Moka Logo
7 Contoh Desain Menu Makanan Simple dan Gampang Dibuat

Tips Bisnis

7 Contoh Desain Menu Makanan Simple dan Gampang Dibuat

4 min
YovitaYovita

Menu merupakan komponen penting dalam operasional pelayanan makanan. Pada dasarnya, menu menunjukkan jenis makanan yang tersedia dan harga masing-masingnya. Karenanya, apa pun jenis bisnis makanan yang Anda tawarkan, Anda wajib membuat menu makanan. Nah, jika Anda baru buka bisnis makanan dan butuh ide menu makanan ada beberapa contoh desain menu makanan simple yang bisa dijadikan inspirasi. Yuk, simak!

7 Contoh Desain Menu Makanan Simple

1. Menu Makanan ala Kafe

contoh desain menu makanan simple 3

Menu makanan ala kafe umumnya mempunyai desain yang sederhana dengan warna-warna basic seperti hitam, abu-abu, cokelat, atau cream. Desain menu makanan simple dengan tema chalkboard yang klasik juga menarik untuk diterapkan, seperti yang terlihat pada contoh gambar di atas.

Pastikan saja desain menu makanan ala kafe sesuai dengan tema kafe Anda. Misalnya, jika tema kafe Anda mengusung interior vintage, maka Anda bisa membuat contoh desain menu makanan simple yang juga mengusung tema vintage. Penyesuaian seperti ini akan membuat makanan yang Anda jual dan menunya tidak bentrok sehingga lebih menarik untuk dilihat konsumen.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Fashion untuk Pemula Bermodal Terbatas


2. Contoh desain menu makanan simple untuk fast food

contoh desain menu makanan simple 6

Fast food biasanya menawarkan pilihan menu yang terbatas dan mengedepankan kecepatan penyajian. Untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan cepat, contoh desain menu makanan simple untuk fast food haruslah eye catching. Anda bisa menggunakan warna-warna cerah, seperti yang terlihat pada contoh menu di atas.

Demi memastikan Anda memiliki menu yang unik, coba lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui tren makanan fast food terbaru dan temukan makanan alternatif untuk tren tersebut. Contohnya, Anda bisa coba menu ayam goreng vegetarian untuk mendukung gaya hidup sehat. 

Tambahkan deskripsi spesifik tentang makanan yang Anda jual untuk membantu pelanggan memahami menu yang Anda tawarkan. Sertakan juga deskripsi untuk beberapa menu yang mungkin belum terlalu populer.

3. Menu Makanan Katering

contoh desain menu makanan simple 4

Menu makanan katering umumnya bisa dibagi berdasarkan jenis lauk yang Anda jual. Misalnya, Anda bisa membagi menu makanan berdasarkan lauk ayam, ikan, daging, vegetarian, dan sebagainya. Jika Anda menjual menu paket, tambahkan deskripsi detail tentang apa saja yang Anda tawarkan dalam paket tersebut agar memudahkan konsumen dalam memilih menu paket yang diinginkan.

Pada contoh desain menu makanan simple di atas, misalnya, menu makanan dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yakni menu masakan Indonesia. Lalu, pada halaman lain, mungkin Anda bisa menampilkan menu masakan Chinese, Italia, atau lainnya. Dengan begini, pelanggan katering jadi lebih mudah memilih menu yang ingin mereka nikmati.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

4. Menu Makanan Sehat

contoh desain menu makanan simple 1

Anda dapat menggunakan warna hijau atau warna-warna cerah lainnya dalam membuat desain menu makanan sehat. Jika menjual salad yang berwarna hijau, seperti contoh desain menu makanan simple di atas, Anda dapat memadukannya dengan warna dasar seperti cream.

Agar lebih menarik, jangan lupa masukkan beberapa gambar yang mencerminkan menu makanan sehat dan bergizi yang Anda tawarkan. Anda bisa mengambil foto makanan yang sebenarnya agar lebih autentik. Usahakan juga agar Anda meletakkan menu andalan di bagian paling atas. Bagi pula menu makanan ke dalam beberapa kategori agar pelanggan dapat membaca menu dengan lebih mudah.

5. Menu Makanan Tradisional

Contoh menu makanan simple

Berencana menjual makanan tradisional khas Indonesia atau daerah tertentu? Anda bisa mengambil inspirasi dari contoh desain menu makanan simple di atas. Perpaduan warna hitam dan oranye menciptakan kesan “jadul” yang memperkuat tema tradisional.

Lalu, sebagai alternatif dari foto asli makanan, Anda bisa menggunakan versi desain animasi dari menu makanan. Hal ini memberikan keunikan tersendiri sehingga memicu rasa penasaran. Tentunya tidak lupa menyertakan nama menu dan harga yang ditawarkan agar pelanggan tahu menu apa yang mereka pesan.

6. Menu Bakery

contoh desain menu makanan simple 2

 

Kebanyakan toko kue menyediakan kue dalam beragam jenis. Untuk memudahkan konsumen membaca menu, pisahkan berbagai jenis kue yang Anda tawarkan ke dalam beberapa kategori. Misalnya kue kering, kue besar, kue ulang tahun, dan sebagainya.

Tambahkan juga informasi menu andalan yang Anda tawarkan untuk konsumen coba di bagian awal menu. Hal ini akan memudahkan konsumen yang baru pertama kali berkunjung untuk menemukan jenis kue best seller di toko Anda.

Misalnya, jika memperhatikan contoh di atas, Anda bisa menampilkan menu untuk kategori cake di sebelah kiri, lalu di sebelah kanan diisi dengan menu untuk kategori pastry. Tidak lupa cantumkan deskripsi singkat di bawah tiap menu untuk memberi informasi kepada konsumen.

Baca juga: Cara Membuat TikTok Shop agar Jualan Viral dan Laris

7. Menu Makanan Kekinian

contoh desain menu makanan simple 5

Anda bisa membuat desain menu makanan kekinian yang sederhana tanpa perlu membaginya ke dalam kategori. Seperti contoh desain menu makanan simple di atas, Anda dapat membuat desain menu menggunakan warna-warna basic yang memberikan kesan estetis. 

Tergantung dari banyaknya jenis makanan kekinian yang Anda jual, Anda bisa melewati pengurutan makanan berdasarkan kategori. Pastikan saja setiap menu memiliki deskripsi yang jelas dan foto yang menggugah selera.


Semoga contoh desain menu makanan simple di atas bisa membantu Anda. Nah, hasil desain menu yang sudah jadi bisa langsung diunggah ke media sosial atau website bisnis Anda untuk memudahkan konsumen mencari menu yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Jika belum punya website, Anda bisa membuat website online menggunakan GoStore yang dapat diakses melalui back office Moka POS.

Sebagai aplikasi kasir online, Moka POS sangat cocok untuk mendukung bisnis online maupun offline. Untuk bisnis offline, Anda bisa menggunakan Moka POS untuk mendapatkan berbagai data menarik dari transaksi Anda, sehingga Anda bisa menjual lebih banyak menu makanan kepada pelanggan. Sedangkan untuk bisnis online, aplikasi kasir ini akan membantu Anda merangkul lebih banyak pelanggan.

Dengan menggunakan GoStore melalui back office Moka POS, Anda bisa menghubungkan website ke akun bisnis di Instagram, Facebook, dan Google Shop untuk merangkul lebih banyak pelanggan di internet. Yuk, gunakan aplikasi Moka POS dan kembangkan bisnis Anda!

Aplikasi kasir

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.