Business Insight E-Book

E-book: Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia

By Himawan Pradipta on December, 17 2018
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Setelah sebelumnya menghadirkan e-book berisi pemetaan bisnis kopi di Indonesia di tahun 2018, kali ini Moka hadir dengan e-book baru mengenai pemanfaatan aplikasi kasir berbasis Cloud guna menunjang aktivitas operasional usaha di Indonesia.

Baca juga e-book kami tentang tren umum bisnis kedai kopi di Indonesia.

Sebelum teknologi aplikasi kasir hadir, para pemilik bisnis masih menggunakan sistem pembukuan manual, yakni mencatata dengan kertas, alat tulis, mesin kas, serta kalkulator. Sehingga aplikasi kasir berbasis cloud muncul sebagai solusi yang mempermudah pengelolaan data penjualan.

 

Beberapa poin yang akan kami jelaskan di e-book ini mencakup:

  • Evolusi mesin kasir dari 2000 - 2018
  • Pentingnya aplikasi kasir berbasis Cloud untuk bisnis
  • Keuntungan menggunakan aplikasi kasir berbasis Cloud
  • Tips memilih aplikasi kasir berbasis Cloud yang sesuai dengan bisnis Anda

Lebih lengkapnya, yuk disimak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Evolusi mesin kasir dari 2000 - 2018

tren kopi terbaru

Sejak tahun 2000-an awal, tercatat ada tiga jenis perangkat kasir yang cukup populer di kalangan pemilik usaha di Indonesia, yaitu cash register hitung, cash register standard, serta cash register PC dengan fitur barcode scanner. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun ketiganya masih memiliki masalah, yakni ketidakcocokkan antara pemasukan yang sebenarnya dengan pemasukan yang tercatat di mesin kasir.

Baca Juga: 5 Penyebab Usaha Kecil Menengah Mengalami Pailit

 

2. Pentingnya aplikasi kasir berbasis cloud untuk bisnis

tren kopi terbaru

Salah satu yang menjadi tantangan untuk perekonomian di Indonesia bukan hanya fokus pada pertumbuhan badan usaha, namun bagaimana caranya untuk memastikan usaha-usaha baru tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lama. Salah satu caranya adalah penerapan teknologi untuk menunjang kebutuhan berbisnis, seperti aplikasi kasir berbasis cloud.

Dengan teknologi cloud, pemilik usaha bisa memantau data lebih transparan karena semuanya dilakukan secara otomatis. Risiko seperti kehilangan data, kekhilafan pencatatan transaksi, hingga biaya operasional yang tinggi pun dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Baca Juga: 5 Alasan Perkasiran Berbasis Cloud Penting untuk Bisnis Restoran Anda

 

3. Keuntungan menggunakan aplikasi kasir berbasis cloud

tren kopi terbaru

Dibandingkan dengan metode pembukuan secara manual yang sudah kuno, ada beberapa keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis. Misalnya akses data yang lebih mudah dan cepat. Karena menggunakan teknologi cloud dan terhubung dengan internet, para pebisnis dapat mengakses data keuangan, menambah, hingga menghapusnya di mana saja dan kapan saja. Saat mengelola data pun terbilang lebih efisien karena sistem akan mencatat setiap transaksi yang terjadi di toko Anda secara otomatis.

Soal keamanan aplikasi kasir sudah tidak diragukan lagi karena data penting Anda akan tersimpan dengan baik tanpa bisa diakses oleh pihak manapun, misalnya karyawan Anda. Anda akan dimintai kode akses ketika akan mengakses data perusahaan, sehingga Anda dapat lebih tenang dalam menyimpan data penjualan.

Baca Juga: Kelola Data Lebih Efisien dengan Sleekr Accounting di Backoffice Moka

 

4. Memilih aplikasi kasir yang tepat

tren kopi terbaru

Setiap penyedia layanan aplikasi kasir memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk itu jika Anda ingin mencari mana aplikasi kasir yang tepat, pikirkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  • Mudah disesuaikan dengan tipe bisnis Anda

Karena setiap bisnis memiliki preferensinya masing-masing, memilih aplikasi kasir yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan adalah hal yang dibutuhkan.

  • Cepat, efisien, serta akurat

Kecepatan transaksi serta akurasi adalah hal penting yang menjamin kepuasan pelanggan ketika bertransaksi di toko Anda.

  • Memiliki fitur yang beragam

Tidak hanya sekadar mencatat transaksi, sebuah aplikasi kasir yang baik juga mampu menyediakan beragam fitur yang diperlukan untuk mengembangkan usaha Anda.

  • Data mudah diakses di mana saja

Dengan sistem yang berbasis cloud, kemudahan akses data tentu penting. Anda tidak perlu lagi datang ke toko hanya untuk melihat laporan penjualan dalam suatu periode tertentu. Semuanya hanya dengan sentuhan jari.

  • Penyedia mudah dihubungi ketika ada masalah

Customer service yang baik juga hal yang perlu diperhatikan. Terutama jika sistem mengalami masalah atau kerusakan. Tim support harus memiliki track record yang sigap dalam menangani masalah tersebut. Sehingga saat sistem mengalami maintenance, Anda bisa fokus berbisnis.

  • Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai software aplikasi kasir

Pelajari dengan matang setiap fitur yang dihadirkan penyedia layanan aplikasi kasir serta ketahui seberapa sesuai aplikasi kasir yang ingin Anda gunakan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis Lebih Cepat dengan Lebih Banyak Karyawan

Menarik, bukan?

Itulah tadi beberapa informasi mengenai salah satu teknologi yang penting untuk menunjang bisnis Anda bernama aplikasi kasir. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mulai mempelajarinya lebih lanjut?

Dapatkan e-book-nya secara GRATIS dan dapatkan informasi yang jauh lebih lengkap mengenai aplikasi kasir agar performa bisnis Anda semakin meningkat.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia