Business Insight

Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

By Hangga Nuarta on May, 17 2019
Hangga Nuarta

Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik - Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna.

Tidak heran jika semakin hari bisnis klinik kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan.

Sama seperti bisnis franchise lain, Anda akan lebih mudah menangguk keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol.

Tentu saja untuk mengawalinya Anda harus punya modal yang cukup, mulai sekitar Rp50.000.000 sampai Rp5.000.000.000.

Besaran modal ini bergantung pada jenis layanan kecantikan yang ingin Anda jalani dan bagaimana reputasi merek dagang franchise tersebut. Artinya, besar kecilnya modal untuk memulai bisnis kecantikan itu relatif.

Namun, jelas bahwa bisnis franchise menawarkan peluang usaha bagi Anda. Tugas utama Anda adalah menyiapkan modal dan mengelola bisnis tersebut. Sisanya, serahkan pada franchisor. Namun, sama seperti jenis usaha lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menekuni bisnis ini. Apa sajakah itu?

 

Perhatikan 4 Faktor Ini Sebelum Memulai Bisnis Kecantikan

bisnis salon kecantikan - Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

1. Apakah kecantikan memang minat atau passion Anda?

Menjalani bisnis yang sesuai dengan minat atau passion tentu akan membuat Anda lebih semangat. Ini juga akan mendorong Anda untuk fokus dan serius mengembangkan usaha.

Terlebih lagi, bisnis ini bukan sebatas menjual produk kecantikan, tetapi juga layanan atau treatment. Memilih franchise yang sudah Anda ketahui produk dan treatment-nya merupakan langkah awal yang tepat.


2. Bagaimana dengan rencana lokasi klinik kecantikan Anda?

Rencana lokasi klinik kecantikan Anda adalah faktor berikutnya. Pemilik franchise tentu akan menilai hal ini sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan Anda.

Lokasi ideal klinik kecantikan biasanya berada di tempat ramai atau dekat dengan target pasar. Contohnya, jika klinik kecantikan Anda menyasar ibu-ibu muda, maka Anda bisa memilih tempat di sekitar lingkungan perumahan.


3. Berapa modal yang Anda miliki?

Seperti telah disebutkan di atas, besaran modal franchise klinik kecantikan bervariasi. Semakin besar modal yang Anda siapkan, semakin banyak franchise terkenal yang bisa Anda pilih. Namun, jumlah modal tidak selalu berbanding lurus dengan kesuksesan bisnis franchise.

Hal terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengelola bisnis tersebut. Maka, selain modal finansial, Anda juga perlu mengasah keterampilan berbisnis.


4. Sejauh mana Anda mengetahui bisnis franchise tersebut?

Pengalaman Anda memakai produk atau treatment dari beberapa klinik kecantikan menjadi suatu proses riset tersendiri. Ini perlu agar Anda tahu benar apa yang diinginkan konsumen.

Lebih lanjut, Anda juga harus mengenali sistem franchise yang ditawarkan masing-masing perusahaan, seperti profil, perizinan, paket investasi, sistem kerja sama, pembagian keuntungan, dan pembayaran.


4 Daftar Franchise Klinik Kecantikan

E-Book Beauty 4.0 Habis Cantik Terbitlah Viral - bisnis salon kecantikan - Franchise Klinik Kecantikan

Setelah Anda memantapkan diri guna memulai bisnis kecantikan, sekarang waktunya memilih mana franchise yang sesuai visi misi dan keinginan Anda. Berikut 4 franchise klinik kecantikan yang patut Anda lirik.

1. Ghanisa Aesthetic

Klinik kecantikan ini berdiri tahun 2014 di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berbentuk beauty center yang mengusung konsep UKM, Ghanisa Aesthetic menyasar masyarakat kelas menengah sebagai target pasarnya. Saat ini, Ghanisa Aesthetic sudah memiliki tujuh cabang, termasuk tiga cabang di Riau, Malang, dan Padang.

Ghanisa Aesthetic berfokus pada treatment perawatan wajah (facial series, acne series, flex series, dan anti-aging series) dan penjualan produk perawatan kecantikan.

Baca juga: 5 Langkah Sukses dalam Membuka Salon Kecantikan

Semua produk dan layanannya memenuhi standar layanan klinik kecantikan, tetapi ditawarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, franchise ini juga mempunyai sistem manajemen profesional di bawah pengawasan dokter, beauty consultant, dan beautician therapist yang telah bersertifikat.

Ghanisa Aesthetic menawarkan tiga paket kemitraan yang dapat disesuaikan dengan bujet. Harga paket kemitraan termurah adalah Rp150.000.000 dan paket termahal Rp300.000.000.


2. International Beauty

Klinik kecantikan International Beauty telah hadir sejak tahun 1986 di kota Medan. Klinik ini mengusung konsep One-Stop Rejuvenation Centre atau pusat perawatan dan peremajaan kulit secara total. Target pasar yang dituju adalah pria dan wanita berusia 14 tahun ke atas.

Selama berbisnis lebih dari 30 tahun, International Beauty mengedepankan inovasi agar tetap memberikan layanan terbaik pada pelanggan setia.

Beberapa layanan andalan adalah face treatment, derma treatment, body treatment, spa, rejuvenation therapy, dan penjualan produk perawatan kecantikan.

International Beauty memberikan para franchisee tiga pilihan paket. Paket Express mempunyai nilai investasi sebesar Rp100.000.000 dan Paket Advance sebesar Rp200.000.000.

Sementara itu, Anda juga bisa memilih Paket Korea Semi Permanent Make Up dengan investasi Rp60.000.000. Adapun nilai franchise fee ketiga paket itu sama, yakni Rp10.000.000/tahun untuk jangka waktu 1 tahun.


3. Ristra Clinic

Ristra termasuk merek kosmetik lokal yang sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Sebagai pelopor produk kosmetik berbasis medis, Ristra melebarkan sayapnya dengan mendirikan House of Ristra pada tahun 1987 di Jakarta.

Dengan tagline Skincare Expert, Health and Beauty Clinic, House of Ristra fokus pada beragam perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan wajah, tubuh, tangan, dan kaki.

Franchise House of Ristra baru mulai dikembangkan pada 2009. Lalu, seiring pengambilalihan Ristra oleh PT Kino Indonesia Tbk, namanya pun berganti menjadi Ristra Clinic.

Keunggulan Ristra Clinic adalah satu-satunya klinik yang mempunyai sertifikat ISO 9001:2008. Ini membuktikan bahwa perusahaan mengutamakan kualitas layanan terbaik pada pelanggan.

Selain itu, semua produk yang dipakai di Ristra Clinic juga diproduksi sendiri oleh PT Ristra Laboratoris.  

Ristra Clinic menawarkan paket investasi klinik kecantikan mulai Rp700.000.000, di luar biaya sewa tempat. Dengan besaran investasi tersebut, proyeksi BEP diperkirakan kembali dalam waktu sekitar 23 bulan.


4. Naavagreen Natural Skincare

Naavagreen Natural Skincare telah hadir sejak 2012 dan berpusat di Yogyakarta. Sekarang klinik ini sudah mempunyai 19 cabang di seluruh Indonesia.

Masih berada dalam satu perusahaan yang sama dengan Natasha Skin Clinic Center, Naavagreen mengandalkan produk kecantikan bahan alami yang diproduksi pabrik sendiri, PT Dion Farma Abadi.

Pabrik tersebut telah mengantungi sertifikat Cara Pengolahan Kosmetik yang Baik (CPKB) dan Cara Pengolahan Obat yang Baik (CPOB), lengkap dengan sertifikat halal MUI.

Selain produk perawatan alami tersebut, Naavagreen juga menawarkan layanan konsultasi dengan dokter berpengalaman dan harga terjangkau. Mereka menyebutnya sebagai 3 Harmoni Naavagreen yang membuat kulit cantik dan sehat alami.

Naavagreen Natural Skincare menyediakan paket investasi mulai Rp1.500.000.000 hingga Rp4.000.000.000 dengan franchise fee senilai Rp500.000.000 untuk masa kontrak 5 tahun.

Biaya itu sudah termasuk support berupa pelatihan pemilik dan staf, penyediaan produk, program marketing, dan setting up operasional gerai.

Demikian 4 franchise klinik kecantikan yang bisa Anda lirik untuk menanamkan investasi dalam bisnis kecantikan.

Hal terpenting adalah selalu sediakan waktu lebih untuk meriset dan mencari tahu semua detail informasi terkait perusahaan franchise tersebut.

Tentu Anda tidak ingin modal yang telah diinvestasikan menguap begitu saja akibat ketidaktahuan semata, bukan?

Penting pula untuk diingat, apabila Anda ingin mengembangkan bisnis tersebut lebih jauh lagi, Anda selalu bisa memanfaatkan pembiayaan bisnis dari Moka Capital hingga Rp2 miliar! Moka Capital telah bekerja sama dengan perushaaan P2P Lending, seperti KoinWorks, Taralite, dan Modalku.

Ketiga perusahaan tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga pendanaan Anda akan lebih aman dan terjamin.

Nah, dengan Moka Capital, Anda bisa memperlancar arus kas, menyewa gudang baru, hingga memenuhi tingginya kebutuhan pelanggan.

Tertarik untuk memulai bisnis kecantikan dan memanfaatkan Moka Capital ini?

 

Untitled-2-01 (5)

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia