Business Insight

15 Contoh Nama Kedai yang Menarik Perhatian Pelanggan, Keren!

By Jordhi Farhansyah on July, 16 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

15 Contoh Nama Kedai yang Menarik Perhatian Pelanggan, Keren! - Sebagai identitas dari sebuah kedai, nama kedai pasti menjadi hal pertama yang dilihat oleh masyarakat luas. Layaknya nama buah hati, pemilihannya pun harus dilakukan secara hati-hati.

Bila terkesan asal, konsumen akan langsung ragu untuk menggunakan produknya meskipun nama brand belum tentu mencerminkan kualitas produknya.

Dalam menentukan nama kedai, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, pastikan nama kedai tersebut cukup catchy. Nama adalah identitas yang membedakan Anda dengan para kompetitor.

Dengan nama yang catchy, kedai Anda akan lebih mudah menarik minat konsumen. Setidaknya nama kedai Anda mampu membuat mereka menoleh dan melihat selama beberapa detik.

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online Paling Manjur

Kedua, pilih nama kedai yang mudah diingat oleh konsumen. Akan sangat disayangkan jika Anda memilih nama yang keren ketika diucapkan, tapi sulit untuk diingat.

Padahal, tujuan utama dari penamaan kedai adalah agar konsumen lebih mudah menemukan usaha Anda. Untuk itu, pastikan nama kedai yang Anda menggunakan bahasa yang dengan sederhana, sehingga mudah diingat.

Ketiga, desain nama kedai sehingga mudah dibaca. Pada saat pembuatan spanduk atau banner, berhati-hatilah dalam mendesain nama kedai Anda.

Kuncinya adalah untuk memastikan penulisan nama kedai dengan font yang mudah dibaca dan desain banner yang tak terlalu ramai. Dengan demikian, konsumen bisa semakin mudah membaca dan mengingat nama kedai Anda. 

Agar Anda bisa lebih memahami bagaimana nama kedai yang unik, berikut ini 15 contoh nama kedai yang menarik  pelanggan, yang dibagi berdasarkan jenis kedainya. 


15 Contoh Nama Kedai yang Menarik Perhatian Pelanggan

Kedai Kopi

bekerja di kedai kopi - barista sedang membuat kopi - 15 Contoh Nama Kedai yang Menarik Perhatian Pelanggan, Keren!

1. Kopi Janji Jiwa

Nama Janji Jiwa sendiri berawal dari kisah sang pemilik yang sejak dahulu memiliki passion di bidang kopi. Brand Kopi Janji Jiwa diluncurkan sebagai bentuk janji dari hati yang terdalam untuk menyajikan kopi sebagai salah satu passionnya.

Berdiri sejak pertengahan tahun 2018 hingga saat ini Kopi Janji Jiwa sudah memiliki 800 outlet di 100 kota berbeda di Indonesia.

2. Tanamera Coffee

Nama kedainya terbilang sangat sederhana, padahal nama ini mengandung nilai filosofis yang cukup mendalam. Tanamera diambil dari tanah vulkanik merah yang membuat Indonesia memiliki menjadi negeri yang subur untuk menanam kopi spesial. Nama ini mencerminkan kualitas biji kopi hasil bumi Indonesia yang terjaga hingga ke cangkir kopi pelanggan.

Saat ini Tanamera Coffee sudah memiliki cabang hingga Malaysia. Perpaduan antara brand yang menarik serta kualitas yang ditawarkan akan membawa bisnis ini go international.

3. Kopi Lain Hati

Ada alasan di balik penamaan brand Kopi Lain Hati. Menurut sang pemilik, kedai Kopi Lain Hati hadir karena ingin memberikan sesuatu yang baru kepada para pecinta kopi. Sang pendiri berharap para pecinta kopi berpaling ke lain hati. Inilah alasan kedai ini dinamakan Kopi Lain Hati.

Tentu saja dengan nama yang unik ini Kopi Lain Hati mampu menarik perhatian para pecinta kopi untuk berpindah ke Kopi Lain Hati.

4. Kopi Tuku

Nama Tuku diambil dari bahasa Jawa yang mempunyai arti “membeli”. Sang pemilik dalam memberikan nama Tuku berasalan karena mencari nama yang simple dan mudah diingat serta ia berharap dengan nama Tuku banyak orang yang tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi kopi miliknya. 

5. Kopi Kenangan

Nama Kopi Kenangan dipilih oleh sang pemilik agar produknya memberikan kenangan yang menarik setelah mengkonsumsi kopinya. Nuansa romantis, puitis, dan cukup komedik ini ia aplikasikan pula pada penamaan menu.

Alhasil, nama-nama menu Kopi Kenangan kini sudah cukup ikonik di kalangan pencinta kopi tanah air. Maka dari itu, tak heran Kopi Kenangan ini mampu bersaing dengan berbagai kopi internasional. 

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!


Kedai Sayur

mencari supplier sayur dan buah yang tepat

6. SayurBox

Penamaannya sendiri berasal dari produk pertama mereka yang mana adalah sayur dan dikirim menggunakan box. Cukup sederhana bukan? Namun, kesan sederhana inilah yang membuat SayurBox mudah diingat oleh para konsumen sehingga masyarakat yang kini ingin membeli sayur secara online pasti langsung teringat SayurBox.

7. Happy Fresh

Penamaan Happy Fresh sendiri sejalan dengan keinginan sang pemilik yang menginginkan agar para pelanggan bisa mendapatkan produk yang fresh.

Dengan demikian mereka bisa merasa senang dengan produknya. Kini, Happy Fresh sudah bekerja berdasarkan sesuai dengan visi dan misinya, yaitu menyediakan sayur yang fresh agar para konsumen bisa happy

8. TaniHub

TaniHub hadir karena ada sekitar 32 juta orang yang hidupnya berkaitan langsung dengan pertanian, namun sayangnya petani lokal masih banyak yang hidupnya kurang sejahtera.

Untuk itu, sesuai dengan namanya, TaniHub bertujuan untuk menjadi hub atau penghubung antara petani dengan konsumen. Penamaan ini sangatlah tepat karena langsung menunjukkan visi para pendiri ketika mendirikan TaniHub.

9. Kedai Sayur

Kedai Sayur, ketika kita mendengar brand itu sudah pasti langsung tahu kalo brand itu bergerak di bidang jual-beli sayur.

Dengan penamaan itu Kedai Sayur hadir untuk menjual sayur mayur secara online dengan menggandeng mitra-mitra yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Saat ini Kedai Sayur sudah memiliki sekitar 2 ribu mitra yang bergabung di area Jakarta.

10. Kecipir

Brand ini dahulu yang bernama Local Organic Fresh Mart berubah nama menjadi Kecipir. Menurut CEO Kecipir, hal itu dilakukan karena merasa perlu untuk tampil lebih lokal. Sayur kecipir sendiri merupakan sayuran lokal yang juga sudah mulai jarang diketahui orang.

Dari pemilihan namanya sudah terlihat bahwa Kecipir ingin merevitalisasi pertanian lokal dan organik, sekaligus mengajak konsumen untuk memperkaya wawasan seputar macam-macam sayuran yang ada. Selain itu, nama kecipir sendiri sudah cukup catchy bukan?

Baca juga: 7 Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal, Wajib Dipelajari!


Restoran

restoran

11. Lara Jonggrang

Pertama kali mendengar Lara Jonggrang pasti Anda akan teringat dengan dongeng tentang Bandung Bondowoso yang cintanya tidak terbalas oleh Rara Jonggrang.

Namun apabila kita cari tahu lebih lanjut ternyata Lara Jonggrang brand restoran. Nama yang unik ditambah dengan interior yang ngusuh konsep dengan dongeng itu menjadikan restoran ini menjadi unik.

12. Kembang Goela

Ketika Anda mendengar brand restoran ini pasti teringat dengan jajanan masa kecil. Penamaan Kembang Goela sendiri agar senada dengan identitas restoran yang mengusung menu-menu lokal dengan nuansa-nuansa nostalgia.

Dengan membawa interior dengan gaya era kolonial, Kembang Goela memberikan nuansa yang menarik bagi para pengunjungnya.

13. Dapur Solo

Nama Dapur Solo pasti sudah sangat terkenal untuk pecinta kuliner lokal. Berawal dari usaha rujak rumahan sang pemilik mengembangkan usahanya dengan menjual makanan khas jawa seperti nasi langgi, pecel, gudeg hingga wedang ronde.

Lalu, orang-orang banyak mengenalnya dengan Si Solo. Setelah semakin besar akhirnya pada tahun 2006 Rumah Makan Solo merubah namanya menjadi Dapur Solo.

14. Restoran Sederhana

Siapa yang tidak tahu Restoran Sederhana, restoran yang menjual makanan khas daerah Padang ini sudah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia bahkan sampai Malaysia.

Penamaan Sederhana sendiri berasal dari nama restoran di Jambi tempat sang pemilik dahulu bekerja. Nama Sederhana dipilih karena nama Sederhana itu mudah diingat oleh masyarakat.

15. Gudeg Yu Djum

Penggunaan nama Yu Djum berawal dari para pelanggan yang sering memanggil “Yu” yang merupakan singkatan dari Mbakyu dan “Djum” merupakan kependendekan dari Ibu Djuwariyah, sang pendiri.

Nama kedai seperti ini ampuh untuk membangun persepsi bahwa cita rasa yang disajikan unik dan hanya bisa dibuat oleh sang pemilik. Sehingga ada nuansa khas yang tak bisa ditemukan pada kedai-kedai lainnya. 

Baca juga: Terapkan 3 Strategi Pemasaran Ini Jika Anda Punya Restoran Baru

Di atas adalah 15 contoh nama kedai yang menarik perhatian para pelanggan. Dengan penamaan yang sederhana, mengandung visi perusahaan, catchy, nama kedai Anda akan lebih bermakna sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

Nah, setelah sudah menemukan nama yang tepat untuk bisnis Anda, jangan lupa urusan penting lainnya terkait operasional bisnis Anda, ya. Tentu, ketika Anda memiliki operasional yang lancar, baik karyawan internal maupun pelanggan juga akan senang dengan bisnis Anda!

Yuk, gunakan aplikasi kasir Moka POS untuk memperlancar usaha Anda! Mulai dari menerima pesanan offline dan offline, mencatat transaksi penjualan secara otomatis, membuat fitur Loyalty Program untuk pelanggan, membuat promo, membuat pengaturan manajemen bahan baku, dan masih banyak lagi!

Semua layanan di atas bisa Anda akses dalam satu aplikasi saja, lho! Ingin tahu lebih banyak? Yuk, klik banner di bawah ini untuk berkenalan lebih jauh dengan Moka dan nikmati coba gratis 14 hari, ya!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia