E-Book

[Free E-book] Panduan Memulai Bisnis Rumahan

By Jordhi Farhansyah on July, 30 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

[Free E-book] Panduan Memulai Bisnis Rumahan - Keberadan pandemi COVID-19 telah mengubah begitu banyak aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari hubungan sosial hingga urusan bisnis dan keuangan. Seperti yang bisa dilihat bersama, banyak sektor bisnis yang terpukul akibat wabah ini. Banyak perusahaan yang harus mengambil langkah efisiensi agar tetap bisa beroperasi.

Efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan pun beragam. Mulai dari memberlakukan jadwal shift, merumahkan pegawai, pengurangan benefit, pencicilan gaji, hingga pemutusan hubungan kerja. 

Baca juga: Rebut Pelanggan dengan 6 Strategi Marketing Terbaik Pasca Krisis

Ditambah lagi, kewaspadaan agar tak tertular virus pun membuat masyarakat sangat membatasi aktivitas luar rumah dan memilih untuk di rumah saja. Semua ini sangat memengaruhi offline business yang mengandalkan transaksi tatap muka dengan pembeli. 

Maka dari itu, model bisnis offline seperti sedia kala sudah tak lagi sesuai dengan kenormalan yang baru. Para pengusaha pun mengambil langkah strategis untuk mengubah offline business menjadi online business, jika ingin bertahan. 

Baca juga: 10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

Bertambahnya online business bukan hanya disebabkan oleh shifting offline business ke online business saja, tetapi juga bertumbuhnya bisnis rumahan online. Saat ini, banyak orang membuka bisnis rumahan online untuk mencukupi kebutuhan hariannya selama masa krisis. Apakah Anda salah satunya? Atau Anda baru ingin memulai bisnis rumahan?

Yuk, ketahui lebih dalam tentang apa itu bisnis rumahan dan bagaimana cara yang tepat untuk memulainya.

Apa Itu Bisnis Rumahan?

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan (4)

Bisnis rumahan kian bermunculan di Indonesia, terutama ketika pandemi COVID-19 berlangsung. Ada yang baru pertama kali membuat bisnis rumahan, ada pula yang melanjutkan bisnis yang sebelumnya sudah ada.

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

Apa sih bisnis rumahan itu? Bisnis rumahan adalah segala jenis bisnis yang lokasi usahanya bertempat di rumah pemilik bisnis. Dalam artian, pemilik usaha tak perlu menyewa tempat lain atau memiliki properti tertentu demi menjalani bisnisnya tersebut.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan memiliki bisnis rumahan?

Kelebihan

Kekurangan

    1. Jam kerja lebih fleksibel
    2. Menghemat waktu dan tenaga untuk perjalanan yang jauh menuju kantor
    3. Menghemat biaya sewa lokasi usaha
    4. Biaya awal dan operasional lebih kecil
  1. harus bernegosiasi dengan lingkungan sekitar
  2. Pelanggan kesulitan menemukan toko Anda, kecuali Anda memiliki toko online
  3. Tingkat stres lebih tinggi
  4. Merasa terisolasi dari dunia luar

Siapa yang Cocok Menjalankan Bisnis Ini?

menjalankan bisnis rumahan bersama pasangan

1. Ibu rumah tangga

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang di rumah, menjalani bisnis rumahan merupakan pilihan tepat untuk mengisi waktu guna memperoleh penghasilan tambahan.

Apabila Anda gemar memasak, suka membuat kerajinan tangan, atau mudahnya ingin menjadi reseller produk-produk tertentu, Anda bisa memanfaatkan peluang di tengah pandemi ini. Berikut rekomendasi usaha rumahan yang bisa dijalani ibu rumah tangga.

2. Mahasiswa atau pelajar

Biasanya, mahasiswa atau pelajar memiliki banyak waktu luang ketika masa-masa liburan. Nah, mengapa tak memanfatkan waktu kosong tersebut untuk menjalani bisnis rumahan? Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan, mulai dari menjual jasa desain grafis, membuat konten di media sosial, dan lainnya. Yuk, cari tahu lebih lanjut usaha yang cocok untuk mahasiswa atau pelajar di artikel ini.

3. Pekerja kantoran

Apabila Anda seorang pekerja kantoran dan ingin menambah penghasilan sampingan, yuk mulai bisnis rumahan Anda sendiri. Anda bisa memilih untuk menjalankan bisnis di akhir pekan agar tak menganggu pekerjaan utama di kantor.

4. Wiraswasta

Sudah punya bisnis sendiri, masih inginn mencoba peluang yang lain? Yuk, coba beragam bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan. Siapa tahu, bisnis rumahan ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

5. Siapa pun

Ya, siapa pun, termasuk Anda. Baik yang sebelumnya sudah pernah berbisnis maupun yang baru pertama kali ingin memulai bisnis rumahan, siapa pun pasti bisa menjalankannya. Nah, supaya tidak salah langkahh, yuk ketahui lebih lanjut panduan memulai bisnis rumahan berikut ini.


Panduan Memulai Bisnis Rumahan

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan (2)

Faktanya, dari 253 orang yang kami survey, baik perempuan maupun laku-laku sama-sama memiliki bisnis rumahan atau pernah membeli produk dari bisnis rumahan. Bahkan 1 dari 4 orang memulai bisnis ini di tengah pandemi COVID-19, lho. Maka, tak heran apabila bisnis mereka baru berjalan kira-kira 3 bulan saja.

Meski begitu, pemilik bisnis rumahan ini jumlahnya ada banyak, lho! Begitu juga dengan pembelinya. Dapat dikatakan bahwa usaha rumahan ini memang sangat potensial untuk menjadi besar di kemudian hari.

Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, yuk ikuti panduannya.

  1. Lakukan persiapan dan tentukan metode penjualan: apakah pre-order, reseller, atau ready stock.
  2. Perhatikan cash flow bisnis. Jangan sampai kondisi keuangan Anda membuat bisnis rumahan jadi stuck.
  3. Ketahui siapa target konsumen Anda dan pahami kebutuhan mereka. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, produk Anda akan lebih tepat sasaran.

Eittsss ... panduan memulai bisnis rumahan tidak cukup hanya 3 poin di atas. Yuk, cari  tahu lebih lanjut bagaimana memulai atau memaksimalkan bisnis rumahan ini supaya hasilnya lebih baik. Download E-book "Panduan Memulai Bisnis Rumahan" sekarang juga. GRATIS!

Klik untuk Baca E-book

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia