Business Insight

Desain Logo Toko Online Penting untuk Bisnis, Mengapa?

By Samina Sharanani on October, 1 2020
Samina Sharanani

A word crafter

Mengapa Desain Logo Toko Online Sangat Penting untuk Bisnis? - Di era digital yang semakin berkembang sekarang, bisnis online sudah menjadi salah satu ladang uang yang sangat menjanjikan. Apalagi ketika kita dihadapkan dengan pandemi berskala global seperti ini, semua pelaku bisnis berlomba-lomba menggunakan platform digital untuk mempertahankan bisnisnya.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis online karena persaingan yang semakin ketat, sehingga mereka harus melakukan berbagai cara untuk membuat bisnis mereka tetap menjadi yang terbaik di pasarnya. Salah satunya adalah dengan membuat desain logo toko online.

Logo bukanlah hal yang sepele dalam menjalankan bisnis. Orang-orang tidak akan mengenal produk Anda jika Anda tidak memiliki tanda pengenal, bukan? Logo bisa menjadi tanda pengenal untuk bisnis online Anda. 

Baca juga: 6 Tips Mudah dalam Membangun Identitas Usaha Anda

Tidak hanya bisnis berskala besar saja yang membutuhkan logo, tapi bisnis berskala  kecil pun juga sangat penting memperhatikan hal satu ini.

Begitu juga bagi Anda yang memiliki bisnis online. Peran sebuah desain logo toko online sangatlah dibutuhkan agar konsumen mengenal produk Anda dengan baik sehingga Anda pun siap untuk berkompetisi dengan brand lain yang menjadi pesaing bisnis Anda. Logo akan menjadi langkah awal bagi bisnis atau sebuah perusahaan untuk menyampaikan visi dan misinya. 

Mengapa Logo Sangat Penting? 

1. Sebagai brand identity 

logo dan brand bisnis - desain logo toko online

Dalam menjalankan bisnis, brand Anda membutuhkan identitas. Desain logo toko online adalah identitas bagi brand yang Anda jalankan. Tidak hanya bisnis offline saja yang membutuhkannya, namun juga bisnis online.

Produk Anda akan lebih dikenal orang karena Anda menunjukkan identitas dari brand melalui logo yang Anda miliki.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Seperti pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, konsumen pun harus mengenal produk Anda terlebih dahulu dan logo adalah salah satu langkah awal untuk para konsumen bisa mengenal produk Anda.

Terutama untuk bisnis online yang memang hanya memanfaatkan platform digital sebagai medium jual beli di bisnis Anda, logo akan menjadi identitas bisnis Anda supaya produk Anda lebih dikenal oleh netizen. 


2. Pentingnya brand recognition untuk bisnis Anda 

logo bisnis - toko roti

Mengingat persaingan bisnis online semakin ketat, Anda butuh pengakuan atas produk yang Anda buat. Di sinilah salah satu peran logo. Desain logo toko online menjadi langkah awal  untuk mematenkan produk tersebut milik Anda sehingga konsumen akan mengakui bahwa brand tersebut adalah milik Anda. 

Baca juga: Tips Membuat Nama Toko Menarik Beserta Contohnya 


3. Untuk membangun ciri khas dari brand

restoran

Semua brand membutuhkan ciri khas tersendiri, apalagi jika Anda bermain dalam bisnis online. Brand Anda membutuhkan ciri khas yang bisa membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Anda tentu tidak ingin produk Anda tenggelam karena persaingan di bisnis online semakin ketat, bukan? Apalagi jika produk Anda memiliki banyak pesaing.

Logo akan membantu memberikan ciri khas tersendiri sehingga konsumen akan mudah mengingat Anda, terutama jika desain logo toko online Anda sering muncul di media sosial atau platform digital lainnya. 


4. Menunjukkan profesionalitas bisnis Anda 

restoran 1

Logo akan membantu Anda untuk membangun kepercayaan kepada konsumen. Bisnis atau toko online Anda akan terlihat lebih terpercaya dan lebih profesional. Terlebih bagi Anda para pelaku bisnis online, tentunya Anda ingin menunjukkan kualitas brand Anda di mata konsumen.

Baca juga: Tips Membuat Desain Logo Kafe yang Disukai Konsumen 

Bisnis online sedikit berbeda dengan bisnis offline yang konsumen bisa langsung mengunjungi toko Anda. Toko online membutuhkan kepercayaan yang lebih karena konsumen tidak bisa melihat langsung produk Anda.

Semakin banyak Anda mendapatkan kepercayaan dari para konsumen, semakin besar juga kesempatan Anda untuk mempertahankan loyalitas mereka. Dan tentunya, itu akan berbanding lurus dengan keuntungan dari bisnis Anda, bukan? 

Namun, sebelum Anda mulai membuat desain logo toko online Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ada beberapa ciri logo yang baik dan bisa menarik perhatian konsumen sehingga 4 alasan penting di atas bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah tips membuat logo yang baik. Simak ya! 


4 Tips Membuat Desain Logo Toko Online

beli online - keranjang

1. Pilihlah warna yang tepat

Studi ilmiah menyatakan bahwa orang memiliki respon kognitif dan emosional terhadap warna sehingga tidak heran jika warna pada logo bisa mempengaruhi seseorang untuk tertarik terhadap produk Anda atau tidak.

Terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis online dengan platform digital sebagai alat marketing Anda, pemilihan warna yang tepat sangatlah berpengaruh. Warna pada logo juga membantu Anda mengkomunikasikan identitas dari bisnis Anda.

Baca juga: Tips Membuat Nama Toko Menarik Beserta Contohnya

Namun, Anda juga harus memperhatikan target market dari bisnis online Anda karena hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan ketika Anda memilih warna untuk logo.

Dalam memilih warna logo, pastikan juga bahwa setiap bagiannya terbaca dengan sangat jelas. Apalagi ketika Anda ingin memasang logo Anda di social media atau website. Umumnya, Anda tidak disarankan menggunakan lebih dari tiga kombinasi warna dalam desain logo toko online Anda. 


2. Simpel dan mudah diingat

Tampilan logo yang sederhana merupakan wujud dari citra brand yang efektif dan efisien. Logo yang semakin simpel akan semakin mudah diingat dan dikenal banyak orang. Logo yang simpel biasanya tercermin melalui pemilihan warna, bentuk, dan juga jumlah elemen yang Anda berikan pada logo tersebut. 

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda 


3. Tidak mudah ketinggalan zaman dan fleksibel 

Ketika Anda membuat desain logo toko online Anda, logo tersebut akan Anda gunakan sepanjang masa sehingga penting bagi Anda untuk memikirkan apakah logo tersebut akan tetap stand out di beberapa tahun mendatang.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah logo Anda cukup fleksibel untuk menghadapi perkembangan zaman khususnya perkembangan di dunia digital.

Jangan sampai di 5 tahun mendatang logo Anda sudah ketinggalan zaman karena Anda tidak memperhatikan hal ini sebelum membuatnya. Anda disarankan untuk membuat logo yang tidak hanya mengikuti trend saja dan tidak mudah dimakan usia. Buatlah logo yang cukup fleksibel dan tidak lekang oleh waktu. 


4. Unik dan memiliki ciri khas 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, desain logo toko online bisa menjadi ciri khas untuk brand Anda sehingga Anda butuh sesuatu yang unik di dalamnya untuk membedakan brand Anda dengan pesaing Anda.

Konsep dengan ide yang unik dan out of the box sangat mempengaruhi pembuatan logo Anda. Akan lebih baik jika keunikan bisnis Anda juga tercermin dalam logo tersebut. Konsumen akan dengan sangat mudah mengenali dan mengingat brand Anda karena memiliki ciri khas tersendiri. 

Baca juga: 8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial 

Beberapa logo dari merchant Moka berikut ini mungkin bisa Anda contoh untuk membuat desain logo toko online Anda. 

Logo kedai kopi yang simpel 


Logo rumah makan yang unik 


Logo barbershop dengan pemilihan warna yang tepat 

Setelah Anda selesai membuat desain logo toko online, langkah selanjutnya adalah memperhatikan ukuran logo Anda ketika ingin mengunggahnya di media sosial.

Memperhatikan dimensi dari logo sangatlah penting untuk menghindari tidak terbacanya beberapa elemen di dalam desain logo toko online Anda. Berikut ini adalah dimensi logo untuk media sosial. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil 


Dimensi Logo untuk Media Sosial

Facebook
  • Post link: 1200 x 628 px
  • Post gambar: 1200 x 630 px
  • Gambar sampul: 820 х 312 px
  • Gambar profil: 180 х 180 px
Twitter
  • Post gambar: 1024 x 512 px
  • Gambar sampul: 1500 х 500 px
  • Gambar profil: 400 x 400 px
Instagram
  • Post gambar: 1080 x 1080 px
  • Gambar profil: 180 x 180 px
YouTube
  • Gambar thumbnail: 1280 x 720 px
  • Gambar sampul: 2560 x 1440 px
  • Gambar profil: 800 x 800 px
Pinterest
  • Post gambar: 735 x 1102 px
  • Gambar profil: 240 x 240 px
Linkedin
  • Post link: 1200 х 628 px
  • Post gambar: 1200 x 1200 px
  • Gambar sampul: 1584 x 396 px
  • Gambar profil: 400 х 400 px

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula 

Selain logo yang bisa membuat bisnis online Anda dikenal banyak orang, Anda juga membutuhkan sesuatu yang mempermudah dan memperlancar operasional toko online Anda.

Ya, apa lagi kalau bukan aplikasi kasir Moka? Moka sistem Point of Sale multiplatform berbasis cloud yang mampu mengkonsolidasikan laporan transaksi penjualan baik di tempat maupun online secara real-time. Moka juga dapat membantu Anda untuk menganalisis performa penjualan agar bisnis Anda dapat berjalan lebih maksimal.

Mau tahu apa itu Moka dan bagaimana teknologi aplikasi kasir ini dapat membantu Anda untuk lebih dikenal pelanggan lebih luas lagi? Anda juga bisa menikmati trial aplikasi Moka untuk 14 hari, lho! Yuk, coba aplikasi Moka sekarang!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia