Business Insight Merchant Highlight

Doctor Barber: Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar

By Samina Sharanani on September, 21 2019
Samina Sharanani

A word crafter

Doctor Barber: Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar - Di era globalisasi ini, bukan hanya para wanita saja yang peduli dengan penampilan mereka.

Sekarang, para pria pun sudah mulai sadar dengan pentingnya menata style mereka agar terlihat lebih keren.

Mulai dari pakaian hingga sepatu, pria zaman sekarang sudah mulai menyelaraskan penampilan mereka sesuai dengan gaya-gaya yang sedang ngetren.

Namun, hal yang paling tidak pernah dilupakan oleh pria modern adalah style rambut mereka. Sekarang, pomade, hairspray, dan sisir sudah menjadi teman sejati bagi para cowok yang stylish.

Sadar akan tren ini, tempat gunting rambut atau barbershop khusus para kaum Adam sudah mulai menjamur di mana-mana.

Mulai dari barbershop di pinggir jalan yang murah sampai yang luxurious, Anda dapat menemukan tempat gunting rambut untuk pria di sekitar Anda dengan gampang.

Salah satu barbershop pria di Indonesia adalah Doctor Barber yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, Doctor Barber bukan sekadar salon pria biasa karena barbershop ini sudah menjadi tempat andalan bagi para pemain di tim sepak bola Makassar, Persatuan Sepak bola Makassar (PSM).

Usaha yang dijalankan oleh Ojan selaku Manager sekaligus barberman ini masih tergolong baru. Doctor Barber berdiri sejak 2017 dan sekarang sudah menjadi salah satu tempat gunting rambut paling hits di Makassar.

Lalu, apa rahasia dan tips d ibalik kesuksesan Doctor Barber, yang berhasil mengundang orang-orang ternama untuk menata rambut mereka? Simak rahasianya di sini!

Doctor Barber: Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar

Ternyata, di balik nama yang unik tersebut ada arti yang tak kalah unik juga. Bagi Ojan, pelanggan yang datang ke barbershop-nya tidak hanya sekadar datang untuk memangkas rambut saja.

Mereka membutuhkan specialist yang dapat melihat style rambut terbaik bagi mereka. Menurutnya, momen tersebut mirip seperti sesi konsultasi antara dokter dan pasien.

Tidak jarang para pelanggan yang ia dapatkan sering melakukan konsultasi mengenai model rambut yang cocok. Pengalaman-pengalaman seperti ini menjadi inspirasi dari nama Doctor Barber. Menarik, bukan?

Nah, dikarenakan Doctor Barber adalah bisnis barbershop yang ditujukan untuk para pria, tentunya target market dari salon ini pun adalah para pria di Makassar dan sekitarnya yang ingin memiliki rambut stylish.

Nah, jumlah pelanggan yang datang ke barbershop hits Makassar ini setiap harinya terhitung banyak. Dalam hari biasa, total pelanggan yang dilayani ada sekitar 20 orang dan 30-40 pelanggan di weekend.

Pelanggan yang berkunjung pun datang dari berbagai latar belakang, mulai dari orang kantoran sampai mahasiswa. Namun, Doctor Barber menjadi sangat terkenal karena sering dikunjungi member dari tim sepak bola dari Makassar, PSM.

Tak mengherankan, para penggemar PSM pun sering mengunjungi barbershop langganan idola mereka. Bahkan, penggemar PSM pun ingin memiliki model rambut seperti pemain sepak bola favorit mereka. Keren!


Keunikan dari Doctor Barber

Doctor Barber Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar (4)

Sebagai usaha yang fokus dengan hair styling, Doctor Barber Makassar pun berusaha memberikan service yang unik dan bisa membantu para pelanggan yang datang.

Barbershop yang berdiri di Jalan Sungai Limboto ini tidak hanya memangkas rambut saja, tetapi para pekerja yang sering dipanggil dengan barberman pun ikut mengedukasi para pelanggan mengenai cara menata rambut yang benar.

Layanan yang unik ini diaplikasikan oleh Ojan karena ia sering menemukan banyak pelanggan yang masih awam soal styling rambut. Tidak jarang mereka yang datang ke barbershop-nya meminta barberman untuk memangkas rambut dengan style yang tidak sesuai dengan jenis rambut atau wajah mereka.

Dengan pengetahuan pelanggan yang begitu minim, Ojan akhirnya mengaplikasikan learning service ini agar pelanggan bisa lebih teredukasi. Juga, tentu saja, mampu memberikan hasil akhir menakjubkan bagi semua pelanggan yang datang.

Teknik Memangkas Rambut ala Pesepak Bola

Doctor Barber Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar (3)

Bagi Anda yang juga ingin memiliki bisnis barbershop, ketahuilah, bisnis ini tidak segampang yang orang sering pikirkan. Untuk memangkas rambut seseorang, harus ada teknik tertentu yang diterapkan untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan. Salah teknik sedikit, kredibilitas usaha barber bisa dipertanyakan.

Doctor Barber sendiri memiliki teknik dan ciri khas yang sering digunakan terhadap para customer mereka. Teknik tersebut adalah “fade”, di mana style rambutnya akan memiliki gradasi tipis sampai tebal dari bawah sampai ke atas.

Untuk teknik tangan sendiri, Ojan sangat berhati-hati dalam proses hair styling. Ia menganggap bahwa ketika ia memangkas rambut pelanggannya sebagai proses menggambar di mana proses ini membutuhkan kejelian terhadap details dari setiap potongannya.


Bagaimana Moka Membantu Bisnis Ini?

Doctor Barber Barbershop Gaul Langganan Pesepak Bola Makassar (1)

Salah satu rahasia kesuksesan dari Doctor Barber sendiri adalah teknologi kasir mutakhir dari Moka. Dengan fitur-fitur aplikasi yang memudahkan proses pembayaran dan dapat memberikan catatan pembayaran yang simple, tentu saja dapat mempermudah kinerja barbershop yang satu ini.

“Penggunaan Moka sangat penting untuk perhitungan kepala, insentif per bulan, dan melacak pengeluaran untuk membeli produk-produk seperti pomade,” ujar Ojan.

Selain itu, dengan adanya fitur customer list dalam aplikasi kasir Moka, telah mempermudah Doctor Barber dalam mengelola data para pelanggan.

Ojan merasa bahwa fitur ini sangat membantunya untuk mendapatkan kontak-kontak pelanggan untuk mengirimkan promo-promo di hari spesial. 

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis barbershop sendiri? Bisnis apapun yang Anda jalani, Moka siap menyukseskan bisnis Anda!

Yuk, kunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut atau klik tombol di bawah ini untuk mencoba beragam layanan fitur dari Moka, gratis selama 14 hari! Tunggu apa lagi?

Coba Gratis 14 Hari

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia