Product Knowledge

Dengan Digiresto, Anda Bisa Terima Pesanan dan Pembayaran Online Lewat WhatsApp

By Sintia Astarina on April, 13 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

Dengan Digiresto, Anda Bisa Terima Pesanan dan Pembayaran Online Lewat WhatsApp - Pada November 2019 lalu, tercatat 83% dari 171 juta pengguna internet di Indonesia merupakan pengguna WhatsApp. WhatsApp sendiri pada dasarnya bukan hanya bisa dijadikan sebagai media komunikasi saja, melainkan platform untuk melakukan pemesanan dan pembayaran makanan, seperti yang dilakukan oleh Digiresto. 

Untuk itu, Moka pun berkolaborasi dengan Digiresto guna membantu para pebisnis untuk menghadirkan pengalaman yang lebih berkualitas bagi para pelanggan, terutama dalam kecepatan dan efisiensi dalam pemesanan dan pembayaran makanan dan minuman di outlet atau restoran yang dituju.

Agar lebih jelas, simak pemaparannya berikut ini.

Apa itu Digiresto?

Digiresto Mudahkan Pelanggan untuk Order Online Lewat WhatsApp

Digiresto merupakan sebuah platform yang akan membantu para pebisnis F&B untuk memudahkan para pelanggan agar bisa melakukan self order lewat WhatsApp.

Ada dua jenis fitur yang ditawarkan Digiresto. Pertama, Dine-in di mana pelanggan bisa memesan makanan terlebih dahulu untuk kemudian disantap di tempat. Kedua, Takeaway, yakni di mana pelanggan memesan makanan untuk kemudian dibawa pulang.

Begini alur pemesanan yang bisa dilakukan pelanggan.

  1. Pelanggan mengirim pesan “#nama-merchant” (nama hashtag ditentukan oleh pemilik bisnis, misal #janjiw untuk outlet Janji Jiwa) ke nomor WhatsApp Digiresto Merchant. Atau, pelanggan juga bisa memindai QR Code masing-masing merchant.
  2. Pelanggan akan diarahkan pada website Digiresto merchant.
  3. Pilih dine in atau takeaway, kemudian pilih menu yang ingin dipesan.
  4. Konfirmasi pesanan dan lengkapi data personal, lalu klik PAY.
  5. Klik Pay on WhatsApp untuk melakukan pembayaran.
  6. Pilih metode pembayaran dan konfirmasi.
  7. Ketika transaksi berhasil, pesanan akan langsung diteruskan ke Moka POS merchant.

Apa Manfaat Digiresto bagi Pebisnis?

pebisnis - pengusaha - 9 Tips Jika Ingin Resign untuk Membangun Bisnis

1. Solusi praktis untuk terima order-an hingga pembayaran

Kehadiran teknologi nyatanya memudahkan para pelanggan untuk dapat memesan makanan dan minuman yang diinginkan, entah untuk dine in atau takeaway.

Hanya lewat platform WhatsApp, Digiresto sendiri menjadi solusi praktis bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan makanan dan minuman lebih cepat, tanpa perlu datang langsung ke outlet dan restoran, atau bahkan mengantre terlebih dulu.

Selain memesan makanan, pelanggan juga akan dimudahkan dalam hal metode pembayaran, yang mana mereka dapat membayar dengan menggunakan kartu kredit, LinkAja, OVO, GoPay, atau Digiresto Credits.

Selain itu, pemilik bisnis pun juga akan diuntungkan karena transaksi pembayaran secara digital menjadi lebih aman dan tidak ada uang tercecer. Dengan demikian, para pemilik bisnis pun dapat meningkatkan efisiensi waktu dan pegawai karena semua sudah serba digital dan otomatis.

2. WhatsApp, solusi kanal penjualan baru

Bila selama ini pelanggan hanya bisa memesan makanan langsung di tempat, kini mudahkan mereka untuk memesan dan membayar secara online lewat WhatsApp. Platform ini bisa menjadi kanal penjualan baru yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan

Ketika menggunakan layanan Digiresto, pebisnis tidak perlu menyiapkan admin khusus untuk WhatsApp guna menerima pesanan dan memverifikasi pembayaran, sebab platform ini sudah terotomatisasi. Akan ada chatbot yang menerima dan memproses pesanan pelanggan dengan praktis. Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu memberikan info lengkap mengenai menu dan outlet setelah registrasi berhasil.

3. Penjualan meningkat

Digiresto dapat menjadi platform tambahan bagi para pebisnis F&B yang ingin memperluas jangkauan pelanggan. Mungkin, selama ini Anda hanya menjual makanan dan minuman secara offline yang mana penjualannya digencarkan lewat media sosial. Atau, selama ini Anda sudah terdaftar di GoFood dan GrabFood. 

Akan tetapi, apabila Anda menggunakan platform Digiresto, para pelanggan akan sangat dimudahkan dalam hal pemesanan karena mereka dapat melakukan self order dengan berbagai macam metode sehingga pelanggan terhindari dari kerepotan untuk mengantre atau datang langsung ke outlet.

4. Telah terintegrasi dengan Moka POS

Merchant yang memanfaatkan Digiresto tak perlu khawatir dengan penerimaan pesanan atau pencatatan penjualan, sebab Digiresto telah terintegrasi dengan Moka POS.

Dengan pengintegrasian ini, Anda dapat mengetahui apabila ada pesanan yang masuk lewat WhatsApp, yang mana notifikasi Transaksi Berhasil akan muncul ke tab Online Order di Frontoffice Moka.

Di sisi lain, Anda juga dapat melihat catatan penjualan secara lengkap di Backoffice Moka sehingga memudahkan Anda untuk menganalisis bisnis dan menentukan strategi selanjutnya.

Apabila ada pesanan masuk, tab Online Order akan muncul di Frontoffice Moka. Kemudian, apabila transaksi pembelian berhasil, Anda juga akan menerima notifikasi.


Bagaimana Cara Menggunakan Digiresto untuk Pebisnis?

barista mengecek laporan

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin menikmati layanan Digiresto.

1. Login ke Backoffice Moka.
2. Pilih menu APPS pada kolom kiri.
3. Pilih Digiresto Self Order dan klik Get Started.
4. Klik Allow jika Anda setuju terintegrasi dengan Moka POS.
5. Daftar di web Digiresto dan submit.


Berapa Biaya Berlangganan Digiresto?

Untuk menikmati semua layanan di atas, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp149.000 per merchant outlet per bulan atau Rp1.341.000 per merchant outlet per 12 bulan. Nikmati pula promo menarik Free Trial untuk periode April hingga Juni 2020 saja, yang mana Anda baru akan dikenakan biaya mulai bulan Juli 2020.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Digiresto? Silakan tuju halaman ini. Ingin membuktikan langsung bagaimana Digiresto dan Moka dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda?

Coba Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia