Moka Logo
[Free E-Book] Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis

E-Book

[Free E-Book] Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis

3 min
SintiaSintia

Download E-book: Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku BisnisMenurut Laporan Global Payment 2018 dari Wordplay, penggunaan mobile payment secara global diprediksi meningkat sebanyak 28% pada 2022, yang mana hal tersebut melampaui penggunaan kartu kredit dan uang tunai.

Melihat tren tersebut, rasanya tak ada salahnya apabila Anda sebagai pelaku bisnis juga memanfaatkan tren tersebut dengan mengurangi pembayaran dengan uang tunai. Mungkin bagi sebagian pelaku bisnis, rasanya sulit. 

Baca juga: Dampak Cashless Society Bagi Milenial dan Cara Menghadapinya

Namun, ketahuilah, sudah banyak bisnis di Indonesia yang menerapkan mobile payment. Bahkan, adapula bisnis yang sama sekali tak lagi menggunakan uang tunai, seperti Titik Temu Jenggala, Jakarta Selatan.

Untuk itu, mari kulik lebih dalam 3 manfaat penting mobile payment untuk bisnis yang Anda jalani. Namun sebelum itu, kami sudah menyiapkan E-book Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis untuk Anda unduh GRATIS!

Silakan isi form di bawah ini.

3 Manfaat Mobile Payment untuk Bisnis Anda

1. Meningkatkan efisiensi saat ada transaksi

tren mobile payment - mengurangi antrean di toko

Zaman sekarang, pelanggan sangatlah sibuk. Mereka tidak ingin meluangkan waktu hanya untuk mengantre atau bahkan menunggu uang kembalian.

Itulah mengapa banyak penyedia layanan yang menggencarkan mobile payment ini karena memberikan kemudahan pada dua pihak, baik pelanggan maupun pemilik bisnis.

Baca juga: 3 Tren Mobile Payment di Indonesia, Sekarang di Fase Mana?

 Mungkin Anda tahu soal Amazon Go? Ini merupakan minimarket yang mengusung konsep grab-and-go, dan tidak menggunakan kasir.

 

 

Laporan eMarketer mengungkapkan bahwa 43% pengguna internet di Amerika Serikat lebih memilih untuk melakukan pembayaran dengan memindai barcode (scan-and-go), dibanding mengantre di kasir untuk melakukan transaksi pembelian.

Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis pun bisa menangkap peluang ini dengan bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan mobile payment, misalnya GoPay, OVO, Link Aja, Ali Pay, WeChat Pay, dan seterusnya.

Mudahnya, Anda bisa menggunakan Moka Pay, agregator segala jenis pembayaran digital yang akan memudahkan pelanggan Anda untuk membayar dengan berbagai jenis provider.


2. Lebih mudah mengelola laporan penjualan

mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir

Kebayang tidak, ketika pelanggan Anda membayar dengan uang tunai, Anda harus menghitung uang tersebut satu per satu. Selain memakan waktu, menghitung seperti ini bisa saja menyebalkan.

Misalnya, penghitungan laporan keuangan yang salah, uang receh yang tercecer tidak masuk hitungan, dan sebagainya.

Baca juga: Apakah Bisnis UKM Perlu Menerima Mobile Payment?

Namun, ketika Anda menerapkan mobile payment untuk bisnis, semua jenis transaksi bisa Anda rekam dan track secara otomatis. Manfaat yang bisa didapat ialah:

  1. lebih hemat waktu
  2. mengurangi risiko kekeliruan dalam penghitungan laporan penjualan
  3. lebih efisien
  4. dapat melihat laporan keuangan secara real-time
  5. menganalisis laporan tersebut untuk membuat strategi marketing yang lebih jitu

3. Mengurangi berbagai macam risiko

Jika tidak menerapkan mobile payment untuk bisnis, beberapa risiko yang mungkin bisa dihadapi ialah uang tunai Anda raib dicuri oleh penjahat atau bahkan oleh karyawan Anda sendiri. Tentu saja, hal tersebut bisa berimbas pada kerugian bisnis.

Baca juga: Mengapa Mobile Payment Penting untuk Bisnis Anda?

Secara keseluruhan, menerapkan mobile payment untuk bisnis bisa meningkatkan keamanan untuk bisnis Anda, terutama untuk melindungi aset-aset Anda.

Nah, itulah dia 3 manfaat penting mobile payment untuk bisnis yang Anda jalani. Jika saat ini Anda masih ragu apakah mobile payment ini benar-benar dibutuhkan bisnis Anda atau tidak, yuk download E-book terbaru kami “Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis”. GRATIS!

Anda hanya perlu mengisi form di bawah ini dan akan kami kirimkan E-book ini ke email Anda.


E-book di bawah ini juga bisa dimiliki GRATIS, lho!

download e-book moka

  1. Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019
  2. Beauty 4.0: Habis Cantik Terbitlah Viral
  3. 7 Kebiasaan Belanja Pelanggan Terunik di Bulan Ramadan
  4. Program Loyalitas & Dampaknya Terhadap Pelanggan dan Bisnis
  5. Tren Bisnis Ayam Geprek di Indonesia Tahun 2018
  6. Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia
  7. Data-Data Terkini seputar Tren Bisnis Kedai Kopi di Indonesia
  8. Strategi Ampuh Mendongkrak Penjualan Bisnis Kedai Kopi di Indonesia 2018
  9. Cara Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan
Social Media Share :
Sintia

Sintia

Suka baca buku dan jalan-jalan.