Business Insight

10 Contoh Ekonomi Kreatif yang Potensial

By Jordhi Farhansyah on February, 13 2022
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Ingin memulai bisnis di sektor yang potensial? Anda perlu ketahui contoh ekonomi kreatif. Tahukah Anda, Indonesia merupakan kontributor ekonomi kreatif tertinggi ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Hal ini membuktikan bahwa sektor ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi pengembangan yang sangat menarik. Namun, bagaimanakah contoh ekonomi kreatif yang potensial untuk di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!


10 Contoh Ekonomi Kreatif yang Potensial

 

1. Kuliner 

Contoh ekonomi kreatif yang pertama adalah bisnis kuliner merupakan salah satu kontributor terbesar dalam ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini dinyatakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyebutkan bahwa industri kuliner merupakan subsektor terbesar dengan nilai 41,5 persen. Sehingga, industri kuliner masih merupakan sektor potensial yang bisa Anda geluti. Tentunya untuk memulai bisnis kuliner ini Anda juga sebaiknya menggunakan aplikasi kasir terbaik agar bisnis Anda bisa semakin optimal. 

Baca juga: Mulai Bisnis untuk Pemula dengan 30 Ide Bisnis Kreatif Modal 1 Juta

2. Fesyen 

Industri fesyen tanah air mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan meningkatnya digitalisasi dan penetrasi media sosial. Apalagi selera konsumen Indonesia sudah mulai terasah berkat pesatnya inspirasi fesyen di media sosial. Tak heran jika fesyen menjadi subsektor terbesar kedua, dengan angka 17,7 persen.

3. Kriya

Kriya adalah produk kerajinan tangan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Potensi pemasarannya pun sangat tinggi karena konsumennya tidak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Sehingga, kriya menjadi subsektor tertinggi ketiga dengan 15 persen. 

4. Musik

Contoh ekonomi kreatif -musik

Contoh ekonomi kreatif berikutnya adalah musik. Kehadiran streaming platform telah memudahkan distribusi konten musik. Kini, pencipta lagu atau penyanyi bisa langsung merilis lagu untuk langsung dinikmati oleh para pendengarnya. Hasilnya, monetisasi konten musik bisa langsung dirasakan oleh sang musisi.

Bahkan, konten musik Indonesia pun sudah bisa dinikmati oleh pendengar internasional, sehingga kemungkinan untuk go internasional pun semakin terbuka lebar. Contohnya seperti Brian Imanuel, Stephanie Poetri, Niki, dan masih banyak lagi.

5. Periklanan 

Gairah industri periklanan semakin tinggi seiring masifnya akses internet dan kepemilikan smartphone. Agency periklanan baru pun semakin bermunculan dengan menawarkan beragam ide kreatif yang masih fresh. Tak hanya menyasar perusahaan besar, kini biro periklanan pun sudah mulai ada yang khusus menarget UMKM, sehingga bisa menjangkau lebih banyak klien.

Baca juga: Tingkatkan Performa Bisnis dengan Konten Kreatif & Tren Data

6. Arsitektur  

Saat ini Indonesia belum memiliki cukup banyak arsitek untuk mendukung pembangunan di Indonesia. Kelangkaan talenta-talenta arsitek Indonesia pun membuat para developer besar menggunakan arsitek luar negeri. Untuk itu, jika Anda ingin membuka rumah desain arsitek, wajib meningkatkan kapasitas dan kemampuan mulai saat ini juga. 

Baca juga: 4 Tips Sukses Berbisnis dari Arsitek

7. Game developer

Contoh ekonomi kreatif - game

Contoh ekonomi kreatif satu ini tidak bisa dilewatkan. Developer game tanah air telah menunjukkan tajinya dengan merilis berbagai game mobile, konsol, dan PC yang menarik gamer internasional. Contohnya seperti DreadOut, Ghost Parade, Valthirian Arc, Ultra Space Battle Brawl, Coral Island, A Space For The Unbound, dan masih banyak lagi. 

8. Desain Interior

Kini masyarakat Indonesia sudah mulai ingin memiliki hunian dengan estetika ruangan yang lebih baik. Kedatangan pandemi yang memaksa banyak orang untuk tetap di rumah saja pun semakin membuka mata bahwa kenyamanan interior rumah sangatlah penting. Jadi, jelaslah bahwa desain interior merupakan salah satu contoh ekonomi kreatif yang potensial di Indonesia. 

9. Film

Contoh ekonomi kreatif - film

Tahun demi tahun sineas tanah air berhasil memproduksi berbagai film Indonesia yang berkualitas. Bahkan, film-film karya sineas lokal berhasil menyabet berbagai penghargaan dan pengakuan internasional. Apalagi kehadiran layanan streaming telah menyediakan ruang yang lebih besar lagi bagi para sineas tanah air. 

10. Seni Rupa

Seniman di Indonesia kini sudah semakin berpeluang untuk terus berkembang secara finansial berkat kehadiran Non-Fungible Token (NFT). Komunitas NFT global membuat para seniman Indonesia mendulang penghasilan yang fantastis, bahkan hingga miliaran rupiah. Di luar itu pun para seniman juga masih bisa mendulang penghasilan melalui berbagai platform yang bisa mempertemukan seniman dengan klien-klien lokal dan internasional.


Itu dia 10 contoh ekonomi kreatif potensial di Indonesia. Jika Anda ingin memulai usaha di bidang kreatif, tidak ada salahnya untuk mulai dari 10 contoh di atas. Namun, pastikan bisnis Anda sudah didukung oleh aplikasi kasir terbaik Moka POS.

Moka POS dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang dapat memudahkan operasional bisnis Anda dan membantu Anda merumuskan kebijakan promosi dengan lebih efektif dan efisien.

Jadi, pastikan bisnis Anda sudah menggunakan aplikasi kasir Moka POS!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia