Moka Logo
E-Book: Program Loyalitas & Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis

E-Book

E-Book: Program Loyalitas & Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis

3 min
HimawanHimawan

Program loyalitas merupakan salah satu elemen terpenting untuk menjamin keberlangsungan sebuah bisnis. Ia adalah alasan pelanggan Anda terus kembali membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari program loyalitas adalah kemampuan untuk mempertahankan pelanggan, memahami kebiasaan belanja mereka, dan menyediakan wadah komunikasi yang lebih transparan.

Program loyalitas juga memungkinkan Anda untuk menarik data pelanggan yang relevan untuk memajukan bisnis Anda dengan mengetahui pola kebiasaan pelanggan beserta preferensinya terhadap produk yang Anda tawarkan.

Melihat banyaknya keuntungan dari program loyalitas, e-book Moka ini akan memaparkan fakta menarik tentang merchant-merchant Moka yang menggunakan program loyalitas. Dengan demikian, Anda bisa merancang program loyalitas paling tepat bagi bisnis Anda berdasarkan data-data yang kami miliki.

Program Loyalitas & Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis

1. Penjualan meningkat hingga 25 persen

loyalitas pelanggan

Hasil survei dari Nielsen pada tahun 2016 menunjukkan bahwa sekitar 72 persen pelanggan lebih tertarik berbelanja di tempat yang memiliki program loyalitas karena mereka tergiur dengan reward yang akan mereka dapatkan.

Bagaimana dengan angka penjualan tokonya?

Moka menemukan bahwa 55,95 persen bisnis yang menggunakan program loyalitas mengalami peningkatan angka penjualan harian setidaknya sebesar 25 persen. Bahkan, 32,94 persen di antaranya mengalami peningkatan penjualan sebesar 2 kali lipat dalam satu hari saja. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan saat mereka belum memasang program loyalitas.

Baca Juga: Buat Pelanggan Terus Datang di Bulan Ramadan dengan Program Loyalitas


2. Kebiasaan belanja pelanggan berbeda di tiap industri

loyalitas pelanggan

Moka menemukan bahwa rata-rata anggota program loyalitas berbelanja 3 kali lebih banyak dibandingkan pengunjung biasa setiap bulannya.

Namun, data ini tidak bisa disamaratakan untuk semua jenis usaha. Untuk itu, Moka membagi tipe bisnis yang diteliti ke dalam empat bidang yakni ritel, servis, quick service restaurant, dan full-service restaurant.

Untuk ritel, 8 dari 10 merchant Moka menunjukkan nilai transaksi dari anggota program loyalitas yang lebih besar dibandingkan non-anggota.

Bahkan, 35 persen dari merchant-merchant ini menunjukkan bahwa pelanggan setia mereka berbelanja 2 kali lebih sering dibandingkan pelanggan biasa.

Untuk tipe bisnis servis, 6 dari 10 merchant menunjukkan pelanggan setia mereka berbelanja lebih sering dibandingkan pelanggan biasa. Pelanggan setia juga belanja dua kali lebih banyak daripada pelanggan biasa. Sebaliknya, hal ini tidak ditemukan pada tipe bisnis quick service restaurant atau restoran cepat saji.

Eits, penasaran dengan kebiasaan belanja pelanggan di quick service restaurant? Unduh e-book kami untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Baca Juga: Yuk Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadan dengan 4 Tips Promosi Berikut Ini


3. Lewat bulan kedua, pelanggan membeludak

loyalitas pelanggan

Program loyalitas juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelanggan setia baru. Pelanggan baru ini memiliki dua konteks.

Pertama, pelanggan biasa yang beralih menjadi pelanggan setia setelah kunjungan ke sekian. Kedua, mereka yang langsung jadi pelanggan setia saat kunjungan pertama. Perlu diketahui, pelaku usaha yang dengan program loyalitas baik memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru 7 kali lebih besar.

Dari hasil penelitian, Moka menemukan bahwa usaha yang memiliki program loyalitas bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan jumlah kunjungan dari pelanggan setia. Dari hasil penelitian selama 3 bulan, ditemukan hasil bahwa jumlah pelanggan di bulan ke-2 program loyalitas selalu mengalami peningkatan.

Baca Juga: Fitur Terbaru: Moka Promo! Buat Program Promo Sendiri dengan Mudah


4. Redeem uang tunai paling diminati

loyalitas pelanggan

Program loyalitas yang sukses memiliki proses penebusan atau penukaran poin reward yang mudah dan transparan. Kedua belah pihak bisa mengetahui dengan jelas tentang apa yang ditebus beserta nilai yang menyertainya.

Setelah mengobservasi sejumlah merchant yang telah memproses lebih dari 10 kali penebusan, tercatat bahwa 50 persen pelanggan setia merchant Moka melakukan penebusan dalam bentuk uang tunai, 38 persen dalam bentuk diskon, dan 12 persen memilih keduanya.

Khusus untuk penebusan dalam bentuk uang tunai, pelanggan rata-rata harus berbelanja sebesar Rp10.000 untuk mendapatkan 1 poin.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop


5. Pelanggan setia Moka hampir 50 ribu orang

loyalitas pelanggan

Kami merekam data dari seluruh merchant Moka yang memasang program loyalitas, mulai dari Oktober 2017 hingga Januari 2019. Dari hasil perekaman ini ditemukan beberapa hasil yang cukup menarik.

Dari awal periode penelitian, jumlah anggota program loyalitas yang dipasang merchant Moka terus bertambah setiap bulannya sampai akhir periode penelitian. Penambahan ini tercatat memiliki angka pertumbuhan berkala atau compounded monthly growth rate (CMGR) sebesar 10,96 persen.

Dari total 251 program loyalitas yang dibuat oleh merchant Moka, jumlah pelanggan setianya sampai Januari 2019 telah mencapai angka 43.000. Data-data ini menunjukkan bahwa program loyalitas yang dipasang merchant Moka memiliki dampak yang relatif besar terhadap angka pertumbuhan gabungan setiap bulannya.

Penasaran untuk menggunakan fitur Promo dari Moka? Tonton video pengenalan fiturnya di bawah ini:

 

Dari contoh dan data yang sudah dipaparkan, kini Anda bisa semakin membaca pasar dan pengunjung dengan lebih jeli.

Dengan demikian, Anda bisa merancang strategi program loyalitas yang paling tepat untuk bisnis Anda. Kesempatan kesuksesan bisnis Anda akan semakin terbuka lebar. Semoga berhasil!

Social Media Share :
Himawan

Himawan

Penulis di Blog Moka