! 

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Membuka Franchise Laundry

usaha laundry kiloan - sabun cuci

1. Survei terlebih dulu

Pastinya Anda ingin memiliki brand franchise laundry dengan kualitas dan kredibilitas yang bagus, bukan? Maka dari itu, lakukan survei terlebih dahulu agar Anda dapat memilih brand laundry terbaik yang sudah dikenal dan akan dicari masyarakat.

Bagaimana cara melakukan survei? Anda bisa langsung mencarinya di internet dengan mengetik nama bisnis laundry yang diincar. Cari tahu juga apa kata pelanggan terhadap bisnis ini.

Anda juga bisa bertanya kepada orang sekitar atau mungkin membuat kuesioner kecil-kecilan untuk disebarkan langsung atau melalui media sosial. Dari sana lah Anda bisa mendapatkan insight terkait apa franchise laundry yang memang banyak direkomendasikan.

2. Cari tahu soal modal dan peralatan yang dibutuhkan

Sudah tahu akan menjalani waralaba apa? Jangan lupa untuk mencari tahu berapa modal yang harus Anda siapkan, apa saja peralatan yang perlu dipersiapkan, berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan, skill apa yang perlu dilatih, dan sejumlah hal-hal teknis lainnya.

Hal ini berguna untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat agar tidak menyesal nantinya, ketika sudah menjalankan franchise laundry. Dari mana mendapatkan info ini? Bisa tanya langsung ke pemilik bisnis atau lewat internet.

3. Pelajari ketentuan franchise laundry

Ini adalah poin penting yang perlu jadi perhatian. Anda perlu mempelajari perjanjian atau ketentuan kerja sama bisnis ini. Jangan melewatkan hal-hal teknis kecil yang bisa membuat Anda menyesal suatu saat nanti. 

Sekarang, mari kita cari tahu soal kelebihan dan kekurangan franchise laundry, yuk!


Kelebihan dan Kekurangn Franchise Laundry

bisnis laundry kiloan - Franchise Laundry

Kelebihan:

  • Memiliki risiko yang relatif rendah karena tidak membutuhkan modal yang besar.
  • Akan cepat dikenal oleh banyak orang. 
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan pemasaran atau promosi. 
  • Program bimbingan dan pelatihan tidak jarang disediakan oleh pemilik brand
  • Anda berhak menggunakan merek, hak cipta, formula kerja, dan juga rahasia dari waralaba tersebut. 
  • Akan memiliki daya saing kuat karena hasil riset yang dilakukan oleh waralaba akan diberikan juga oleh Anda. 

Baca juga: Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Minat Coba? 

Kekurangan  

  • Anda tidak akan memiliki ruang untuk berkreativitas karena franchise laundry adalah hal yang tidak rumit. 
  • Produk dan jasa yang akan diberikan oleh franchise sudah ditentukan. Walau lokasi Anda mungkin tidak memiliki potensi sebesar lokasi lainnya. 
  • Saat sedang musim kemarau, sangat mungkin bisnis Anda juga mengalami kekeringan karena lebih banyak pelanggan yang memilih untuk mencuci pakaiannya sendiri karena dapat kering dalam waktu yang cepat juga. 

Rekomendasi Franchise Laundry yang Bisa Dicoba

usaha laundry kiloan - Franchise Laundry

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, berikut adalah beberapa waralaba yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat.

1. Koin Laundry 

Di bawah PT Maju Alfa Omega, waralaba satu ini adalah perusahaan penjualan mesin dan paket usaha laundry terbesar di Indonesia – membuatnya no. 1. Jika Anda ingin bermitra dengan mereka, Koin Laundry sudah menyediakan fasilitas berupa training, seminar, dan juga pelatihan operasional.

Koin Laundry juga memiliki sejumlah paket yang bisa Anda pilih, dengan harga paling murah Rp29.990.000. Tentunya fasilitas yang akan Anda miliki tergantung dengan paket apa yang Anda pilih nantinya. Semakin mahal, semakin lengkap! Kunjungi secara langsung website Koin Laundry jika Anda tertarik. 

2. Londria Coin Express

Bisnis franchise laundry yang satu ini merupakan perusahaan laundry yang menggunakan bahan berkualitas, mesin cuci, serta mesin pengering import dari Amerika Serikat dan juga Eropa. Yang membuat Londria Coin Express menarik adalah mereka membebaskan mitranya dari royalti dan Anda bahkan dapat memiliki cashback franchise fee hingga 100%. 

Dengan investasi Rp45 juta, Anda dapat memiliki Paket Usaha Londria Coin Express. Jika Anda ingin memiliki waralaba mereka, Anda cukup menyiapkan modal sebesar Rp185 juta. Estimasi balik modal Anda juga cukup cepat. Dengan minimal pemasukan harian 10 pelanggan dengan harga Rp20 ribu/pelanggan, Anda dapat untung dalam waktu 7-8 bulan.

Baca juga:

Itu dia semua yang perlu Anda ketahui sebelum bergabung dalam bisnis franchise laundry. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Untuk membuat bisnis franchise laundry Anda berjalan dengan lebih lancar nantinya, pastikan Anda memanfatakan aplikasi kasir Moka, ya! 

Dengan fitur-fiturnya yang canggih, aplikasi kasir Moka dapat membantu Anda mencatat semua transaksi penjualan, juga membuat laporan penjualan serta analisisnya sehingga Anda dapat membentuk strategi yang lebih baik untuk mendapatkan pelanggan.

Menarik, bukan? Yuk, rasakan semua keuntungan dari menggunakan aplikasi kasir Moka untuk bisnis laundry Anda sekarang!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia