Moka Logo
Cocok untuk Pemula, Ini 5 Tips Desain Kemasan Produk Makanan untuk Usaha F&B

Tips Bisnis

Cocok untuk Pemula, Ini 5 Tips Desain Kemasan Produk Makanan untuk Usaha F&B

3 min
JordhiJordhi

5 Tips Desain Kemasan Makanan untuk Usaha F&B Anda – Makanan merupakan kebutuhan pokok yang pasti dicari setiap orang. Tidak heran jika semakin banyak bisnis kuliner yang bermunculan, bahkan di masa pandemi. Hal ini pun menciptakan kompetisi yang cukup ketat.

Untuk bersaing di industri F&B, tentunya dibutuhkan lebih dari sekadar skill memasak. Ada faktor-faktor lain yang harus diperhatikan, salah satunya kemasan produk kuliner Anda. First impression konsumen ketika melihat produk Anda sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Hal ini lah yang membuat desain kemasan produk menjadi penting untuk diperhatikan.

Lalu, bagaimanakah cara membuat desain kemasan produk makanan yang menarik? Berikut ini tipsnya!


Gunakan Warna yang Tepat Pada Desain Kemasan Produk Makanan

desain kemasan produk makanan 4

Salah satu hal yang menentukan apakah desain kemasan makanan menarik atau tidak adalah warna. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan identitas brand Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu terhadap kompetitor yang memiliki produk serupa. Warna cerah seperti merah, kuning, oranye, biru muda, dan hijau muda juga bisa menjadi pilihan yang menarik karena bisa langsung memikat perhatian konsumen.

Baca juga: 5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya


 

 

Tentukan Bentuk Kemasan

desain kemasan produk makanan 3

Dalam desain kemasan produk makanan termasuk pula bentuk kemasan yang digunakan. Bentuk kemasan ini harus sesuai dengan produk makanan yang Anda jual.

Bentuk kemasan erat kaitannya dengan cara pembeli mengonsumsi produk makanan Anda. Produk makanan crepe, misalnya, membutuhkan kemasan produk berbentuk segitiga. Sementara untuk produk burger, Anda bisa menggunakan bentuk kotak atau bulat.

Anda juga bisa membuat bentuk kemasan yang unik agar pembeli menyukainya.

Baca juga: Pentingnya Desain Dalam Usaha


 

 

Gunakan Gambar yang Menarik Pada  Desain Kemasan Produk Makanan

desain kemasan produk makanan 5

Visual gambar dalam desain kemasan produk makanan cenderung lebih menarik perhatian dibandingkan kata-kata. Oleh karena itu, tidak perlu ragu menambahkan gambar dalam desain kemasan Anda.

Gambar dalam kemasan akan terlihat lebih menarik jika dibuat dalam bentuk ilustrasi atau karikatur. Anda juga bisa menambahkan gambar yang sesuai dengan citra produk makanannya.


Pakai Bahasa Mudah Dimengerti

desain kemasan produk makanan

Jika ingin menambahkan tulisan ke dalam desain kemasan produk makanan, usahakan untuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Kalimat panjang tentu saja kurang eye catching dan dijamin tidak akan dibaca oleh pembeli. Pilihlah kata yang mudah diingat dan sesuai dengan produk Anda.


Pilih Font yang Tepat

desain kemasan produk makanan 2

Jika sudah menetapkan tulisan apa yang ingin dimasukkan dalam kemasan, pilihlah font yang tepat. Pemilihan font ini yang akan menentukan apakah tulisan tersebut mudah dibaca atau tidak. Font yang menarik dan unik membuat pembeli tidak akan mengabaikan informasi yang tedapat pada kemasan produk Anda.

Itu tadi lima tips membuat desain kemasan produk makanan yang bisa Anda terapkan untuk membuat desain kemasan produk makanan Anda. Dengan pilihan warna, gambar, dan font yang enak dilihat, Anda dapat menghadirkan desain menarik dan memberikan kesan “wah” untuk produk Anda. Perbanyak referensi juga bisa membantu Anda mendapatkan inspirasi dalam mendesain kemasan.


Baca juga: Tips Membuat Slogan Makanan yang Menarik untuk Usaha Anda

Beberapa produk makanan berikut memiliki desain kemasan yang menarik dan bisa dijadikan sebagai referensi. Produk pertama adalah Ei Salted Egg. Desain produk salted egg snack ini selain unik, tapi juga cukup praktis untuk dibawa. Ei Salted Egg Snack memiliki kemasan berbentuk box dan terdapat tali hingga menyerupai sling bag. Buat Anda yang suka foto makanan, produk ini tentu saja cocok untuk mengisi feed Instagram Anda.

Selain itu, kemasan dari produk Chocodot juga bisa menjadi inspirasi Anda. Kemasan dari produk cokelat ini memiliki desain cukup simpel, yaitu terbuat dari kertas berwarna putih dan menggunakan warna-warna pop yang mencolok. Uniknya, varian coklat dibuat menggunakan kata-kata lucu seperti “Coklat Rasa Sayang” atau “Coklat Enteng Jodoh”. Siapa yang tidak tertarik coba untuk membelinya?

Jika sebuah produk memiliki desain kemasan yang menarik, tentu saja semakin banyak konsumen yang akan membeli dan penjualan pun dapat meningkat. Jika penjualan meningkat Anda tidak perlu khawatir bagaimana mengelolanya, karena sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Moka POS.

Moka POS merupakan aplikasi kasir dengan beragam fitur yang dapat memudahkan penjualan dan membantu proses operasional bisnis Anda. Tidak hanya itu, Moka juga akan memberikan laporan penjualan harian, laporan stok barang, hingga perhitungan pajak bisnis Anda. Jadi, mengembangkan usaha Anda akan jadi lebih mudah. Selamat mencoba!

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka