Business Insight

11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

By Samina Sharanani on November, 20 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Informasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing banyak dicari semenjak pandemi tahun 2020 ini. Banyak hal dan kebiasaan baru yang mulai bermunculan karena orang-orang diharuskan untuk tetap di rumah. Mulai dari mencoba hobi baru sampai dengan membuka usaha baru. 

Banyak orang memanfaatkan keadaan pandemi dengan cara yang positif dan bermanfaat. Tidak hanya itu, para pelaku usaha pun mulai melirik peluang usaha yang bisa menguntungkan dan tentunya dengan modal yang minimal. 

Selain mempertimbangkan budget yang dibutuhkan, analisa dan strategi dalam berbisnis juga tidak kalah penting. Anda juga harus melihat peluang dan kompetisi di pasar yang mungkin akan menjadi pesaing Anda. Hal tersebut bisa membantu Anda dalam meminimalisir persaingan di pasar dan memberikan kesuksesan dalam berbisnis. Terutama bagi Anda yang baru akan memulai bisnis, penting untuk melihat peluang bisnis yang satu ini. 

Baca juga: 7 Cara Berjualan Agar Cepat Laku

Lalu, apa saja sebenarnya bisnis yang belum banyak pesaingnya namun bisa dilakukan dengan budget yang tidak terlalu besar?  Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu cara memulai bisnis online supaya Anda bisa memulai bisnis baru Anda dengan lancar!


3 Cara Memulai Bisnis Online

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing 5

1. Mulai bisnis Anda dari hal-hal yang Anda sukai 

Akan terasa menyenangkan rasanya jika bisa melakukan hal yang Anda cintai, apalagi jika hal tersebut bisa menguntungkan bagi Anda. Tentukan bisnis Anda mulai dari hal yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda hobi mengikuti tren fashion, Anda bisa memulai bisnis yang berkaitan dengan baju atau sepatu. 

2. Buatlah target untuk bisnis Anda 

Selain perencanaan yang matang, target sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dengan menentukan target, Anda akan mengetahui kapan Anda akan segera balik modal atau kapan Anda akan meraup keuntungan lebih. 

3. Promosikan bisnis Anda dengan strategi yang efektif 

Penting sekali untuk masyarakat mengetahui bisnis yang Anda lakukan. Dengan memperkenalkan produk atau brand Anda, calon konsumen akan tertarik produk Anda lebih dalam. Promosi pula yang akan menjadi ‘senjata’ Anda untuk mencapai target dan meraup keuntungan. 

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Makanan, Mudah dengan Metode ini


6 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Bidang Barang

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing 3

1. Bisnis barang daur ulang

Bagi Anda yang hobi membuat barang-barang unik, inilah saatnya mengembangkan bakat dan kreativitas Anda. Dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang, Anda bisa membuat barang-barang lucu dan unik yang nantinya bisa Anda jual.

Selain belum banyak pesaing, Anda juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan bisnis ini. Cukup dengan keterampilan dan kreativitas Anda, hobi yang menyenangkan ini akan membawa keuntungan bagi Anda. 

2. Jasa sewa mainan anak 

Siapa sangka mainan anak bisa membawa keuntungan tersendiri untuk Anda? Bagi Anda yang memiliki anak dan sudah tidak menggunakan mainannya, Anda bisa membuka jasa penyewaan mainan anak.

Pasalnya, masa guna mainan itu tidak berlangsung lama. Anak kecil pun cenderung ingin berganti-ganti mainan. oleh karena itu, sejumlah orang tua lebih suka menyewa daripada membeli mainan. 

Jika mainan yang Anda punya masih bagus, tersimpan rapi, dan sudah tidak digunakan anak Anda untuk bermain, Anda bisa menyewakannya. 

Baca juga: 8 Ide Usaha Online Shop Terlaris, Cocok untuk Pemula 

3. Pet shop & grooming 

Ada banyak orang yang hobi memelihara hewan peliharaan, inilah kesempatan Anda untuk memanfaatkannya. Membuka jasa pet grooming bisa cukup menguntungkan. Yang penting, Anda telaten, sabar, dan juga pecinta hewan!

4. Bisnis barang antik 

Jika Anda pecinta barang antik, bisnis ini akan menjadi ladang emas bagi Anda. Meskipun kolektor barang antik terbilang belum banyak, namun jika Anda memanfaatkan koneksi, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa. 

5. Bisnis aksesoris 

Bagi Anda yang hobi dengan fashion dan aksesoris, bisnis ini mungkin cocok untuk Anda. Aksesoris adalah hal yang cukup penting untuk mempercantik penampilan seseorang sehingga hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis aksesoris. 

6. Bisnis makanan sehat 

Semenjak pandemi, banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan makanan. Memanfaatkan keadaan tersebut, Anda bisa memulai bisnis makanan sehat dan mulailah meraup keuntungan. 


5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Bidang Jasa

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing 2

1. Jasa content writer 

Hobi menulis Anda akan sangat bermanfaat jika Anda kembangkan untuk hal yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Di jaman sekarang, banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan jasa menulis seperti untuk website, blog, bahkan media sosial. 

2. Bisnis photostock

Anda yang hobi memotret, jangan biarkan hasil jepretan Anda begitu saja. Anda bisa memasukkan hasil foto Anda ke marketplace yang menyediakan jasa tersebut seperti Shutterstock, Canstockphoto, Bigstockphoto, dan masih banyak lagi. 

3. Jasa penerjemah

Anda fasih berbahasa asing? Hal ini bisa Anda manfaatkan. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal dan cukup memanfaatkan skill Anda, keuntungan menjadi jasa penerjemah bisa menjanjikan.  

4. Membuka kursus online 

Semenjak pandemi, semua aktivitas sangatlah terbatas sehingga keberadaan internet sangatlah penting. Banyak hal yang dilakukan secara online, terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar. Dengan memanfaatkan kondisi ini, Anda bisa membuka kursus online. Sesuaikan dengan keahlian Anda dan mulailah membuka kursus online!

5. Jasa video editing

Video sudah menjadi hal yang dibutuhkan di banyak perusahaan bahkan individu. Jadi, bagi Anda yang memiliki keahlian dalam mengedit video, hal ini bisa sangat Anda manfaatkan. Dengan menggunakan skill tersebut, Anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar tanpa mengeluarkan modal banyak.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda 

Setelah mengetahui cara memulai bisnis online dan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesain, Anda juga perlu mencari cara untuk mempermudah bisnis Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi Moka POS. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! 

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia