Info Penting untuk Anda yang Tertarik Franchise Kopi Kenangan

By Jordhi Farhansyah on November, 28 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Franchise Kopi Kenangan adalah salah satu hak franchise yang paling diburu saat ini. Kedai kopi berkonsep grab-and-go ini memang baru berdiri di tahun 2017, namun brand Kopi Kenangan kini sudah menjadi salah satu brand Indonesia dengan pertumbuhan tercepat. Lalu, apakah Anda tertarik untuk memulai franchise Kopi Kenangan? Berikut ini hal-hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu!

Perkembangan Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan (sumber: kopikenangan.com)

Cerita awal berdirinya Kopi Kenangan dimulai pada tahun 2017, ketika para co-founder Kopi Kenangan melihat adanya tren kopi susu di kalangan konsumen, namun sebagian besar pemain bisnis kopi baru menawarkan kopi ready-to-drink atau kopi bubuk. Melihat adanya ceruk pasar yang potensial, para co-founder pun membuka gerai pertama Kopi Kenangan di SCBD, Jakarta.

Dengan cita rasa yang berkualitas, konsep branding yang dekat dengan kehidupan anak muda, dan strategi promosi yang tepat, Kopi Kenangan sukses bertumbuh menjadi salah satu brand kopi paling populer di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. 

Pada hari pertama launching, Kopi Kenangan berhasil menjual sekitar 700 gelas kopi. Kini, Kopi Kenangan telah berhasil menjual dua juta gelas kopi setiap harinya. Berawal dari satu gerai di SCBD Jakarta, kini Kopi Kenangan sudah memiliki ratusan outlet di Indonesia.

Baca juga: Model Bisnis Franchise vs Kemitraan, Sebaiknya Pilih yang Mana?


Menu Best Seller Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan (sumber: kopikenangan.com)

Kopi Kenangan menawarkan beragam jenis menu kopi dan non kopi. Dari seri kopi Arabica Blend, Kopi Kenangan menawarkan Kopi Kenangan Mantan, Mocha Latte, Avocado Coffee, marie Regal Latte, Kopi Kelapa, Americano, Salted Caramel Macchiato, dan masih banyak lagi.

Bagi konsumen yang khawatir dengan masalah lambung, Kopi Kenangan juga menawarkan menu-menu kopi ringan yang menggunakan 100% low acid arabica bean. Selain itu, Kopi Kenangan juga merambah minuman non-kopi yang kekinian seperti boba milk tea lewat seri Sultan Boba yang menggandeng Hotman Paris sebagai brand ambassador.

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, saat ini menu yang masih menjadi primadona dari Kopi Kenangan adalah Kopi Kenangan Mantan yaitu kopi susu arabica dengan gula aren asli Indonesia. Cita rasanya yang pas membuat menu satu ini masih menjadi best seller dari Kopi Kenangan. 

Rencana Ekspansi Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan (sumber: kopikenangan.com)

Sebagai salah brand dengan pertumbuhan tercepat, Kopi Kenangan memiliki strategi ekspansi yang cukup agresif. Setelah berhasil mendapatkan pendanaan hingga ratusan juta dollar sejak tahun 2019 lalu. Pada tahun 2019, Sequoia India menyuntikkan dana hingga 20 juta USD ke Kopi Kenangan. Kemudian, pada tahun 2020, Kopi Kenangan kembali mendapatkan pendanaan senilai 109 juta USD. Nama-nama figur dunia pun turut menanamkan dananya ke Kopi Kenangan. Mulai dari rapper Jay Z, petenis Serena Williams, hingga co-founder Facebook Eduardo Saverin. 

Berkat suntikan dana ratusan juta dollar tersebut, Kopi Kenangan sudah berhasil membuka 542 outlet di 32 kota di Indonesia. Kopi Kenangan juga berencana untuk membuka outlet di luar negeri pada tahun 2022 mendatang. Jadi, Kopi Kenangan akan membawa nama dan cita rasa kopi Indonesia ke pasar internasional.

Saat ini Kopi Kenangan sudah mulai merambah pasar makanan dengan meluncurkan beberapa brand makanan. Contohnya seperti Chigo yang menawarkan menu ayam goreng crispy dengan tujuh pilihan saus dan lima pilihan sambal. Semakin tertarik untuk franchise Kopi Kenangan?

Baca juga:  Pilihan Franchise bagi Anda yang Ingin Membuka Bisnis Cake and Bakery

Info Penting Franchise Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan (sumber: kopikenangan.com)

Melihat rekam jejak dari Kopi Kenangan, sudah pasti banyak sekali yang ingin terjun bergabung pada franchise Kopi Kenangan. Banyak pula pihak yang sangat ingin mengetahui berapa biaya franchise Kopi Kenangan di Indonesia. Namun, hingga saat ini, Kopi Kenangan masih belum membuka kesempatan untuk menjalin kerja sama franchise ataupun kemitraan.

Betul sekali, seluruh gerai Kopi Kenangan di Indonesia adalah sepenuhnya milik Kopi Kenangan, bukan franchise ataupun mitra. Tujuan utama dari strategi tanpa franchise ini  adalah untuk mempertahankan kualitas dan konsistensi dari setiap gerai Kopi Kenangan di Indonesia. 

Franchise Kopi Kenangan memang masih belum tersedia. Namun, saat ini juga cukup banyak franchise kopi kekinian yang bisa Anda ajak kerja sama. Saat ini brand kopi kekinian yang sudah membuka kesempatan franchise antara lain Kopi Janji Jiwa, Kopi Kulo, Cetro Coffee, Foresthree Coffee, Coffee Toffee, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 9 Franchise Kopi Terlaris dengan Keuntungan Manis

Apapun brand kopi franchise yang Anda pilih, pastikan gerai Anda nanti sudah dilengkapi dengan aplikasi kasir POS yang tepat, seperti Moka POS. Sebab, Moka POS dilengkapi oleh beragam fitur yang dapat memudahkan Anda mengelola dan memajukan bisnis franchise kopi Anda. aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda



Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia