Chillax Spa, Buah Mahakarya Selama 15 Tahun dari Nurul Hidayah

Bali adalah surga wisata yang ramai dikunjungi oleh semua orang, baik turis domestik maupun turis mancanegara. Hal ini tidak lepas dari lengkapnya fasilitas 3A yakni akses, amenitas, dan atraksi. Seperti yang sudah Anda ketahui, salah satu fasilitas yang paling menonjol dari Bali adalah amenitasnya.

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Bukan hanya hotel-hotel dengan atmosfer yang nyaman, amenitas ini pun termasuk spa. Oleh karena itu, kini banyak rumah spa yang berdiri di hampir seluruh Bali. Bahkan, bisa dibilang industri spa di Bali ini cukup kompetitif. Namun, hal itu tidak membuat Nurul Hidayah patah semangat.

 

Siapa pendiri Chillax Spa?

Nurul Hidayah adalah co-founder sekaligus pengelola dari Chillax Spa di bilangan Canggu, Kuta Utara, Bali. Berada di dekat bibir pantai tentu saja membuat Chillax Spa menjadi salah satu safe haven bagi para pelancong. Bahkan, Chillax Spa sudah beberapa kali masuk dalam daftar rekomendasi spa terbaik yang ada di Pulau Dewata. Tentu saja kesuksesan ini tidak diraih dengan mudah.

DSC01177-min

(Ki-ka): Nurul Hidayah, pemilik Chillax Spa, dan anaknya tercinta

 

Awal mula kesuksesan Chillax Spa

Nurul Hidayah tidak terjun ke dunia spa tanpa sengaja. Sebelum memulai rumah spa miliknya, ia sudah lima belas tahun bekerja di hotel bintang lima dan selalu ditempatkan di bagian spa. Kemampuan yang ia miliki bahkan membawanya bekerja di luar negeri. Ia pun pernah mengikuti pelatihan bersertifikat di Jepang. Selama 15 tahun bekerja, Nurul pun memutuskan untuk keluar dan kembali ke Indonesia.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Setelah keluar Nurul tidak langsung mendirikan Chillax Spa. Awalnya, ia memutuskan rehat sejenak selama dua bulan untuk menikmati waktu. Setelah masa rehat usai, Nurul justru kesulitan mencari kerja meskipun sudah mengantongi sertifikat dari luar negeri. Selama dua tahun Nurul tidak bisa mendapatkan pekerjaan.

chillax spa bali

Tidak bisa selamanya terjebak dalam ketidakpastian, Nurul pun memutar otak. Ia berpikir bagaimana caranya untuk membalikkan keadaan. Hingga pada akhirnya ia menghubungi kembali koleganya saat mengikuti pelatihan di Jepang, dan mengajaknya untuk bermitra. Melihat kemampuan yang dimiliki Nurul, koleganya pun setuju dan lahir lah Chillax Spa.

 

Strategi sukses Chillax Spa dalam melebarkan sayap bisnis

Telah bertahan selama tiga tahun di tengah pasar yang kompetitif, Nurul Hidayah punya tips yang sangat berharga. Menurutnya, yang bisa membawanya sukses seperti saat ini adalah dedikasi yang tinggi dan perhatian kepada konsumen. Nurul sudah menganggap Chillax Spa sebagai anaknya sendiri. Layaknya anak, maka segala perhatian, waktu, pikiran, uang, dan tenaga ia curahkan untuk Chillax Spa.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Dalam menjalankan usahanya, Nurul menikmati segala prosesnya. Pahit manis ia jalani tanpa beban. Sebab, ia berkeyakinan dengan hati dan niat yang tulus, tantangan sesulit apapun bisa dilalui dengan mudah. Selain itu, Nurul juga punya tips dalam memilih mitra yang tepat.

chillax spa bali

Menurut Nurul, sebuah usaha harus memiliki visi yang singular. Oleh karena itu, sebaiknya keputusan tetap diambil dan dijalankan oleh satu orang untuk menjamin efektivitas dan efisiensi. Beruntungnya, mitra Nurul tidak suka ikut campur terlalu jauh. Ia mempercayai Nurul akan melakukan apapun untuk memajukan usaha yang mereka bina berdua.

 

Bagaimana Moka membantu Chillax Spa berkembang?

Untuk membantu usahanya, Nurul menerapkan juga Moka sebagai aplikasi perkasirannya. Meskipun pada awalnya ia menolak, namun setelah mengetahui kalau ia bisa memantau performa harian secara online, Nurul pun tertarik.

Setelah menggunakan beberapa saat, ternyata ada satu fitur yang sangat membantu operasional Chillax Spa yakni Category Sales. Dengan fitur ini Nurul dimudahkan dalam hal melacak produk apa saja dan berapa banyak produk yang digunakan oleh para terapis untuk melayani pelanggan. Dengan demikian, Nurul bisa mendapatkan gambaran nyata berapa biaya yang ia keluarkan setiap bulannya.

Baca Juga: Eatlah, Bisnis Makanan Cepat Saji dengan Teknologi Termutakhir

linkedin

Tags: Percaya Moka percayamoka