Business Insight E-Book

E-Book Beauty 4.0: Habis Cantik Terbitlah Viral

By Sintia Astarina on September, 4 2019
Sintia Astarina

Habis Cantik Terbitlah Viral: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan 5 Promosi Bisnis Kecantikan - Tren kecantikan rupanya berubah seiring berjalannya waktu.

Mungkin, untuk urusan kecantikan, dulu pelanggan Anda sangat bergantung pada nasihat dokter. Inilah yang disebut sebagai era Beauty 1.0.

Kemudian, mulai beranjak ke Beauty 2.0, di mana masyarakat beralih ke tampilan wajah bening dengan mempertahankan warna asli kulit wajah. Ya, bisa dibilang seperti “no makeup” makeup look.

Lantas, bagaimana dengan Beauty 3.0? Di sini, pergeseran tren kembali terjadi. Seorang perempuan dapat dikatakan cantik apabila ia merasa nyaman dengan riasan apapun yang dikenakannya.

Baca juga: Siap Hadapi Tantangan di Era Beauty 4.0 dengan 4 Langkah Berikut Ini

Riasan tersebut sebenarnya berfungsi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri masing-masing. Tak peduli apa merk, harga, atau bagaimana tingkat popularitasnya.

Kalau sekarang, definisi cantik terbilang begitu subjektif. Penampilan seseorang dilihat dari permukaannya saja, bukan lagi mengandalkan perasaan. Di Beauty 4.0 ini, cantik bukan hanya sekadar soal estetika, melainkan termasuk kebugaran dan kesehatan.

Nah, terkait industri estetika itu sendiri, apa saja sih promosi bisnis kecantikan yang bisa diterapkan agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan? Simak bocorannya berikut ini.

Habis Cantik Terbitlah Viral: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan 5 Promosi Bisnis Kecantikan

1. Beli X Gratis Y

makeup - salon kecantikan

Ini dia salah satu promosi bisnis kecantikan yang bisa Anda terapkan. Pada umumnya, jenis yang pertama ini berlaku untuk berbagai produk kecantikan, seperti skincare.

Katakanlah, beli Micellar Water gratis Toner atau beli 10 masker wajah dapat 1 masker tambahan gratis.

Nyatanya, promo seperti ini banyak menarik minat konsumen karena secara tidak langsung, konsumen Anda bisa mendapatkan produk yang Anda jual dengan harga yang lebih murah. Atau, dengan harga normal, mereka bisa mendapatkan lebih dari satu produk.


2. Produk Paketan

promo make up buy 1 get 1

Promosi selanjutnya yang bisa Anda gencarkan ialah produk paketan. Yang satu ini juga cukup digandrungi, mengingat produk yang disediakan akan dijual dengan jumlah yang terbatas.

Anda bisa mengemasnya dengan eksklusif dan membanderolnya dengan harga lebih murah. Contoh, Anda menjual berbagai macam alat rias dalam satu gift box spesial. Alat rias tersebut terdiri dari foundation, concealer, pensil alis, eyeliner, bedak, serta lipstik dan lipbalm.

Dibandingkan membeli makeup tersebut secara satuan, pelanggan Anda pasti akan berpikir untuk membeli produk paketan tersebut karena mereka tidak perlu memilih satu per satu dan yang pasti, harga lebih pas di kantong.

Anda juga bisa mempromosikan produk paketan ini sebagai gift yang bisa diberikan sebagai hadiah untuk orang lain. Menarik, bukan?

Oh ya, sedikit tips, gunakanlah kata-kata untuk promosi seperti, “Eksklusif”, “Terbatas”, “Hanya 3 Hari”, dsb. untuk meningkatkan sense or urgency untuk membeli produk Anda.

Ketahuilah, takut kehabisan adalah salah satu karakteristik konsumen yang begitu menonjol di industri ritel saat ini.


3. Happy Hour

perawatan kuku di salon kecantikan

Apakah Anda memiliki salon kecantikan sendiri? Tahukah Anda, berdasarkan Data Internal Moka, salon-salon mulai sepi pada pukul 6 sore. Namun, tidak menutup kemungkinan pelanggan bisa datang ke salon pada pukul 7 atau 8 malam.

Baca juga: Tertarik Bisnis Kecantikan? 4 Franchise Klinik Kecantikan Ini Patut Anda Lirik

Hal ini disebabkan sebagian besar pelanggan tidak memiliki waktu untuk mempercantik diri di salon pada hari kerja. Begitu sampai di rumah pun rasanya sudah lelah.

Maka dari itu, kebanyakan orang hanya menggunakan masker wajah atau melakukan rutinitas skincare sendiri.

Nah, mengacu pada data tersebut, mengapa Anda tidak menggencarkan promosi Happy Hour di jam-jam sepi salon?

Beberapa contoh promosi bisnis kecantikan yang bisa Anda sontek:

  • Promosi perawatan kuku pada pukul 6-9 malam dengan harga spesial.
  • Dapatkan diskon 20% untuk perawatan tertentu jika pelanggan mengajak 1 teman.
  • Gratis voucher perawatan senilai ratusan ribu dengan perawatan min. Rp100.000.

4. Promo Ulang Tahun

hadiah makeup

Promo yang satu ini juga cukup jitu untuk menarik banyak pelanggan. Siapa sih, yang tidak senang bisa mendapatkan harga khusus untuk melakukan perawatan di salon atau membeli produk tertentu? Di hari spesial mereka pula.

Promo yang bisa Anda berikan berupa potongan diskon, free voucher, free treatment, dan masih banyak lagi.

Ini bisa menjadi strategi marketing yang pas untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap bisnis Anda.


5. Loyalty Program

bisnis salon kecantikan 1


Terakhir, loyalty program. Tentunya Anda ingin pelanggan Anda tetap setiap kepada bisnis Anda, bukan? Selain mengadakan promo diskon atau free treatment di hari ulang tahun, Anda juga bisa membuat membership card untuk para pelanggan Anda.

Nantinya, membership card tersebut menawarkan fasilitas atau promo lain yang tidak didapatkan oleh pelanggan biasa atau pelanggan yang belum bergabung menjadi member.

Baca juga: Menjawab Kebutuhan Para Merchant, Moka Luncurkan Fitur Loyalty Program

Beberapa contoh loyalty program ialah diskon 10% untuk setiap kali kedatangan, penukaran reward, bisa diundang ke event perusahaan Anda, menjadi yang pertama mencoba produk terbaru, dan sebagainya.

Nah, dari 5 promosi bisnis kecantikan di atas, mana yang sudah pernah atau akan Anda terapkan?

Agar pemahaman Anda semakin kaya terkait industri kecantikan di era Beauty 4.0 ini, yuk dapatkan E-Book Habis Cantik Terbitlah Viral dengan mengisi form di bawah ini. GRATIS!

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia