Merchant Highlight

Bangun 'Mimo Cooks and Coffee' Tanpa Utang, Ini Kisah Desta Rissasanti

By Himawan Pradipta on March, 4 2019
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Banyak orang yang punya mimpi mendirikan bisnis namun terkendala dengan modal. Mereka merasa kalau visi besar yang telah mereka rancang harus dieksekusi dengan megah supaya bisa cepat balik modal. Namun ternyata, bukan jalan ini yang ditempuh oleh Desta Rissasanti untuku mewujudkan Mimo Cooks and Coffee.

Mengusung konsep makanan fusion Jepang, perempuan yang akrab disapa Desta ini tentu saja memiliki perjuangannya sendiri untuk membangun sebuah restoran yang namanya diambil dari panggilan sayang untuknya, yaitu "mimo." Penasaran cerita serunya?

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak kisah selengkapnya dari hasil wawancara Moka dengan Desta.

mimo cooks and coffee jakartaDesta Rissasanti, pemilik Mimo Cooks and Coffee, saat ditemui di outlet-nya di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan

 

Bagaimana awal mula berdirinya Mimo Cooks and Coffee?

Awalnya, Desta belum melahirkan konsep Mimo Cooks and Coffee. Namun, cikal bakal dari project ini sudah dimualainya dengan mendirikan Panic Pantry. Tujuannya adalah untuk memberikan sajian makanan kepada orang-orang sibuk dan bergerak cepat. Menu yang ditawarkan pun seluruhnya merupakan home-based cook atau dimasak sendiri di rumah. Untuk menemukan Panic Pantry, konsumen pun bisa mencarinya di dunia maya karena restoran ini berbasis online.

Seiring berjalannya waktu, Panic Pantry mulai memiliki pasarnya sendiri. Brand awareness telah meningkat seiring bertambahnya jumlah pelanggan yang puas. Tentu ini tidak lepas dari Desta yang benar-benar memerhatikan kualitas produknya. Ide-ide hasil brainstorm yang telah dikurasi pun mengerucut pada small Japanese corner.

Baca Juga: Sehat dan Enak, Nalu Bowls Tawarkan "A Little Taste of Paradise"

Setelah menemukan konsep bisnis yang akan dibangun, Desta mencari nama yang tepat dan yang bisa menjiwai spirit-nya. Namun, lucunya, nama Mimo justru terlahir dari ketidaksengajaan. Sebab, Mimo sejatinya adalah panggilan sayang Desta dari suami dan anaknya. Ternyata, Mimo bukan hanya sekadar panggilan sayang untuknya, namun juga sebuah kata yang memiliki makna. ‘Mi” memiliki arti enak atau hal-hal yang bagus, dan ‘Mo’ adalah sebuah penekanan. Jadi, Mimo punya makna ‘enak banget’, yang juga menjadi doa bagi bisnisnya.

 

Menu apa saja yang disajikan di Mimo Cooks and Coffee?

mimo cooks and coffee jakarta

Desta mengaku bahwa dirinya memiliki passion tersendiri terhadap kuliner Jepang. Sehingga ia pun sempat belajar tentang bagaimana mengolah dan menyajikan makanan-makanan khas Jepang. Lalu, Desta berpikir, makan apa saja yang bisa jadi konsumsi harian masyarakat Indonesia pada umumnya. Dari situ, ia mantap memutuskan bahwa Mimo Cooks and Coffee akan menyajikan menu-menu Japanese fusion dan kopi. Namun, tentu saja dengan unique selling point tersendiri.

Desta mendirikan Mimo Cooks and Coffee di atas pondasi makanan sehat. Ia ingin menunjukkan bahwa sehat itu bukan hanya identik dengan diet. Sehat juga bisa berarti tanpa MSG, garam secukupnya, dan gula sewajarnya. Semua nasi di Mimo Cooks and Coffee pun bisa diganti dengan salad bila memang konsumen menginginkannya. Semua yang dilakukannya ini sesuai dengan motto yang ia banggakan, yaitu "healthy is satisfyingly delicious."

 

Apa tips sukses berbisnis a la Desta?

mimo cooks and coffee jakartaDesta berpegang teguh pada prinsip start small, start now. Ini terlihat dari bagaimana ia mendirikan Mimo Cooks and Coffee dari sesuatu yang kecil. Ia memilih untuk mendirikan bisnisnya dari sumber daya yang telah ia raih sejak sebelum-sebelumnya. Ia ingin bisnisnya bisa bertumbuh secara organik, tanpa hutang. Jadi, tips nomor satu menurut Desta adalah jangan bergantung pada orang lain. Kalau Anda bisa melakukannya, maka lakukanlah sekarang juga.

Tips kedua adalah sadar peran. Desta adalah seorang ibu, seorang istri, dan seorang entrepreneur muda. Ketiga peran ini pun ia jalankan secara beriringan. Sehingga, berlanjut ke tips ketiga, yaitu bangun support system tersendiri. Tanpa adanya support system yang berjalan optimal, bisnis apapun tidak akan bisa berjalan dengan baik. "Anda harus tahu peralatan yang bisa membantu mengatur waktu dan menjalankan operasi harian bisnis Anda," ujarnya. Misalnya, dengan menggunakan Moka dalam sistem perkasiran, sebagaimana yang dilakukan oleh Desta.

Baca Juga: Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

 

Bagaimana cara Desta mengembangkan Mimo Cooks and Coffee?

Sebelum mengetahui cara mengembangkan bisnis, Desta berpendapat bahwa setiap pengusaha harus sudah merasa mantap tentang di mana posisi ia berada saat ini. Untuk itu, hal yang harus selalu ditekankan adalah memastikan bahwa kualitas produk sesuai dengan standar operasi.

Bisnis food & beverage merupakan salah satu bisnis yang paling fluktuatif. Untuk itu, Desta berbagi tips kalau kamu harus memastikan quality control berjalan dengan optimal. Anda harus yakin kalau produk yang akan diterima konsumen ini adalah produk terbaik yang tidak akan membuat mereka kecewa.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

Tips kedua, Anda harus memastikan kalau manajemen inventaris dan sistem keuangan berjalan dengan baik. Setelah itu, baru Anda bisa tahu betul tentang posisi Anda dan mampu memikirkan hal-hal lain yang akan membuat bisnis Anda berkembang. Khusus untuk manajemen inventaris dan sistem keuangan, Desta sangat terbantu oleh Moka.

 

Bagaimana Moka membantu Mimo Cooks and Coffee berkembang?

mimo cooks and coffee jakarta

Sebelum menggunakan Moka, Desta masih menggunakan cara-cara konvensional atau manual dalam menghitung inventaris dan finansial bisnisnya. Bahkan, Desta harus menghabiskan 60 persen waktunya untuk mengurus inventaris dan manajemen keuangan. Ia berkutat terus dengan hal ini karena harus rutin merekap data, mengingat update tidak berlangsung secara realtime.

Dengan menggunakan Moka, 70 persen pekerjaan inventaris secara manual pun hilang. Data-data inventarisnya disajikan secara realtime karena Moka selalu terkoneksi dengan internet. Sehingga, Desta hanya perlu follow up, analisis secara mendalam, dan controlling saja. Dengan demikian, Desta bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efisien. Bisa untuk marketing atau hal-hal lain yang bisa membuat Mimo Cooks and Coffee semakin berkembang.

Baca Juga: DOJ, Bar yang Hanya Menyediakan Minuman Sehat untuk Semua Kalangan

Lebih lanjut, Desta juga menceritakan kalau fitur inventory management dari Moka sangatlah membantunya. Bahkan, fitur ini membuat Moka sudah seperti Operational Manager dari Mimo Cooks and Coffee. Sebab, Moka akan memberikan report soal inventaris secara rinci dan realtime. Report ini disampaikan secara online, sehingga tidak merepotkan Desta yang sering bepergian ke luar kota. Dengan demikian, Desta bisa langsung menarik data saat itu juga tentang ketersediaan stok bahan baku Mimo Cooks and Coffee.

Baca Juga: 5 Alasan Perkasiran Adalah Kunci Sukses untuk Bisnis Restoran Anda

Itu kisah menarik dari Desta Rissasanti yang sukses mendirikan Mimo Cooks and Coffee seluruhnya dari resource yang ia miliki. Jadi, kata siapa memulai bisnis food & beverage harus dengan modal yang besar? Desta punya satu tips tambahan buat Anda yang masih ragu-ragu nih, yaitu do it now!

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Anda juga bisa menyaksikan video Merchant Talks dari Moka edisi khusus Mimo Cooks and Coffee di bawah ini.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia