Moka Logo
5 Film yang Wajib Ditonton Para Pebisnis Jelang Lebaran agar Sukses

Tips Bisnis

5 Film yang Wajib Ditonton Para Pebisnis Jelang Lebaran agar Sukses

4 min
SaminaSamina

Ramadan identik dengan bulan yang penuh berkah. Momen ini pun menjadi momen besar terutama bagi umat yang merayakan. Menyambut bulan Ramadan, tentu saja banyak sekali hal-hal istimewa yang tidak ada di bulan-bulan biasa sebelumnya. Beberapa media televisi bahkan media sosial pun ikut merayakan momen tersebut dengan konten-konten yang berhubungan dengan Ramadan.

Tak hanya itu, beberapa film pun dipertontonkan untuk menyambut dan merayakan bulan Ramadan. Film yang bertema religi membawa kesejukan tersendiri bagi para penontonnya, terutama jika ditayangkan di momen yang pas seperti Ramadan. Untuk Anda yang ingin menikmati beberapa film di bulan Ramadan, berikut ini adalah film-film yang bisa Anda tonton. Film-film ini tak hanya kental dengan unsur religinya, namun pesan yang disampaikan pun bisa pas untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

 

1. Sang Kiai

film lebaran inspiratif

Film pertama dalam daftar kami adalah Sang Kiai. Disutradarai oleh Rako Prijanto, film ini bercerita tentang perjuangan Indonesia yang dibalut dengan nuansa Islami. Film ini mengisahkan tentang sosok K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Washid Hasyim, dan santri ketika melawan penjajah. Banyak sekali pesan yang dapat Anda ambil di film ini, terutama tentang pentingnya menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan juga nilai yang diterapkan di kehidupan. Keseimbangan ini yang kemudian harus dijaga untuk mencapai sebuah tujuan atau kesepakatan.

Dalam berbisnis, Anda juga perlu sebuah keseimbangan dalam berbagai hal untuk meraih sukses. Antara pelanggan dan karyawan. Antara harga dan kualitas. Antara promosi dan eksklusivitas produk. Semua hal yang menyangkut keberlangsungan bisnis seperti tiga hal di atas, butuh sebuah keseimbangan yang mantap. Supaya, jika Anda mengalami penurunan penjualan, sepi pengunjung, atau ada produk yang kurang laku, Anda bisa menemukan kekosongannya dari sisi yang lain. Dengan begini, Anda tidak hanya meraih kesuksesan dalam memastikan kemapanan produk, tetapi juga meraih ketenangan sebelum membuat keputusan penting.

2. Hijab

film lebaran inspiratif

Jika Anda salah satu pecinta fashion atau bahkan memiliki bisnis di dunia fashion, mungkin film ini akan menjadi film favorit Anda saat Ramadan. Film Hijab bercerita tentang empat sahabat yang diperankan Zaskia Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani, dan Natasha Rizki yang sedang menjalankan bisnis fashion muslim milik mereka. Meskipun film garapan Hanung Bramantyo yang dirilis pada tahun 2015 ini menuai banyak kritikan, inspirasi berbisnis di dalamnya juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri Anda sebagai pelaku usaha dan bisnis Anda.

Salah satu inspirasi yang bisa diambil adalah manajemen waktu yang harus dimiliki seorang perempuan untuk mencapai sukses. Di dalam film, diceritakan bahwa keempat perempuan ini harus mengatur waktunya antara karier dan keluarganya. Dari segi bisnis, kita dapat belajar bahwa pembagian waktu antara bisnis dan keluarga menjadi hal yang tidak bisa dianggap remeh. Ketika Anda disibukkan dengan urusan di toko, ada banyak hal lain yang juga harus Anda urus di rumah. Entah itu menghabiskan waktu dengan keluarga, makan malam bersama dengan tepat waktu, atau berbincang-bincang sebelum tidur.

3. Ada Surga di Rumahmu

film lebaran inspiratif

Film selanjutnya adalah Ada Surga di Rumahmu, yang tayang di awal 2019. Mungkin belum banyak orang yang tau film ini karena terlalu banyak film ber-genre serupa di momen Ramadan kala itu. Namun, di film ini banyak sekali pelajaran yang bisa Anda petik. Salah satunya adalah bagaimana caranya agar kebutuhan dunia dan akhirat itu berjalan seimbang. Di film ini pula, kita diajarkan untuk tidak terlalu ikut campur dengan urusan orang lain dan tetap fokus mencari pahala dengan melakukan hal-hal baik kepada sekitar kita.

Lalu, apa hubungannya dengan bisnis? Bisa kita kaitkan dengan kehadiran pesaing. Bisnis Anda mungkin bergerak di satu industri yang sama dengan pesaing Anda. Namun, itu bukan berarti Anda harus berkecil hati dan tidak bersemangat untuk menjalankan bisnis Anda sendiri. Justru, kehadiran pesaing seharusnya bisa menjadi pemicu bagi Anda untuk berinovasi dan menciptakan hal-hal yang tidak dimiliki pesaing Anda. Dengan keyakinan bahwa bisnis Anda adalah suatu entitas dengan nilai yang unik, Anda bisa lebih mudah mencari celah atau ancaman yang menghadang dan mengubahnya menjadi peluang.

Baca Juga: Kakk Ayam Geprek, Mengembangkan Bisnis Kuliner di Tengah Kompetitor

 

4. Mencari Hilal

film lebaran inspiratif

Dalam menentukan sesuatu terutama hal-hal yang menyangkut kebutuhan bersama, dibutuhkan kesepakatan yang mufakat. Namun, sebelum Anda bisa bersepakat kepada orang lain, ada baiknya Anda bisa bersepakat dengan diri Anda terlebih dahulu. Dan itulah ide yang disampaikan film Mencari Hilal.

Di film garapan Ismail Basbeth ini, Anda akan disuguhkan dengan perbedaan pola pikir yang kerap kali menjadi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan pendapat antara si muda dan si tua pun ditampilkan dengan apik di dalam cerita tersebut. Hal ini yang menjadi sorotan di dalam dunia kerja. Namun melalui film ini, perbedaan pendapat mengajarkan bagaimana manusia harus menahan emosi dan egonya demi mencapai sebuah mufakat untuk kepentingan bersama.

Bagaimana dengan bisnis? Di tahap-tahap awal, sebelum Anda merintis bisnis, pasti sempat ada banyak perbedaan pendapat antara pendiri yang satu dan pendiri Konsep bisnis dari satu orang mungkin bisa berbeda dari konsep bisnis dari yang lain. Anda wajib menonton film ini jika Anda ingin mendapatkan inspirasi untuk mencari jalan tengah atau menemukan kesamaan dalam perbedaan yang muncul. Dengan mencari benang merah dan akar dari sebuah masalah, Anda bisa lebih cermat dalam menentukan strategi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

Baca Juga: Ini 5 Usaha Paling Menguntungkan yang Bisa Anda Coba di Bulan Ramadan

 

5. Negeri 5 Menara

film lebaran inspiratif

Diangkat dari novel karya A. Fuadi, film garapan Affandi Abdul Rachman menceritakan kehidupan enam remaja muslim di pondok pesantren. Dengan latar belakang yang berbeda, mereka mendapatkan ilmu dari pesantren yang menjadi bekal mereka untuk menggapai cita-cita. Konflik dan berbagai pertentangan hati pun ditunjukkan dalam film tersebut. Namun, kegigihan enam pesantri muda ini menjadi contoh bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Sama halnya dengan bisnis. Di sepanjang perjalanan karier bisnis Anda, mungkin Anda akan mengalami masalah terkait sulit mencari modal, bingung menentukan program promosi, atau pusing membuat menu atau jenis layanan yang bisnis Anda tawarkan. Namun, film ini mengingatkan bahwa segala masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya jika kita terus berjuang. Konsistensi menjadi kata kunci bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan. “Man Jadda wa Jadda” yang berarti “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, pasti dia akan berhasil.”

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Anda Tahu untuk Membangun Bisnis Hingga Sukses dari Nol

Itu tadi beberapa film yang bergenre religi dan bisa Anda nikmati di momen Ramadan ini. Ramadan pun akan jauh lebih berkesan jika Anda bisa berkumpul dengan keluarga. Tak heran jika di bulan penuh berkah ini selalu dimanfaatkan banyak orang untuk menikmati waktu-waktu berharga bersama keluarga. Anda pun bisa memaksimalkan waktu Anda bersama keluarga sambil menikmati beberapa film di atas.

Selamat menonton, ya!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.