Moka Logo
6 Contoh Email untuk Penawaran Produk dan Kepentingan Bisnis

Tips Bisnis

6 Contoh Email untuk Penawaran Produk dan Kepentingan Bisnis

5 min
JordhiJordhi

6 Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik – Kemajuan teknologi digital tentu saja membawa perubahan dari berbagai aspek kehidupan, begitu juga dengan dunia bisnis. Kegiatan bisnis yang dahulu mengandalkan tatap muka dan dokumen fisik kini bisa dilakukan secara daring, utamanya melalui email.

Namun sangat disayangkan banyak yang belum paham dengan pentingnya email bisnis ini, mulai dari pemilihan nama email sampai cara mengirim email bisnis yang profesional. Padahal, email bisnis ini dapat dipersamakan dengan surat formal untuk mewakili instansi atau lembaga tertentu. 

Untuk itu, simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan, lengkap dengan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik.

Baca juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda


Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengirim Email Bisnis

menulis - laptop - contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik

Mengirimkan email memang terkesan sepele dan tidak terlalu dianggap penting. Namun, Anda harus tahu bahwa satu email saja bisa membuka beragam kesempatan baru untuk Anda.

Dengan email yang tepat, Anda bisa memulai hubungan kerja dengan klien baru. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengirimkan email.

1. Penulisan subjek harus jelas

Sebelum mempelajari contoh-contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, tahu bagaimana teknik menulis email tentu penting untuk dipelajari. Kita mulai dengan subjek email.

Lebih baik, Anda tidak menggunakan kalimat yang panjang dan bertele-tele pada subjekemail karena hal itu hanya akan membuat email Anda diabaikan.

Sebagai contoh apabila Anda ingin melakukan pengiriman invoice Anda bisa menggunakan kalimat “Invoice Project (nama bisnis Anda)”.

2. Wajib perkenalkan diri Anda

Jika Anda mengirim email untuk pertama kalinya, wajib perkenalkan diri Anda terlebih dahulu. Sebutkan nama dan posisi Anda di perusahaan sebelum mengutarakan apa yang ingin Anda sampaikan dalam email tersebut. Kesan yang baik akan berdampak baik pula untuk bisnis Anda ke depannya.

3. Sampaikan tujuan Anda mengirim email

Jangan lupa, penerima email mungkin tak punya banyak waktu untuk membaca email Anda. Jadi, tak perlu banyak bertele-tele, langsung sampaikan maksud dan tujuan Anda mengirimkan email setelah memperkenalkan diri.

Sampaikan dalam bahasa yang sopan tapi lugas sehingga pembaca bisa langsung mencerna maksud dan tujuan Anda.

4. Cek dua kali sebelum mengirim email

Sebelum Anda menekan tombol kirim, sebaiknya Anda melakukan cek ulang email yang akan Anda kirim. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan, tidak ada salah penyebutan nama dan jabatan, pastikan alamat email yang dituju sudah benar, dan lampiran yang sesuai. Setelah semua itu aman lalu Anda bisa langsung kirimkan email tersebut.

Baca juga: 4 Cara Ampuh  Pertahankan Pelanggan Setia Anda


6 Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

membuat toko online - laptop - microblog

Dengan memperhatikan beberapa etika dalam penulisan email bisnis tentu saja Anda akan sedikit mendapatkan gambaran bagaimana cara membuat email bisnis dan penulisannya. Agar lebih jelas, berikut ini 5 contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, yang bisa Anda pakai.

1. Contoh Email Penawaran Produk

Subject: Penawaran Eksklusif Produk Terbaru Kami untuk Anda!

Dear [Nama Penerima],

Salam hangat dari [Nama Perusahaan]!

Kami tahu betapa pentingnya [masalah yang dipecahkan produk] dalam kehidupan sehari-hari Anda. Oleh karena itu, kami dengan bangga memperkenalkan [Nama Produk], solusi terbaik yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Anda.

[Nama Produk] menawarkan fitur unik seperti [sebutkan beberapa fitur utama], yang tidak hanya mempermudah aktivitas sehari-hari Anda tetapi juga meningkatkan kualitas hidup. Dibuat dengan teknologi terkini, produk kami menjamin kepuasan dan kenyamanan pengguna.

Sebagai tanda apresiasi kami kepada pelanggan setia seperti Anda, kami menawarkan penawaran eksklusif hanya untuk penerima email ini:

  • Diskon sebesar [persentase diskon]% untuk pembelian [Nama Produk]
  • Gratis [sebutkan bonus, jika ada] untuk pembelian dalam periode [sebutkan periode promosi]

Untuk memanfaatkan penawaran ini, silakan kunjungi website kami di [URL Website] dan gunakan kode promo: [Kode Promo] saat checkout. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena stok terbatas dan penawaran berlaku hingga [tanggal berakhirnya penawaran].

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai [Nama Produk] atau penawaran ini, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di [Email Kontak] atau telepon ke [Nomor Telepon].

Terima kasih atas kepercayaan Anda terhadap [Nama Perusahaan]. Kami berharap Anda dapat merasakan manfaat luar biasa dari [Nama Produk] dan menantikan kesempatan untuk melayani Anda.

Hormat kami,

[Nama Pengirim] [Posisi] [Nama Perusahaan] [Email Kontak] [No. Telepon]

2. Contoh Email Pembatalan Kontrak

Subjek: Pembatalan Kontrak Akibat Force Majeure

Isi email:

Kepada PT BAN BERPUTAR,

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa telah terjadi force majeure yang mengakibatkan terhambatnya pemenuhan prestasi oleh pihak PT BAN BERPUTAR, maka dengan berat kami harus menyampaikan perihal pembatalan kontrak kerja sama antara PT BAN BERPUTAR dan PT PAGI CERAH.

Bersama email ini kami lampirkan surat resmi dari PT PAGI CERAH beserta penjelasan mengenai kondisi pekerjaan pasca pembatalan kontrak. Besar harapan kami untuk kembali menjalin kerja sama dengan pihak PT BAN BERPUTAR pada kesempatan lain. 

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. Semoga hubungan baik ini dapat terus dapat terjalin.

 

Best Regard,

Robert Manurung

CEO PT PAGI CERAH


3. Contoh Email Penawaran Kerja Sama

Subjek: Penawaran Perjanjian kerja sama

Isi Email:

Kepada PT BERKAH ABADI,

Kami PT PAGI CERAH merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan penyewaan alat berat untuk kepentingan berbagai proyek. Melalui email ini, kami ingin menawarkan proposal kerja sama kepada Anda untuk menjadi supplier alat berat yang dapat digunakan di setiap proyek PT BERKAH ABADI. 

Kami memiliki beragam pilihan alat berat berkualitas yang andal untuk segala pekerjaan. Untuk lebih detailnya, kami lampirkan dokumen spesifikasi alat-alat berat yang kami miliki. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website kami di www.pagicerahalatberat.com untuk informasi seputar pengalaman kerja kami.

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. Semoga kerja sama ini dapat terjalin dengan baik untuk meraih kesuksesan bersama.

 

Hormat saya,

Robert Manurung

CEO PT PAGI CERAH

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Proposal Usaha?


4. Contoh Email Menerima Kerja Sama dari Pihak Lain

Subjek: Update Persetujuan Kerja Sama

Isi Email:

Kepada PT PAGI CERAH

Setelah membaca keseluruhan proposal dan portofolio yang Anda sampaikan, bersama email ini kami sampaikan bahwa kami tertarik untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan PT PAGI CERAH. Pembahasan mengenai skema kerja sama dan penyusunan kontrak kerja sama akan dilakukan secara tatap muka, yang mana undangannya akan segera kami kirimkan.

Besar harapan agar terjalinnya kerja sama ini dapat membawa dampak positif bagi PT PAGI CERAH dan PT BERKAH ABADI. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih, semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. 

 

Best Regard,

Greg Victorius Ramadhan

CEO PT BERKAH ABADI


5. Contoh Email Menolak Kerja Sama

Subjek: Update Kelanjutan Penawaran Kerja Sama

Isi Email :

Kepada PT JOYGU KUAT

Setelah mereviu penawaran dan portofolio dari PT JOYGU KUAT, kami dari PT BERKAH ABADI dengan berat menginformasikan bahwa kami untuk belum bisa menerima penawaran kerja sama yang diajukan oleh PT JOYGU KUAT.

Tentu saja kami tetap membuka pintu untuk kerja sama di kesempatan yang akan datang. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Best Regard,

Greg Victorius Ramadhan

CEO PT BERKAH ABADI


6. Contoh Email Bisnis untuk Kepentingan Undangan Meeting

Subjek: Undangan Meeting 

Isi Email :

Kepada PT CERAH ABADI

Seperti yang telah kami sampaikan pada email sebelumnya perihal penerimaan tawaran kerja sama, bersama email ini kami PT BERKAH ABADI mengundang Anda untuk hadir selaku perwakilan dari PT PAGI CERAH pada:

Tempat : Restoran Passa Deca

Waktu : 11.00 – 12.45 WIB

Demikian undangan yang kami berikan. Apabila ada pertanyaan silahkan meneruskan email ini.

 

Best Regard,

Greg Victorius Ramadhan

CEO PT BERKAH ABADI

Itu dia 6 contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan bisnis Anda. Kelima contoh email di atas bisa Anda sesuaikan dengan kepentingan dan kondisi yang Anda hadapi.

Semoga contoh email di atas dapat memberikan Anda referensi tentang bagaimana penulisan email bisnis yang baik dan benar sehingga langkah awal Anda untuk mengembangkan usaha menjadi lebih ringan.

Namun, untuk memastikan kelancaran bisnis Anda, tentu Anda juga butuh alat dukung yang mumpuni, seperti aplikasi kasir Moka.

Baca juga: 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Aplikasi Moka hadir dengan beragam fitur yang bisa memudahkan operasional bisnis Anda, mulai dari manajemen inventaris stok bahan baku, loyalty program, pembuatan promo, mencatat laporan penjualan, menganalisis penjualan, hingga akses permodalan. Jadi, Anda bisa mendapatkan segala yang Anda butuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses.

~Artikel telah diperbarui pada tanggal 25 Maret 2024

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka