Moka Logo
5 Tips Foto Produk Baju Agar Diklik Banyak Orang

Tips Bisnis

5 Tips Foto Produk Baju Agar Diklik Banyak Orang

3 min
GradyGrady

5 Tips Foto Produk Baju Agar Diklik Banyak Orang – Bagi Anda yang mempunyai bisnis online, pasti pernah melewati masa di mana penjualan tidak meningkat atau bahkan tidak ada yang melihat halaman produk Anda.

Pasti Anda bingung apa alasannya, padahal sudah melengkapi judul & deskripsi produk dengan lengkap, memasang harga yang sesuai, hingga promosi produk di berbagai channel, termasuk memasang iklan.

Apalagi dengan banyaknya bisnis fashion zaman sekarang, semakin banyak juga persaingan produk yang sama atau mirip.

Nyatanya, sebagian besar calon pembeli akan masuk ke halaman produk Anda setelah melihat foto produk yang muncul pada hasil pencarian.Terutama di platform e-commerce, meskipun produk terlihat di pencarian paling atas, kemungkinan besar para calon pelanggan tidak akan memilih atau klik produk tersebut jika foto produk tidak terlihat profesional atau menjanjikan.

Sebenarnya, apa sih, manfaat punya foto produk yang bagus? Selain menaikkan jumlah kunjungan halaman produk, foto produk menjadi kunci untuk membuat konsumen tertarik membelinya dan memiliki pengaruh terpenting bagi penjualan, terutama pada bisnis fashion.

Foto produk yang bagus, sesuai, dan profesional dapat memberi kesan positif bagi pembeli, sekaligus meningkatkan kepercayaan kepada calon pembeli.

Selain itu, foto produk juga harus sesuai dengan produk aslinya sehingga dapat menghindari review negatif dari pelanggan. Apalagi konsumen produk fashion sangat mementingkan visual meskipun bahan, fungsi, dan ukuran juga penting. Dengan rating dan review yang bagus ini, pastinya juga bisa menarik calon pembeli lainnya untuk membuat pesanan di toko Anda, lho!

Untuk itu, yuk simak 5 tips foto produk baju agar diklik banyak orang berikut ini!

5 Tips Foto Produk Baju Agar Diklik Banyak Orang

1. Pasang foto utama dengan background polos

5 Tips Foto Produk Baju Agar Di klik Banyak Orang (1)

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Sellury pada Agustus 2021 pada suatu platform e-commerce, foto produk dengan background polos (A) menunjukkan hasil “Total Kunjungan Halaman Produk” lebih banyak 312% dari foto produk biasa (B).

Meskipun kondisi penjualan lainnya seperti nama, deskripsi dan harga produk sama, penjualan Anda bisa meningkat jauh hanya karena foto A dengan background polos terlihat lebih profesional dan menjanjikan di mata calon pembeli. Baca cara mudah menghapus background produk menggunakan Sellury, yuk!

2. Atur warna produk semirip mungkin dengan warna aslinya

Anda perlu membuat warna foto produk baju secantik mungkin agar menarik untuk dilihat. Namun, jangan lupa bahwa foto produk tidak seperti foto model atau pemandangan. Anda perlu menonjolkan warna produk, bukan hanya membuat warna foto menjadi cantik.

Maka dari itu, perlu pemilihan filter atau adjustment yang tepat pada sebuah foto produk. Namun kenyataannya banyak orang yang belum mengerti betul fitur-fitur adjustment dan malah membuat warna foto tidak sesuai dengan produk aslinya. Anda bisa menggunakan aplikasi Sellury untuk mengedit foto. Cukup manfaatkan fitur AI Filter, Anda dapat memilih salah satu filter hasil rekomendasi AI untuk mempercantik sekaligus menonjolkan warna produk. 

3. Hindari penggunaan zoom

Tips foto produk baju selanjutnya adalah sebaiknya Anda tidak menggunakan mode Zoom ketika sedang memotret. Kenapa? Sebab jika Anda memperbesar gambar, bisa jadi foto yang dihasilkan bisa pecah atau blur karena resolusinya yang rendah. Untuk itu, lebih baik Anda memfoto produk dalam jarak dekat.

Ketika melakukan foto produk, Anda bisa menggunakan kamera apa pun dengan resolusi tinggi. Tak perlu kamera mahal, kini sudah banyak smartphone yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi, lho!

4. Ambil foto dari berbagai sisi & manfaatkan tripod

Untuk menampilkan produk dari beragam sisi, penting untuk memotretnya dalam beragam angle, lho! Misalnya, foto dari sisi atas, dari depan, atau foto beberapa detail lainnya seperti pola baju, bahan pakaian, model kerah, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memasang foto produk dengan angle terbaik pada thumbnail ya!

Selain itu, semakin banyak foto diambil dari berbagai sisi, pembeli jadi punya gambaran lebih detail mengenai produk baju yang hendak mereka beli. Dengan demikian, kepercayaan pembeli juga akan semakin meningkat.

Anda juga disarankan untuk menggunakan tripod atau menggantungkan produk untuk hasil yang lebih stabil dan konsisten dalam menjaga ketinggian, kedekatan, dan sudut kamera. 

5 Tips Foto Produk Baju Agar Di klik Banyak Orang (3)

Apabila Anda bingung bagaimana caranya mengambil angle yang baik, Anda bisa memanfaatkan Product Photo Guide yang bisa diakses lewat aplikasi Sellury. Cukup ikuti panduan foto berdasarkan kategori produk yang diinginkan dan Anda pun bisa hasilkan foto produk baju yang lebih ciamik!

5. Gunakan model & mode portrait

Jika Anda ingin menghasilkan foto produk baju dengan konsep lifestyle, mungkin Anda bukan hanya memfoto bajunya saja. Anda bisa memasangkannya dengan sepatu, tas, aksesoris, dan lainnya, untuk dipakai oleh model.

Tujuan utamanya adalah agar produk yang dijual dapat terlihat setelah dipakai secara langsung, sekaligus memberikan kesan realistis bagi calon pembeli.

Jangan lupa juga untuk menggunakan mode portrait yang dapat memberikan efek latar belakang yang blur serta dapat memberikan fokus lebih pada objek foto.

Nah, itulah dia 5 tips foto produk baju agar di klik banyak orang. Bagaimana, sudah siap untuk menerapkan tips-tips di atas? Jangan sampai calon pelanggan tidak klik produk fashion-mu hanya karena foto produk yang seadanya, ya!

Pastikan Anda mengikuti tips-tips di atas menggunakan Sellury, agar dapat menghasilkan foto produk yang profesional, dengan cara yang mudah & praktis!

5 Tips Foto Produk Baju Agar Di klik Banyak Orang (4)

Jangan lupa, tingkatkan juga potensi penghasilan bisnis Anda dengan jualan online di GoStore, website toko pribadi yang sudah terintegrasi dengan Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping. Jualan makin mudah, dilirik pelanggan juga makin gampang!

Yuk, cari tahu lebih lanjut soal GoStore di sini. Selamat mencoba!

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.