Moka Logo
7 Cara Sukses Jualan Online untuk Pemula

Tips Bisnis

7 Cara Sukses Jualan Online untuk Pemula

3 min
JordhiJordhi

7 Cara Sukses Jualan Online untuk Pemula – Sukses jualan online bukanlah hal yang mustahil, bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan memahami cara-caranya, siapa saja bisa mulai jualan online dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Apakah Anda tertarik untuk memulainya? Untuk membantu Anda, berikut ini 7 cara sukses jualan online untuk pemula!


Inilah Cara Sukses Jualan Online yang Bisa Kamu Lakukan

1. Pastikan produk yang dijual memang bernilai

cara sukses jualan online

Cara sukses jualan online pertama yang harus Anda pahami adalah pastikan bahwa Anda memang menjual produk yang bernilai, berguna, dan dibutuhkan oleh konsumen. Ingat, esensi dari berdagang adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Jika ada kebutuhan konsumen yang masih belum terpenuhi, maka itu adalah peluang bagi Anda. Manfaatkan peluang tersebut dengan menghadirkan produk yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen. Untuk itu, jelilah melihat keluh kesah orang-orang sekitar karena itu bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Terlengkap

2. Gencar promosi di kanal-kanal yang digunakan pelanggan

Mempromosikan produk secara langsung dan terang-terangan, atau yang dikenal dengan sebutan hard-selling, adalah metode yang tepat untuk memperkenalkan produk. Termasuk ketika Anda mau meningkatkan penjualan.

Anda bisa gunakan kanal yang sering digunakan oleh target pasar Anda. Misalnya seperti media sosial, WhatsApp broadcast, banner di media digital, atau iklan di e-commerce.

3. Edukasi pelanggan tentang produk Anda

cara sukses jualan online 002

Cara sukses jualan online selanjutnya, maka buatlah para pelanggan memahami produk Anda. Jelaskan apa saja keunggulan dari produk Anda dan bagaimana manfaat yang akan dirasakan oleh pelanggan jika menggunakan produk Anda.

Gunakan sarana media sosial, kanal berita online, atau blog agar masyarakat bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang produk Anda. Teknik promosi ini juga dikenal dengan istilah soft-selling karena pendekatannya lebih bersifat persuasif.

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula

4. Terapkan word of mouth sebagai cara sukses jualan online

Promosi mulut ke mulut atau word of mouth masih sangat ampuh untuk menggerakkan hati calon pembeli. Untuk menciptakan word of mouth, Anda bisa bekerja sama dengan Key Opinion Leaders (KOL) atau influencers.

Mereka inilah yang memiliki kemampuan dan sumber daya untuk menciptakan perbincangan tentang suatu produk. Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga mutu produk agar perbincangan yang terjadi tetap positif.

5. Pastikan fast response di berbagai kanal jualan Anda

cara sukses jualan online 001

Selanjutnya, cara sukses jualan online adalah berusaha fast response. Apalagi calon pembeli sangat mudah untuk berubah pikiran. Untuk itu, selalu nyalakan notifikasi agar setiap kali calon pembeli bertanya, Anda bisa langsung menjawabnya.

Jika memang tidak bisa, maka Anda bisa tugaskan seseorang untuk menjadi admin toko untuk memastikan setiap pertanyaan bisa terjawab dalam hitungan menit. Inilah kunci agar Anda bisa sukses jualan online di tengah ketatnya persaingan saat ini.

6. Pastikan pengiriman produk tidak terlambat

Buatlah Standard Operational Procedure atau SOP dalam hal pemrosesan pesanan. Meskipun untuk saat ini Anda adalah pemilik sekaligus pengelola toko online, tetaplah patuhi SOP tersebut agar operasional toko online Anda tetap konsisten.

Misalnya, setiap pesanan yang sudah dibayar sebelum pukul 14:00, maka barang wajib dikirimkan pada hari tersebut. Dengan banyaknya jumlah penyedia jasa pengiriman saat ini, lambat dalam mengirim pesanan rasanya sudah tidak bisa lagi diterima oleh konsumen.

Baca juga: GoStore, Toko Online Pribadi dari Gojek yang Permudah Transaksi Penjualan di Berbagai Channel

7. Buatlah website toko online sebagai salah satu cara sukses jualan online

cara sukses jualan online 004

Meskipun ada banyak platform untuk jualan online, namun membuat website toko online memiliki beberapa keunggulan. Ini bisa jadi cara sukses jualan online untuk Anda.

Kelebihan website toko online yang pertama, Anda memiliki kendali lebih untuk mempromosikan produk Anda karena Anda tidak harus berebut slot iklan dengan penjual lain layaknya di e-commerce.

Kedua, website toko online membuat jualan Anda terkesan lebih kredibel di mata konsumen, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka untuk belanja di toko online Anda. Ketiga, website toko online lebih mudah untuk mengkonversi pengunjung menjadi pembeli karena pengunjung tidak tergoda dengan tawaran-tawaran produk dari penjual lain seperti di e-commerce.

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, maka sudah sepantasnya Anda membuat website toko online Anda sendiri. Tak perlu bingung, karena cara membuat toko online sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan layanan GoStore dari Gojek.

GoStore adalah pembuat website toko online pertama di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan layanan Google Shopping, Facebook Shop, dan Instagram Shop. Jadi, produk-produk Anda bisa terpampang di ketiga platform tersebut. Sehingga, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli karena pengguna Google, Facebook, dan Instagram di Indonesia sangatlah banyak.

Itu dia cara sukses jualan online bagi pemula, tidak sulit bukan? Apalagi jika Anda menggunakan GoStore untuk membuat toko online. Dengan memanfaatkan GoStore, Anda akan semakin mudah untuk mengembangkan toko online Anda ke depannya. Jadi, pastikan Anda menggunakan GoStore untuk toko online Anda!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka