Moka Logo
7 Cara Jitu Bikin Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Tips Bisnis

7 Cara Jitu Bikin Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

4 min
SaminaSamina

7 Cara Jitu Bikin Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik – Selain memberikan yang terbaik dalam produksi barang atau jasa yang Anda akan jual, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan agar dapat menarik pelanggan ke stand bazar Anda.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Membuka Booth di Bazar 

Anda memiliki rencana untuk membuka stand bazar tertentu? Ingin tahu trik apa saja yang bisa bikin stand bazar Anda tampil menarik? Baca artikel ini dulu dan ketahui tips membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik. Simak poin-poin berikut, ya!

7 Cara Jitu Bikin Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

1. Pilih lokasi strategis terlebih dulu

bazar - pop up market - Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membuka Booth di Bazar - Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Ini dia tips tips membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik yang pertama. Seperti yang diketahui, lokasi yang strategis tentu sangat berpengaruh atas peluang jumlah pengunjung stand bazar Anda.

Kriteria strategis ini biasanya dilihat dari seberapa terlihatnya tempat tersebut oleh pengunjung dan seberapa sering tempat tersebut dilewati pengunjung.

Baca juga: 7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar 

Namun, karena setiap acara memiliki tempat dan dinamika yang berbeda, akan lebih baik jika Anda langsung berdiskusi dengan penyelenggara acara mengenai lokasi-lokasi strategis di acara tersebut.

Jika acara tersebut sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, Anda juga bisa berdiskusi dengan pihak-pihak yang mempunyai pengalaman membuka stand bazar di acara tersebut untuk menambah perspektif baru.

2. Desain perlengkapan stand harus kreatif

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Untuk membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik Anda jadi yang paling outstanding dari yang lain. Selain memilih lokasi yang strategis, akan lebih baik lagi jika Anda juga menyiapkan desain perlengkapan stand dengan baik dan indah.

Ekspresikan identitas perusahaan Anda dengan selaras dan indah melalui perlengkapan seperti backdrop stand bazar, logo perusahaan, papan menu (jika Anda menjual produk makanan atau minuman), brosur, desain kaos pegawai stand, papan nama, name tag pegawai, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pentingnya Desain Dalam Usaha 

Jika acara yang Anda ikuti berlokasi di luar ruangan dan pelaksanaannya di malam hari, jangan lupa untuk menyiapkan pencahayaan yang cukup. Dari pencahayaan ini, Anda juga bisa berkreasi dalam penataan dan penghiasannya.


3. Sediakan mini photo booth

photobooth

Perilaku konsumen yang paling sering dihadapi masa kini tentunya memiliki kesukaan terhadap berfoto-foto untuk konten media sosial.

Nah, jika Anda punya ruang lebih, manfaatkan tempat tersebut untuk membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik berupa mini photo booth. Jangan lupa untuk buat dekorasi dan desain mini photo booth Anda dengan kreatif namun tetap sesuai dengan identitas usaha Anda.

Baca juga: 15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar, Pasti Laku! 

Lengkapi setiap desain backdrop dan properti foto Anda dengan konsep yang memberi informasi mengenai perusahaan Anda.

Dengan adanya ruang berfoto dan dekorasi unik ini, selain mendapatkan pengunjung yang ramai, Anda juga mendapat agen pemasaran gratis dari pengunjung stand bazar Anda.

Stand bazar dan identitas perusahaan Anda akan di-posting melalui media sosial mereka dan berpotensi menarik orang lainnya untuk datang berkunjung juga. Siapa tahu setelah foto-foto jadi tertarik untuk mencari tahu tentang produk Anda, kan?


4. Sediakan tempat duduk yang nyaman

berjualan di bazar - membuka booth di bazar (6)

Mempromosikan barang atau jasa perusahaan Anda, meski sudah menggunakan strategi marketing maupun desain visual yang menarik, kesulitan pasti akan ditemukan.

Dengan menyediakan tempat istirahat sejenak yang nyaman, pengunjung akan datang ke stand Anda dengan sendirinya. Sehabis keliling mengitari area bazar, pengunjung pasti mencari tempat untuk duduk sejenak.

Baca juga: 4 Cara Branding Produk Sehingga Dikenal Konsumen 

Sembari pengunjung Anda istirahat, Anda bisa mempromosikan produk barang atau jasa yang Anda jual. Tidak mesti secara verbal, Anda juga bisa memanfaatkan perlengkapan stand Anda seperti brosur, pemutaran video promosi, atau desain stand Anda yang berisi info-info penting tentang perusahaan Anda.

Jika acara yang Anda ikuti berlokasi di luar ruangan, jangan khawatir stand Anda akan sepi. Anda bisa sediakan juga tempat untuk berteduh beserta pendingin ruangannya. Cuaca semakin sulit diprediksi, terik panas, dan hujan bisa datang kapan saja.


5. Buat tawaran promo menarik

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - es krim (1)

Selain membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik, Anda juga bisa memaksimalkan strategi promosi barang maupun jasa yang Anda tawarkan di stand bazar. Promosi ini bisa berupa diskon pembelian maupun bonus untuk sebagian pengunjung yang beruntung.

Sesuaikan promo Anda dengan budget serta identitas brand dan tema stand bazar yang ingin Anda ciptakan.

Baca juga: Efektifkah Melakukan Promosi Produk Bisnis Lewat Foto dan Video? 

Misalkan, jika perusahaan Anda memiliki konsep yang fun dan menargetkan konsumen anak muda, Anda bisa melakukan promosi yang melibatkan penggunaan media sosial atau bahkan dengan membuat mini games di stand bazar Anda.

Dengan strategi yang sesuai, Anda bisa menarik perhatian pengunjung stand bazar dengan efektif dan meningkatkan potensi jumlah pengunjung lebih banyak lagi.


6. Putarkan musik

memutar musik di stand anda

Pemutaran musik dengan pilihan lagu yang tepat bisa menarik perhatian pengunjung untuk mampir ke stand bazar Anda.

Siapkan daftar putar lagu yang menarik dan jangan lupa disesuaikan juga dengan konsep identitas perusahaan dan acara yang Anda ikuti ya!


7. Bagi-bagi merchandise gratis

menjual kaos - kaos sablon

Siapa yang tidak suka gratisan? Dengan gratisan-gratisan ini, Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran Anda juga.

Untuk itu, Anda bisa buat desain merchandise Anda yang selaras dengan identitas perusahaan dan target usia pelanggan Anda. Agar dapat digunakan secara umum, pilihlah benda-benda praktis untuk merchandise Anda.

Misalnya, barang-barang yang seperti alat tulis, notes kecil, kipas tangan, tote bag, dan lain sebagainya. Jika target pemasaran Anda adalah anak muda, Anda juga bisa mengemas event pembagian merchandise gratis ini dengan mini games yang melibatkan media sosial.

Baca juga: Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi bagi Bisnis Anda 

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan tips membuat dekorasi stand bazar kreatif dan menarik? Untuk melancarkan proses transaksi Anda, terutama jika Anda menjual produk yang dibeli secara langsung seperti makanan, minuman, atau benda-benda portable lainnya, Anda juga akan memerlukan aplikasi kasir yang rapi, praktis, dan terhubung.

Dengan aplikasi kasir Moka, Anda tidak perlu kerepotan mengatur pemasukan Anda di tengah riuh pengunjung stand bazar.

Cukup install aplikasi Moka di smartphone Anda dan bawa hardware mobile printer Moka Anda, transaksi berjalan tetap teratur, catatan usaha tetap Anda terjaga dengan aman. Yuk, cobain praktisnya berbisnis bersama Moka!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.