Business Insight

10 Contoh Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan

By Yovita on April, 4 2022

Di Indonesia, ada banyak contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan. Tak jarang ide-ide cemerlang tersebut justru hadir dari kalangan generasi muda. Apakah Anda ingin menjadi salah satu wirausaha muda yang sukses membangun bisnis sendiri? Berikut adalah beberapa contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.


10 Contoh Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan

1. Personal Shopper

Ini adalah contoh kreativitas usaha yang layak dicoba, terutama jika Anda tinggal di kota besar. Personal shopper akan membantu klien mereka untuk membeli bahan makanan, pakaian, gadget atau barang elektronik, dan barang lainnya yang sedang dibutuhkan.

Jasa personal shopper sangat membantu orang-orang yang sibuk dalam memenuhi kebutuhannya. Selain berbelanja secara langsung ke toko, seorang personal shopper juga bisa memberikan rekomendasi secara online tentang produk mana yang harus dibeli klien.

2. Pet Daycare

contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan 1

Jika Anda menyukai hewan peliharaan dan memiliki cukup ruang di rumah, cobalah untuk memulai contoh inovasi yang satu ini. Pet daycare memungkinkan pemilik hewan peliharaan menitipkan hewan kepada Anda mereka setiap kali mereka harus pergi untuk waktu lama. Tugas Anda adalah menyediakan semua kebutuhan hewan-hewan peliharaan tersebut dan memastikan bahwa mereka sehat dan bahagia.

3. Gluten-free Bakery

Gluten-free bakery merupakan toko roti yang menyediakan produk-produk bebas gluten. Artinya, roti yang akan Anda jual bebas dari bahan-bahan yang mengandung protein gluten, contohnya gandum. Ini adalah contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan yang jarang terpikirkan, padahal memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Pasalnya, produk gluten-free sangat dibutuhkan bagi penderita penyakit celiac dan intoleransi gluten.

Baca juga: Peluang, Modal, dan Tips Sukses Bisnis Toko Roti

4. Hand Lettering

Beberapa waktu belakangan ini, hand lettering semakin populer sebagai elemen dekoratif interior maupun eksterior. Melihat permintaan hand lettering yang cukup tinggi, tidak ada salahnya Anda mencoba peluang dari contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan ini, terutama jika Anda memiliki keterampilan menulis tangan yang sangat baik. Cara memulai bisnis online hand lettering bisa dilakukan melalui media sosial, seperti Instagram. Posting gambar-gambar hand lettering yang sudah Anda buat untuk menarik perhatian audiens.

5. Jasa Foto Produk

contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan 3

Menyediakan jasa foto produk adalah contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan yang cocok bagi Anda yang mahir fotografi. Berbeda dari fotografer pada umumnya yang memotret model, jenis usaha ini hanya menerima jasa foto produk-produk yang diperjualbelikan. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, sampai berbagai jenis makanan pun bisa. Biasanya, foto produk yang dihasilkan dipakai untuk pembuatan katalog bisnis.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Konten Visual Ciamik untuk Bisnis?

6. Katering Makanan Organik

Masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat. Keberadaan makanan organik pun semakin dicari banyak orang. Oleh karena itu, dengan membuka usaha katering makanan organik, Anda bisa berpeluang meraih keuntungan besar. Jangan ragu menjalin hubungan dekat dengan petani lokal untuk memastikan pasokan produk-produk organik yang stabil bagi usaha katering Anda.

7. Savory Donuts

Persis seperti namanya, savory donuts adalah donat dengan cita rasa gurih. Contoh  kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan ini menawarkan sensasi berbeda dari topping donat pada umumnya yang menggunakan gula halus maupun meses. Anda bisa menambahkan cream cheese, abon sapi, irisan ham, maupun sosis. Tentu saja, kehadiran savory donuts bisa mencuri perhatian pelanggan dengan mudah.

Baca juga: 10 Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

8. Jasa decluttering atau beberes

contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan 2

Melalui kesuksesan luar biasa The Life-Changing Magic of Tidying Up yang digagas oleh Marie Kondo, telah terjadi lonjakan permintaan untuk jasa decluttering. Contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan ini jauh dari sekadar layanan kebersihan. Sebagai penyedia jasa decluttering, Anda berperan penting dalam menyortir dan memilah barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Tujuannya agar rumah lebih rapi dan tampak tertata dengan baik.

9. Barbershop Khusus Anak-anak

contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan 4

Bisnis barbershop kian menjamur di sekitar Anda, tetapi adakah di antara mereka yang memiliki tempat dan layanan khusus untuk anak-anak? Jawabannya adalah jarang sekali. Artinya, ini bisa menjadi peluang bagi Anda meraih keuntungan. Dengan menyediakan barbershop khusus anak-anak, mereka bisa nyaman selama potong rambut karena tersedia fasilitas menarik, termasuk video permainan maupun kursi khusus anak-anak.

10. Penyewaan Gadget

Satu lagi contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan, yaitu bisnis persewaan gadget. Saat ini, ada banyak orang yang lebih memilih menyewa gadget daripada membelinya sendiri. Terutama untuk gadget dengan harga selangit, seperti MacBook atau iPhone keluaran terbaru. Peluang keuntungan jasa persewaan gadget tidak bisa disepelekan karena peminatnya pun cukup tinggi.


Itulah tadi beberapa contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan. Jangan lupa, pastikan kelancaran bisnis Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih dari Moka POS. Melalui fitur-fitur canggih seperti Inventory Management, Table Management, Staff Management, hingga Loyalty Program, Moka POS dapat menunjang aktivitas bisnis Anda. 

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda



 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia