Business Insight

Franchise Indonesia: Pengertian, Contoh Bisnis, Peluang

By Jordhi Farhansyah on August, 15 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Franchise Indonesia: Pengertian, Contoh Bisnis, Peluang - Franchise atau waralaba merupakan salah satu usaha yang sedang digandrungi oleh para pebisnis karena skema ini tergolong cukup mudah. Franchisee hanya perlu membayar biaya awal dan royalti yang berkelanjutan kepada pemilik merek dagang franchise atau yang disebut franchisor.

Sebagai imbalan dari pembayaran itu, franchisee mendapatkan hak penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari franchisor, dan hak untuk menggunakan sistem franchise untuk melakukan bisnis dan menjual produk layanannya.

Untuk membantu Anda mengenali apa itu franchise di Indonesia, simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

Bisnis yang Dapat Dijadikan Franchise di Indonesia

Ubah Gerai Kecil Jadi Bisnis Franchise, Ini 4 Rahasia Sukses Hi Fries (1)

1. Makanan atau Minuman

Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia sehingga berbisnis makanan dan minuman dapat dipastikan tidak akan pernah ada matinya.

Di samping itu, bisnis makanan dan minuman sudah terbukti tahan banting. Ketika pandemi melanda sektor makanan dan minuman, malah terus tumbuh.

Salah satu strateginya adalah dengan menjual makanan beku atau frozen food, juga dengan berjualan online seperti di GoFood.

2. Produk Siap Jual

Ini dia rekomendasi bisnis franchise di Indonesia yang juga bisa jadi pilihan. Produk yang termasuk ke dalam produk siap jual antara lain adalah pakaian, mukena, hijab, parfum dan lain-lain. Selain makanan, produk yang tidak terlalu terpengaruh oleh krisis pandemi adalah penjualan pakaian.

3. Elektronik

Elektronik mungkin sudah hampir menjadi kebutuhan pokok umat manusia saat ini. Coba Anda perhatikan, saat ini Anda sudah hampir pasti tidak bisa lepas dari smartphone dan laptop Anda untuk pekerjaan Anda sehari-hari. Memiliki franchise elektronik akan membantu Anda menjangkau pasar yang sangat luas.

4. Jasa Laundry

Bisnis jasa laundry bukan hanya sekedar laundry kiloan untuk pakaian saja, melainkan bisa juga laundry sepatu, tas, karpet, hingga yang terbaru laundry self service. Untuk memperluas area Anda, Anda bisa menggunakan sistem antar jemput dan melakukan pemesanan secara online.

5. Depot Air Minum

Depot air minum ini adalah bisnis franchise yang sangat potensial karena pangsa pasarnya adalah semua orang dengan dari segala jenis kelas tanpa terkecuali. Ditambah dengan sistem operasionalnya, alat dan bahan hingga maintenancenya terbilang sangat mudah. 

Baca juga: Model Bisnis Franchise vs Kemitraan, Sebaiknya Pilih yang Mana?

6. Pengiriman Barang

Pada tahun 2020, transaksi e-commerce di Indonesia tembus di angka 429 triliun rupiah. Mengapa hal ini terjadi? Karena setiap pengiriman barang dari e-commerce pasti akan menggunakan ekspedisi sehingga bisnis ekspedisi turut bertumbuh pesat. Cukup menggiurkan, bukan? Tertarik untuk mencoba bisnis franchise di Indonesia ini?

7. Minimarket

Untuk memulai bisnisnya memang tak mudah, mengingat modal yang dibutuhkan juga cukup besar. Namun, karena margin keuntungannya cukup besar dan frekuensi transaksi juga cukup tinggi, sehingga balik modal bisa jadi lebih cepat. Dengan tersedianya hampir seluruh kebutuhan hidup, minimarket menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya.


Peluang Franchise di Indonesia

Model Bisnis Franchise vs Kemitraan, Sebaiknya Pilih yang Mana?

Tentu saja peluang bisnis franchise di Indonesia sangat menggiurkan sekali. Menurut ketua umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi (WALI) Levita Ginting Supit, uang yang berputar juga sangat menjanjikan, yaitu sebanyak kurang lebih 200 triliun rupiah dan ke depan dapat dipastikan trennya akan semakin meningkat. 

Dengan menjamurnya tren franchise brand lokal, seperti franchise kedai kopi yang sedang laris belakangan ini. Serta franchise makanan kekinian juga meningkat hal itu membuktikan bahwa iklim franchise di Indonesia sangat bagus. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise atau ingin membuka peluang bisnis Anda untuk di-franchise jangan ragu-ragu.


Langkah-Langkah Memulai Bisnis Franchise Indonesia

5 Tips Mengelola Bisnis Franchise ala Holdak Crispy Chicken Indonesia (1)

Untuk membantu Anda memulai bisnis franchise, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda tempeh. 

1. Mengidentifikasi peluang franchise di sekitar Anda atau di sekitar lokasi bisnis Anda akan berdiri. 

2. Hitunglah perkiraan modal yang Anda perlukan untuk melakukan kerja sama franchise dengan bisnis waralaba yang diincar/diinginkan.

3. Cari tahu apa saja hal-hal yang harus Anda siapkan sendiri dan apa saja hal-hal yang akan disediakan oleh pemilik franchise

4. Perhatikan syarat dan ketentuan franchise guna mengetahui berapa besar keuntungan dan biaya operasional saat bisnis Anda sudah berjalan. 

5. Cari tahu dan pilihlah lokasi yang paling strategis untuk bisnis franchise Anda. 

Baca juga: 6 Pilihan Franchise bagi Anda yang Ingin Membuka Bisnis Cake and Bakery

Ketika sudah menentukan pilihan franchise di Indonesia, Anda juga perlu untuk selalu memantau penjualan menggunakan software Point of Sale yang mumpuni. Dengan menggunakan Point of Sale dari Moka, Anda dapat memantau dari penjualan hingga jumlah stok dengan mudah dan informasinya langsung diberikan secara real-time!

Karena sudah menggunakan teknologi cloud, Anda tidak perlu mengunjungi bisnis franchise satu per satu karena semua data sudah tersimpan di aplikasi Moka. Praktis dan jemat waktu bukan? Analisis penjualan atau transaksi juga tersedia sehingga Anda pun bisa menentukan strategi bisnis ke depannya

Tertarik untuk menggunakan Moka sebagai aplikasi kasir andalan Anda? Klik banner di bawah untuk coba gratis 14 hari, yuk!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia