Product Knowledge

Fitur Baru di Mobile Payment Moka Bikin Transaksi Aman Walau Ada Gangguan

By Moka Admin on August, 20 2019
Moka Admin

blog header-01 (1)

 

Pelaku bisnis mungkin akan khawatir jika koneksi internet cenderung tidak stabil. Dengan gangguan koneksi, pembayaran mobile payment mungkin akan sedikit kacau mengingat pembayaran tersebut membutuhkan internet.

Karyawan kasir Anda mau tidak mau berusaha mengingatkan ke pelanggan untuk mengganti pembayarannya dengan cash, atau parahnya adalah, pelanggan tersebut tidak jadi melakukan transaksi.

Download Free E-book: Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis

Koneksi yang tidak stabil tersebut juga dapat menyebabkan antrean jadi panjang sehingga pelanggan Anda akan menggerutu kesal.

Parahnya, gagalnya transaksi tersebut menyebabkan tidak masuknya pembayaran dari pelanggan sehingga dapat merugikan Anda sebagai pelaku bisnis atau bisa juga sebaliknya, yaitu terjadinya pembayaran 2x sehingga pelanggan yang dirugikan.

Kini, Anda tidak perlu khawatir akan kasus-kasus seperti di atas. Melalui fitur E-wallet Flow Improvement, Anda tetap dapat melayani pelanggan yang membayar melalui mobile payment walau ada gangguan koneksi. Fitur ini juga akan menghilangkan sistem automatic refund, dimana kami menghindari skenario terjadi seperti di bawah ini:

Pelanggan Anda membayar menggunakan mobile payment, kemudian tiba-tiba terjadi gangguan koneksi sehinga aplikasi Moka tiba2 offline. Kemudian, sistem automatic refund secara otomatis akan mengembalikan saldo ke pelanggan dan transaksi dibatalkan. Namun, pelanggan merasa sudah terpotong saldonya sehingga pelanggan menagih barang. Setelah beberapa menit, ternyata pelanggan menerima refund dari sistem. Dalam kasus ini, Anda akan dirugikan karena transaksi tidak tercatat namun barang terlanjur Anda berikan ke pelanggan.

Dua kelebihan utama dari fitur ini adalah dapat menyelesaikan transaksi jika memang saldo pelanggan telah berkurang dan juga dapat mengganti tipe pembayaran dengan cash atau yang lain. Berikut adalah 2 skenario yang kemungkinan terjadi dan juga tutorial cara mengatasinya menggunakan fitur ini:

 

Skenario A

Aplikasi Moka jadi offline saat transaksi sedang berjalan

Ketika terjadi gangguan koneksi, cobalah untuk menunggu 5 detik agar Aplikasi Moka dapat mencoba untuk terkoneksi kembali.

05. Connection Problem

Ketika aplikasi Moka gagal untuk terkoneksi kembali, coba tanyakan kepada pelanggan Anda apakah pembayaran sudah berhasil dilakukan

 

06. Reconnecting

Anda dapat memilih “Tandai Transaksi Sudah Selesai” setelah Anda memastikan bahwa pelanggan Anda benar-benar sudah menyelesaikan transaksi untuk memastikan terjadinya pembayaran dobel yang menyebabkan Anda atau pelanggan Anda dirugikan. Anda juga dapat memilih “Ganti Metode Pembayaran” ketika pelanggan Anda mengalami gangguan koneksi dan ingin mengganti metode pembayaran.

 

Skenario B

Koneksi internet stabil dan apps Moka dalam kondisi Online, namun loading screen terlalu lama

11. Transaction Timeout (2)

Seperti halnya trik pada skenario A, Anda dapat memilih “Tandai Transaksi Sudah Selesai” setelah Anda memastikan bahwa pelanggan Anda benar-benar sudah menyelesaikan transaksi untuk memastikan terjadinya pembayaran dobel yang menyebabkan Anda atau pelanggan Anda dirugikan. Anda juga dapat memilih “Ganti Metode Pembayaran” ketika pelanggan Anda mengalami gangguan koneksi dan ingin mengganti metode pembayaran.

Pastikan data transaksi telah terekam di halaman “Aktivitas”

Setelah transaksi telah diselesaikan secara offline, Anda dapat mengecek kembali apakah transaksi yang telah dilakukan sudah terekam pada aplikasi Moka. Anda tinggal mengunjungi halaman “Aktivitas” pada aplikasi Moka dan lihat di bagian data offline. Nantinya transaksi di bagian data offline ini akan otomatis tersinkronisasi ke bagian transaksi harian setelah internet telah tersambung kembali, dan status transaksi “Status: Pending” akan hilang. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir penjualan Anda tidak terbayarkan.

 

11. Activity Copy 10 (1)

 

Saat ini fitur E-wallet Flow Improvement dapat digunakan untuk menerima pembayaran di perangkat:

  • Moka POS Android: OVO, Dana, GoPay
  • Moka POS iOS: Dana & GoPay
  • Moka Pay & Terminal: OVO, Dana, GoPay
Untuk menikmati fitur ini pastikan aplikasi Moka yang Anda gunakan update versi terbaru ya: Moka POS Android 14.8, iOS 25.3, Moka App Pay 2.6 & Moka App Terminal 1.8.

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia