Moka Logo
7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika Serikat

Cerita Sukses

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika Serikat

4 min
RaniRani

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika – Ada orang bijak yang mengatakan bahwa besar kecilnya seseorang dapat dilihat dari mimpi dan tindakannya.

Pernyataan ini rasanya cocok untuk menggambarkan Omar Karim dan Rinaldi Nurpratama, yang merupakan founder, sekaligus owner dari Dua Coffee Shop.

Apa sih filosofi di balik kata “Dua”? Omar menjelaskan bahwa nama tersebut muncul dari kerja sama yang dilakukannya bersama Aldi. Selain itu kata “Dua” sendiri juga mencerminkan doa dan keinginan dalam Bahasa Arab. 

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!

“Jadi, kita berharap Dua Coffee ini menjadi cara temen-temen yang ada atau bekerja sama di Dua, untuk bisa mencapai harapannya atau cita-citanya. Jadi ya semoga Dua ini emang bener-bener bisa menjadi gerbang menuju keberhasilan dan juga mengaminkan doa-doa mereka,” papar Omar Karim.

Ya, sepertinya harapan tersebut pun terwujud, terutama harapan kedua pemilik kedai kopi ini.

Di tengah ancaman dan persaingan bisnis kopi yang ketat, Omar dan Aldi telah berhasil mewujudkan mimpi mereka dengan membuka cabang coffee shop miliknya sendiri di luar negeri. Tepatnya di Washington DC, Amerika Serikat.

Wah… bagaimana dua pria tersebut mampu memboyong kedai kopinya yang masih belia, menuju negeri Paman Sam? Berikut ini 7 rahasianya!

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika Serikat

1. Bisnis sampingan = bisnis utama

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika (4)

Dua Coffee Shop berdiri sejak akhir  2016 lalu. Omar yang sebelumnya sudah hilir mudik berkarier di beberapa perusahaan FMCG multinasional, memutuskan untuk berhenti dan memulai bisnisnya sendiri.

Dari zaman kuliah, Omar memang suka dengan yang namanya punya bisnis sampingan. Namun, ia berpikir bahwa yang namanya bisnis itu tidak yang sifatnya sampingan. Maka, ia pun menseriusi bisnisnya yang satu ini.


2. Tak ada salahnya ajak teman berbisnis

owner Dua Coffee Shop - Rinaldi Nurpratama dan Omar Karim

Tahukah Anda, Rinaldi Nurpratama atau yang biasa dipanggil Aldi, merupakan teman sekelas Omar Karim sewaktu kuliah.

Karena dirinya memang sudah meyakinkan diri untuk memulai bisnis, ia pun berhenti kuliah, dan mengajak Aldi untuk menjadi partner bisnisnya.

Dari situlah mereka kemudian membangun sebuah kedai kopi di bilangan Cipete, Jakarta Selatan yang tentu juga sudah bisa Anda nikmati. Ya, apa lagi kalau bukan Dua Coffee Shop?

Apakah Anda sudah pernah mampir ke sana?


3. Riset pasar itu penting

Bisa dibilang bahwa riset merupakan pondasi penting sebelum memulai suatu bisnis. Jika Anda berminat untuk membuka cabang bisnis di mana pun itu, riset pasar tentu perlu Anda lakukan.

“Banyak hal yang bisa kalian riset, caranya bisa dengan magang, atau bisa juga dengan keliling. Tapi kalau keliling kan ngeluarin uang ya, kalau magang kan dapet uang dan juga tahu feedback langsung dari customer,” ungkap Omar Karim.


4. Milikilah mentor bisnis

Dua Coffee Shop merasa penting untuk memiliki partner bisnis

Ketika membangun Dua Coffee Shop, Omar mengaku bahwa ia dan Aldi memiliki seorang mentor bisnis, yang merupakan senior di dunia bisnis kuliner.

Mentor Omar dan Aldi ini kemudian mengatakan bahwa untuk berbisnis, mereka harus punya produk sendiri. Nah, karena kebetulan mentor bisnis mereka juga merupakan salah satu coffee shop owner, mereka pun disarankan untuk bikin kopi saja.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Perkembangan E-Wallet untuk Bisnis Kedai Kopi

“Karena kopi ke depannya bakal bagus dan segala macam, tapi kita nggak ngerti soal kopi waktu itu, karena kita juga pemain baru,” kata Omar ketika ditanyai alasan ia memilih kopi sebagai produk bisnisnya.

Terus, kita banyak belajar sama temen-temen di industri kopi Indonesia untuk bisa ngajarin gimana sih nge-serve kopi yang enak, atau bisa dibilang specialty coffee itu kayak gimana,” sambung Omar.


5. Berani menangkap peluang dan mencoba hal baru

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika (5)

Pada 2018 lalu, Dua Coffee mendapat kesempatan untuk ikut dalam salah satu event yang mempromosikan wisata Indonesia di Amerika. Pada event tersebut, Dua Coffee Shop membawa contoh kopi Indonesia untuk dibagi-bagi secara gratis kepada pengunjung pameran.

Baca Juga: Ingin Membuka Cabang Usaha Baru? Simak 5 Tips Berikut!

Tidak Omar sangka, ternyata kopi Indonesia sangat digemari di sana. Booth Dua Coffee Shop sampai memiliki antrean yang lumayan panjang dan kehabisan stok bubuk kopi untuk membuat minuman. Bahkan, hingga yang tersisa hanya yang masih berupa bijinya saja. Itu pun kemudian habis dibeli.

Dari situ, Omar kemudian bertemu dengan partner lokal mereka dan ditawari tempat seluas 150 m2, yang lokasinya sekitar dua blok dari Gedung Putih.

Karena itulah Omar kemudian memutuskan untuk mengambil kesempatan langka tersebut dan akhirnya membuka cabang Dua Coffee Shop di Amerika Serikat.


6. Milikilah partner lokal

Dua Coffee Shop membuka cabang kedai kopi di Amerika Serikat

Pada kenyataannya, memiliki partner lokal menjadi salah satu faktor penting jika ingin membuka cabang kedai kopi di luar negeri.

Partner lokal ini sendiri nantinya akan memberitahu kondisi di negara tersebut seperti apa hingga bagaimana cara membuat Surat Izin Usaha di negara tersebut.

Tentu, hal ini memudahkan Omar dan Aldi untuk membuka Dua Coffee Shop di Amerika Serikat.


7. Perhatikan aturan yang berlaku

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika (3)

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah perhatikan aturan yang berlaku sebab setiap negara punya aturan dan regulasi yang berbeda-beda. Mengetahui dan mempelajari regulasi tersebut terlebih dahulu merupakan keharusan.

Omar Karim mengaku bahwa ia sempat mempelajari aturan dan regulasi untuk di Jepang dan Amerika. “Kalau Jepang itu karena masih Asia, mungkin masih fleksibel. Tapi kalau di US tuh bener-bener hitam-putih,” jelas Omar.

Baca Juga: Mau Usaha Kedai Kopi Anda Lebih Berhasil? Simak Tipsnya di Sini!

“Jarang kita tatap muka sama pemerintahan sana, semuanya online-based. Jadi, penting sebelum kita dateng ke sana, kita baca dulu literatur apa aja yang dibutuhin. Jangan pas kita sampai sana baru mulai. Buang-buang waktu sama kan cost jadinya,” imbuhnya

Nah, itulah dia kisah sukses Dua Coffee Shop yang mampu membuka cabang di Amerika Serikat. Perlu diingat, awal mula mereka mengembangkan kedai kopi tersebut hanya berawal dari mimpi. Namun, mereka tidak diam saja dan menunggu hingga mimpi tersebut terwujud. Merekalah yang mewujudkannya.

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika (1)

Dalam perjalanan bisnis mereka, Moka pun senantiasa mendukung Dua Coffee Shop dalam hal penyediaan aplikasi kasir, yang dapat digunakan demi menunjang performa bisnis.

Download: Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia

Dengan aplikasi kasir Moka, Dua Coffee Shop pun bisa melihat laporan penjualan mereka kapan pun, di mana pun. Tak ada lagi pencatatan manual, semua serba cepat, serba otomatis, serba praktis!

Ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasi kasir ini? Silakan kunjungi halaman ini. Ingin tahu kisah inspiratif pebisnis lainnya di Tanah Air? Kami sudah menyiapkannya untuk Anda di sini.

Ingin mencoba layanan dari Moka GRATIS selama 14 hari?

Nah, selamat berbisnis dan mendulang sukses!


Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.