Moka Logo
Definisi, Elemen, dan Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Tips Bisnis

Definisi, Elemen, dan Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

4 min
SaminaSamina

Jika ingin menjalankan usaha kuliner, Anda harus mengetahui bisnis model canvas makanan. Hal ini penting, karena dalam menjalankan sebuah usaha, diperlukan yang namanya business plan atau rencana bisnis.

Business plan pun harus disiapkan dengan cara yang matang. Tujuannya, tidak lain supaya bisnis Anda berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan sesuai yang Anda harapkan. Salah satu yang bisa membantu perencanaan bisnis Anda adalah bisnis model canvas makanan.

Pasalnya bisnis model ini memang punya sejumlah keunggulan. Sekarang ini, banyak sekali perusahaan atau start-up yang menggunakan bisnis model canvas. Jadi, tidak ada salahnya mengaplikasikannya pula ke bisnis kuliner.

Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya bisnis model canvas makanan? Dan elemen apa saja yang ada di dalamnya?

Baca juga: 11 Barang yang Cepat Laku Dijual Online


Definisi Bisnis Model Canvas Makanan

bisnis model canvas makanan 002

Apa itu bisnis model canvas makanan? Ada baiknya membahasnya secara umum dulu. Bisnis model canvas adalah rencana kerja yang bisa dipakai untuk mendefinisikan konsep bisnis maupun ide dengan cara cepat dan mudah.

Bisnis model canvas merupakan kerangka manajemen yang digunakan untuk memudahkan dalam melihat gambaran ide serta realisasi bisnis dengan cepat. Bisnis model canvas berupa dokumen yang terdiri dari satu halaman.

Bisnis model canvas juga sering dipakai untuk mendefinisikan model bisnis startup. Tak heran jika banyak startup yang menggunakan model bisnis yang satu ini.

Bisnis model canvas pertama diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder di tahun 2005 dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Ia menjelaskan sebuah framework yang sederhana yang mewakili beberapa elemen penting dalam model bisnis. Elemen-elemen tersebut yang tercantum dalam bisnis model canvas.

Lalu apa itu bisnis model canvas makanan. Artinya merupakan bisnis model yang diterapkan ke produk kuliner atau makanan. Sesederhana itu.

Baca juga: 6 Standar Packaging Box yang Aman 


Elemen-Elemen Bisnis Model Canvas

bisnis model canvas makanan 001

1. Value proposition

Elemen satu ini merupakan dasar dari bisnis atau produk apapun, terutama produk makanan. Value proposition merupakan keunikan dari produk Anda yang melihat dari sisi nilai konsumen. Elemen ini yang menjadi keunggulan dan pembeda dari produk Anda dan produk lainnya.

2. Customer segments

Customer segments merupakan kategori yang menjadi kelompok individu berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, dan juga kebiasaan belanja. Selain itu, penting untuk mengerti seberapa besar market size dan juga segmen pelanggan supaya Anda bisa memahami lebih dalam mengenai konsumen Anda.

Untuk mempermudahnya, Anda juga bisa membuat customer personas atau biasa disebut dengan persona pelanggan di setiap segmennya. Dengan begitu Anda akan lebih gampang mengenali siapa saja target market Anda.

3. Channels

Elemen ini digunakan untuk membantu menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda. Channels bisa terdiri dari media sosial, email marketing, SEM (Pemasaran Mesin Pencari), SEO (Optimasi Mesin Pencari), PR, Blog, dan juga content marketing.

4. Key resource

Key resource merupakan sumber daya yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis Anda. Beberapa yang termasuk dalam key resource seperti ruang kantor, peralatan kantor, listrik, kendaraan, koneksi internet, dan lain sebagainya.

5. Revenue streams

Revenue streams atau sumber pendapatan merupakan sumber bisnis dalam memperoleh pendapatan dari pelanggan. Penting bagi Anda untuk mengelola revenue streams dengan maksimal sehingga meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis Anda..

6. Customer relationship

Elemen ini juga sangat penting karena menjaga hubungan baik dengan customer adalah salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis. Hal ini juga berdampak kepada image brand dan produk Anda secara keseluruhan. Jadi, hati-hati dalam menjaga hubungan dengan pelanggan Anda.

7. Key activities

Key activities mencakup semua aktivitas yang berhubungan dengan produk bisnis. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan proporsi nilai bagi produk Anda.

8. Key partnership

Key partnership atau bisa disebut mitra utama merupakan daftar dari perusahaan atau pemasok yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Pihak eksternal ini sangat penting untuk memenuhi kepuasan pelanggan Anda nantinya.

9. Cost structure

Elemen terakhir adalah cost structure. Skema finansial ini yang akan membiayai operasional bisnis. Anda juga harus memperhitungkan biaya operasional dalam skema ini. Anda juga harus pintar dalam mengatur manajemen keuangan nantinya supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Lalu, seperti apa bentuk bisnis model canvas makanan? Berikut adalah contohnya!

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, ini 7 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal


Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

bisnis model canvas makanan 003

Sebagai contoh, Anda ingin menjalankan bisnis ayam geprek dengan nama “Geprek Mantap”. Berikut adalah contoh bisnis model canvas makanan untuk bisnis Geprek Mantap Anda.

Elemen

Bisnis Model Canvas Makanan “Geprek Mantap”

Value Preposition

Geprek Mantap merupakan ayam geprek yang berbeda dengan yang lainnya. Tidak hanya dari segi kualitas ayam yang terdiri dari dua macam pilihan, ayam kampung dan ayam broiler dengan kualitas tinggi, tapi juga dari jenis-jenis sambal yang beragam dan memiliki cita rasa khas. Setiap sambalnya memiliki level kepedasan tersendiri. Selain itu, sayuran sebagai pendampingnya juga menjadi keunikan dari Geprek Mantap ini.

Customer Segments

Target market dari Geprek Mantap adalah orang-orang di kota besar dengan cakupan kelompok kaum milenial dan gen Z yang lebih besar.

Channels

Promosi yang dilakukan Geprek Mantap melalui media sosial seperti Instagram dan juga Twitter. Bekerja sama dengan beberapa influencer makanan, promosi Geprek Mantap dilakukan secara meluas. Sementara untuk media offline, terdapat promo atau diskon 50% tanpa minimum pembelian.

Key Resources

Sejumlah sumber daya yang dibutuhkan Geprek Mantap untuk bisa beroperasi adalah peralatan masak seperti kompor hingga kulkas. Untuk mencatat transaksi penjualan, dibutuhkan pula alat kasir.

Revenue Streams

Sumber utama pemasukan Geprek Mantap berasal dari penjualan menu makan secara offline ataupun kerja sama dengan GoFood.

Customer Relationships

Salah satu cara yang digunakan Geprek Mantap untuk menjalin hubungan dnegan konsumennya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas di media sosial seperti kuis atau promo.

Key Activities

Sejumlah aktivitas yang menjadi kunci penting dalam Geprek Mantap adalah proses memasak ayam, transaksi, layanan takeaway, dan pengiriman melalui GoFood.

Key Partnerships

Geprek Mantap bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memperlancar bisnis seperti pemasok ayam, pemasok cabai, pemasok sayur-sayuran serta bumbu, sampai dengan ojek online dan layanan pembayaran.

Cost Structures

Pengeluaran biaya dilakukan untuk membeli bahan baku, sewa tempat jualan, serta menggaji karyawan. Dengan perhitungan pemasukan sebulan, lalu dikurangi dengan seluruh biaya pengeluaran, Geprek Mantap masih mendapatkan keuntungan dengan nilai lebih dari Rp8 juta per bulannya.

Dengan mengetahui cara model bisnis canvas makanan tersebut, Anda pun dengan mudah bisa memulai bisnis Anda. Selain itu, untuk memperlancar bisnis Anda dibutuhkan aplikasi kasir seperti Moka POS. Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda.

Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! 

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.