E-Book

[Free E-Book]: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

By Sintia Astarina on September, 18 2019
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

Download E-Book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019 - Tahukah Anda, media sosial menjadi corong yang begitu ampuh untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, YouTube, atau yang paling hits, yakni Instagram.

Bahkan, Liputan6 pernah mengatakan bahwa Instagram termasuk sebagai platform media sosial peringkat ke-4 terpopuler di dunia.

Apa saja sih yang menjadi kelebihan Instagram? Ya, selain memiliki daya tarik visual yang kuat, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk membagikan konten dalam bentuk teks, foto, juga video.

Baca juga: 25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat

Instagram sendiri digunakan bukan untuk branding bisnis saja, melainkan medium untuk meningkatkan penjualan. Tentu, penggunaan Instagram ini akan berhasil jika Anda tahu dan menerapkan strateginya dengan tepat dan maksimal.

5 Manfaat Penerapan Strategi untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

1. Memudahkan pelanggan menjangkau bisnis Anda

memberikan komentar di media sosial

Tingginya jumlah pengguna Instagram memang menjadikan media sosial ini sebagai sasaran empuk. Apabila bisnis Anda memiliki akun Instagram, Anda dapat memudahkan pelanggan untuk memperoleh informasi terbaru soal bisnis Anda.

Misalnya, Anda memiliki outlet baru dengan teknologi Point of Sale canggih, ada promo Buy 1 Get 1, lokasi usaha Anda pindah, Anda membutuhkan barista, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Dengan demikian, Anda pun bisa memasarkan produk bisnis dengan jangkauan yang lebih luas, sebab siapa pun bisa mengakses Instagram, khususnya akun Anda dengan mudah.


2. Mampu mengenal pelanggan lebih dekat

Strategi untuk Bisnis Lebih Maksimal (2)

Seperti yang diketahui, Instagram memiliki fitur Insight di mana Anda bisa mengetahui informasi mengenai followers hingga engagement suatu konten yang Anda unggah.

Dengan informasi ini, Anda bisa mengenal pelanggan lebih dekat, mulai dari demografis, perilaku, kapan followers Anda aktif, dan sebagainya.

Jadi, Anda pun bisa membuat konten yang lebih relevan dan memang disukai oleh audiens mereka.

Baca juga: 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram sebagai saluran interaksi dan komunikasi dua arah. Misalnya, Anda membuat pertanyaan pada caption dengan harapan akan memantik berbagai pertanyaan di kolom komentar.

Bisa juga Anda live video dan membagikan informasi bermanfaat mengenai produk bisnis Anda, di mana Anda juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk secara langsung. 


3. Meningkatkan brand awareness bisnis Anda

bisnis kopi - kedai kopi

Salah satu strategi Instagram untuk bisnis maksimal adalah memasang iklan. Coba bayangkan, dibanding harus memasang iklan secara offline seperti pada baliho di pinggir jalan, memasang iklan di Instagram tentu akan lebih murah.

Baca juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Saat hendak membuat iklan, Anda bisa menentukan kategori berdasarkan audiens, lokasi, jenis kelamin, minat, dan sebagainya. Semakin spesifik informasinya, iklan bisnis Anda akan semakin tepat sasaran.


4. Membantu memantau pasar dan persaingan

pentingnya Instagram untuk bisnis

Perlu dipahami, yang menjalankan bisnis serupa dengan Anda pasti bukan cuma satu-dua saja. Bahkan, yang menggunakan strategi Instagram untuk bisnis maksimal sudah pasti bukan Anda seorang diri.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk memantau pasar, juga persaingan yang terjadi.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis kedai kopi di daerah Jakarta Selatan, yang mana daerah tersebut sudah dijamuri kedai kopi di mana-mana.

Untuk bisa lebih menonjol dibanding yang lain, Anda bisa membuat konten yang berbeda dari kompetitor Anda. Misal, kompetitor Anda hanya mengunggah foto-foto kopi di Instagram, tapi jumlah likes-nya sedikit dan tidak ada engagement di sana.

Baca juga: Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Maka, ambilah celah untuk membuat konten yang lebih keren! Anda bisa membuat konten edukatif mengenai kopi dengan cara storytelling. Jangan lupa, libatkan pelanggan Anda dalam konten tersebut, entah menjawab pertanyaan di kolom komentar, mention akun lain, dan sebagainya.


5. Mampu merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan cepat

Strategi untuk Bisnis Lebih Maksimal (3)

Biasanya, pelanggan malas menghubungi email atau nomor telepon suatu bisnis jika ingin menyampaikan pertanyaan atau keluhan. Media sosial lah yang kini menjadi sasaran dengan harapan mereka bisa memperoleh respon yang cepat.

Komentar apapun yang dituliskan oleh pelanggan jangan pernah dianggap remeh, ya. Anda harus mampu merespon pertanyaan atau keluhan dengan cepat sebab di mata pelanggan, bisnis Anda pasti akan dianggap lebih responsif.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Nah, itulah dia strategi Instagram untuk bisnis maksimal 2019 yang bisa Anda coba. Untuk memperoleh manfaat di atas, tentu Anda harus membuat konten menarik yang memang disukai oleh followers Anda.

Namun, yang dimaksud dengan konten menarik adalah yang seperti apa? Tenang, kami sudah mempersiapkannya E-Book Strategi Instagram untuk Bisnis Maksimal 2019 untuk Anda. Jangan lupa isi form di artikel ini dan Anda pun langsung bisa membaca E-book ini di email Anda.

Selamat membaca, semoga bermanfaat!


Jangan ketinggalan membaca E-book di bawah ini, ya!

Download E-book Mobile Payment dari Moka sekarang! (2)

  1. Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis
  2. Beauty 4.0: Habis Cantik Terbitlah Viral
  3. 7 Kebiasaan Belanja Pelanggan Terunik di Bulan Ramadan
  4. Program Loyalitas & Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis
  5. Tren Bisnis Ayam Geprek di Indonesia Tahun 2018
  6. Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia
  7. Data-Data Terkini seputar Tren Bisnis Kedai Kopi di Indonesia
  8. Strategi Ampuh Mendongkrak Penjualan Bisnis Kedai Kopi di Indonesia 2018
  9. Cara Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia