Moka Logo
Contoh Katalog Makanan yang Mudah Dibuat oleh Pemula

Tips Bisnis

Contoh Katalog Makanan yang Mudah Dibuat oleh Pemula

3 min
YovitaYovita

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis makanan Anda, cobalah buat katalog makanan. Katalog terbukti cukup efektif untuk bisnis, tidak terkecuali bisnis makanan, sehingga menjadikannya alat yang baik untuk mengiklankan produk makanan. Di bawah ini, ada beberapa contoh katalog makanan yang mudah dibuat oleh pemula sehingga bisa Anda coba. Yuk, simak!


Cara Membuat Katalog Makanan yang Praktis

Berikut beberapa cara membuat katalog makanan yang praktis, bahkan cukup mudah diterapkan oleh pemula sekalipun:

1. Manfaatkan tool gratis di internet

Anda bisa memanfaatkan tool gratis di internet untuk membuat katalog makanan yang menarik. Salah satu tool gratis yang paling banyak digunakan oleh pemula adalah Canva. Aplikasi desain ini memang multifungsi sehingga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan, termasuk membuat katalog makanan gratis. Anda bisa memilih salah satu template katalog produk, lalu atur ukuran kertas, menyesuaikan dimensi, dan melakukan editing menggunakan berbagai fitur yang tersedia.

2. Sertakan gambar makanan

Menyertakan gambar makanan dalam katalog sangatlah penting karena Anda bisa menarik perhatian pembaca melalui gambar produk makanan. Ambillah foto produk yang menangkap fitur terbaik dan paling menarik dari makanan tersebut.

Contohnya, jika Anda menjual steak, pastikan gunakan kualitas daging terbaik, latar foto simple dan natural, serta pilih alat peraga alami dan sederhana seperti pisau tajam, bumbu, dan rempah-rempah yang akan meningkatkan kualitas foto makanan.

3. Gunakan desain yang simpel

Terakhir, usahakan untuk menggunakan desain yang simpel agar lebih mudah dipahami, lebih murah untuk dibuat, dan lebih mudah diperbaiki jika memang diperlukan. Dengan membuat katalog makanan yang singkat dan sederhana, Anda bisa memastikan bahwa audiens tidak bingung dengan informasi berbagai produk makanan yang ditawarkan.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Fashion untuk Pemula Bermodal Terbatas


Contoh Katalog Makanan yang Mudah Dibuat

Agar memudahkan Anda dalam mendapatkan inspirasi, berikut beberapa contoh katalog makanan yang cukup mudah dibuat:

1. Katalog makanan kekinian

contoh katalog makanan 2

Photo credit: Freepik

Tidak masalah membuat katalog makanan kekinian yang sederhana tanpa perlu membaginya ke dalam kategori. Namun, contoh katalog makanan satu ini lebih cocok jika menu makanan yang Anda tawarkan sedikit. Seperti contoh katalog makanan di atas, coba gunakan warna-warna basic yang memberikan kesan estetis. Jika menggunakan pengurutan makanan berdasarkan kategori, usahakan setiap menu memiliki deskripsi yang jelas dan foto yang menggugah selera.

2. Katalog makanan kafe

contoh katalog makanan 3

Photo credit: Freepik

Katalog makanan ala kafe umumnya mempunyai desain yang sederhana dengan warna-warna basic seperti hitam, abu-abu, cokelat, atau cream. Contoh desain menu makanan simple dengan tema chalkboard yang klasik juga menarik untuk diterapkan.

Pastikan saja desain katalog makanan ala kafe sesuai dengan tema kafe Anda. Misalnya, jika tema kafe Anda mengusung interior vintage, maka Anda bisa membuat contoh desain menu makanan simple yang juga mengusung tema vintage. 

Baca juga: Cara Membuat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

3. Katalog bakery

contoh katalog makanan 1

Photo credit: Freepik

Sebagian besar toko kue menyediakan kue dalam beragam jenis. Agar konsumen lebih mudah membaca katalog, pisahkan berbagai jenis kue yang Anda tawarkan ke dalam beberapa kategori. Misalnya kue kering, kue besar, kue ulang tahun, dan sebagainya.

Hal ini juga yang diterapkan pada contoh katalog makanan di atas, di mana menu telah dipisahkan berdasarkan kategori cakes, ice cream, dan bakery. Tidak ketinggalan info harga di samping tiap menu untuk memudahkan pelanggan menyiapkan pembayaran.

Baca juga: Cara Membuat TikTok Shop agar Jualan Viral dan Laris

4. Katalog katering

Contoh Katalog Makanan 4

Photo Credit: Freepik

Katalog makanan katering umumnya bisa dibagi berdasarkan jenis lauk yang Anda jual. Misalnya, Anda bisa membagi menu makanan berdasarkan lauk ayam, ikan, daging, vegetarian, dan sebagainya. Jika Anda menjual menu paket, tambahkan deskripsi detail tentang apa saja yang Anda tawarkan dalam paket tersebut agar memudahkan konsumen dalam memilih paket yang diinginkan.

Selain itu, katering juga biasanya menyediakan layanan tambahan seperti pesan antar atau tambahan alat makan. Jika bisnis katering Anda juga melakukan hal sama, pastikan untuk mencantumkan infonya pada katalog pula, seperti yang diterapkan pada contoh katalog makanan di atas.

5. Katalog healthy food

Contoh katalog Makanan 5

Photo Credit: Freepik

Buatkan katalog healthy food menggunakan warna hijau atau warna-warna cerah lainnya, seperti pada contoh katalog makanan di atas. Warna hijau mencerminkan kesegaran yang sesuai dengan menu makanan sehat. Jangan lupa juga masukkan beberapa gambar agar katalog makanan Anda lebih menarik. Usahakan agar Anda meletakkan menu andalan di bagian paling atas. Bagi juga menu makanan ke dalam beberapa kategori agar pelanggan dapat membaca menu dengan lebih mudah.


Semoga contoh desain katalog makanan ini bisa membantu Anda. Nah, hasil desain menu yang sudah jadi bisa langsung diunggah ke media sosial atau website bisnis Anda untuk memudahkan konsumen mencari menu yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Agar operasional bisnis semakin lancar, gunakan aplikasi kasir online Moka POS yang cocok untuk bisnis online maupun offline.

Melalui Moka POS, Anda bisa mendapatkan berbagai data menarik dari transaksi bisnis. Dengan begitu, Anda bisa menjual lebih banyak menu makanan kepada pelanggan sehingga pemasukan meningkat! Yuk, gunakan aplikasi Moka POS dan kembangkan bisnis makanan Anda sekarang juga!

Aplikasi kasir-1

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.