Moka Logo
Contoh Daftar Menu Cafe Unik yang Mudah Anda Buat!

Tips Bisnis

Contoh Daftar Menu Cafe Unik yang Mudah Anda Buat!

3 min
JordhiJordhi

Butuh contoh daftar menu cafe unik?  Selain sajian, arsitektur, dan suasana tempat, daya tarik dari sebuah cafe yang sering luput perhatian adalah daftar menu cafe.

Tidak sedikit pemilik cafe memadupadankan antara suasana cafe, arsitektur, design, dan menu cafe untuk menarik perhatian konsumen.

Bukan hanya itu, penempatan layout dan penulisan daftar menu juga berdampak secara tidak langsung terhadap profit yang Anda dapat, lho.

Kenapa Anda Harus Membuat Daftar Menu Cafe?

Sama halnya seperti waiter, host, atau barista. Daftar menu juga punya peranan penting untuk membangun impresi konsumen. Dengan daftar menu yang baik dan unik, konsumen biasanya akan lebih mudah untuk memutuskan apa yang ingin mereka beli.

Selain itu, daftar menu juga membantu Anda dalam menjual menu-menu yang disajikan. Terutama menu-menu unggulan yang bisa mendulang banyak keuntungan bagi bisnis cafe Anda.

Setelah ini, Anda bisa membaca contoh daftar menu cafe unik agar menarik pelanggan Anda

Baca juga: 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Mencari Modal Bisnis

Contoh Daftar Menu Cafe Unik yang Bisa Anda Tiru

Berikut beberapa contoh daftar menu cafe unik yang bisa Anda jadikan inspirasi di cafe Anda saat ini.

1. Manfaatkan dinding sebagai daftar menu cafe

contoh daftar menu cafe unik -10

(Sumber foto: Instagram @aboutlifecoffeebrewers)

Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di dinding cafe Anda sebagai daftar menu. Hal ini juga lah yang dilakukan oleh salah satu cafe ternama di Tokyo yang bernama About Life Coffee Brewers.

Selain estetik, desain menu ini biasanya dilakukan untuk memaksimalkan ruang bagi konsumen karena cafe tersebut tidak memiliki banyak cukup ruang.

Anda bisa menulis menu tersebut secara manual menggunakan kapur atau cat yang mudah dihapus.

Baca juga: Ini Perbedaan Barista dan Bartender, Pemilik Kafe Pemula Wajib Paham!

2. Menggunakan papan gantung

contoh daftar menu cafe unik -9

(Sumber foto:  minddesign.co.uk)

Desain menu lainnya yang bisa Anda tiru adalah menggunakan papan gantung. Penggunaan papan gantung sebagai menu juga cukup umum dilakukan oleh para pemilik kafe.

Selain lebih aman, daftar menu yang ditulis dalam papan gantung biasanya dilakukan oleh kafe yang memiliki menu statis atau tidak ada pergantian menu sama sekali.

papan gantung bisa Anda letakkan di meja barista, di dinding, atau bahkan Anda gantung di bagian pintu keluar-masuk karyawan.

3. Klasik dengan daftar menu menggunakan papan tulis

contoh daftar menu cafe unik -8

(Sumber foto: Jenna Marotta via pinterest) 

Desain daftar menu yang paling umum namun tetap unik adalah menggunakan papan tulis atau tembok berwarna cat hitam.

Dengan desain menu seperti ini, Anda bisa memberikan kesan klasik pada cafe serta mempermudah Anda dalam mengganti dan menambahkan menu.

Baca juga: Tips Membuat Desain Logo Kafe yang Disukai Konsumen

4. Daftar menu cafe unik dengan pegboard

contoh daftar menu cafe unik -7

(Sumber foto: Georgeandwilly.com)

Untuk menambah kesan minimalis namun tetap keren, Anda bisa menggunakan papan pegboard yang bisa divariasikan ke berbagai bentuk. Mulai dari bentuk portable, ditempel dinding, atau menjadikan tembok cafe sebagai pegboard itu sendiri.

Sama halnya seperti daftar menu cafe menggunakan papan tulis, penggunaan pegboard juga mempermudah Anda ketika ingin mengganti dan menambahkan daftar menu.

5. Contoh daftar menu cafe unik dengan susunan huruf

contoh daftar menu cafe unik -6

(Sumber foto: georgeandwillly.com)

Desain daftar menu cafe unik selanjutnya yang bisa Anda tiru adalah menggunakan frame yang dibuat khusus untuk menaruh blok-blok huruf yang nantinya membentuk sebuah kalimat.

Desain menu seperti ini bisa memberikan kesan dinamis pada cafe Anda. Bahkan bisa jadi tempat spot foto yang menarik bagi pengunjung.

6. Manfaatkan poster ilustrasi

contoh daftar menu cafe unik -5

(Sumber foto: Digital Print Collective via Etsy)

 

Kopi adalah bagian penting dari sebuah cafe. Namun tidak sedikit pula para pengunjung cafe yang belum bisa membedakan mana americano, flat white, latte, atau picollo.

Dengan membuat daftar menu melalui ilustrasi, Anda juga bisa memberikan edukasi kepada konsumen di samping pemberi informasi menu-menu yang disajikan.

 

7. Daftar menu dengan gaya vintage

Bagi Anda yang memiliki konsep cafe bergaya vintage atau industrial, menggunakan menu bergaya “jadul” yang mengkombinasikan gambar dan tipografi bisa jadi ide terbaik untuk desain daftar menu cafe Anda.

8. Manfaatkan kaca sebagai daftar menu

contoh daftar menu cafe unik -3

(Sumber foto: Ricco via telegram)

Selain memberikan daya tarik konsumen untuk berfoto, menggunakan kaca sebagai papan daftar menu juga menjadi cara alternatif apabila Anda ingin memiliki daftar menu yang tidak mahal dan praktis.

9. Manfaatkan kayu bekas

contoh daftar menu cafe unik -11

(Sumber:  intimateweddings.com)

Anda juga bisa memanfaatkan kayu bekas sebagai daftar menu apalagi jika cafe Anda memiliki gaya industrial atau rusty.

Selain lebih hemat, penggunaan kayu bekas juga cukup serbaguna dan mudah didapat di mana pun.

10. Daftar menu digital

Beberapa cafe saat ini memiliki daftar menu digital. Bahkan tidak jarang konsumen bisa langsung memesan pada daftar menu tersebut.

Karena sifatnya yang flat, kamu juga harus memasukan kalimat promosi bisnis online di dalamnya untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tertentu.

Lalu bagaimana jika cafe Anda juga beroperasi secara online dan menerima pesanan takeaway? Anda bisa memanfaatkan platform pembuat website GoStore untuk mempermudah Anda dalam mengelola transaksi secara online.

Melalui GoStore, Anda juga bisa membuat daftar menu sendiri yang dapat diintegrasikan ke platform belanja media sosial seperti Instagram Shopping, Facebook Store, dan Google Shopping.

Bahkan melalui GoStore, Anda juga bisa menyambungkan ke sistem pembayar kasir online termasuk Moka POS.

Tertarik menggunakan GoStore? Anda bisa mengikuti demo GoStore secara gratis melalui tautan berikut ini.

 

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka