Moka Logo
Cara Scan Barcode Menu Makanan agar Mudahkan Pelanggan

Info Produk

Cara Scan Barcode Menu Makanan agar Mudahkan Pelanggan

3 min
YovitaYovita

Sudah tahu cara scan barcode menu makanan? Baik pengusaha maupun pembeli pasti sudah tidak asing lagi dengan barcode. Zaman sekarang, barcode juga kerap disebut sebagai QR code. Kode gambar ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat umum. Bahkan toko-toko termasuk usaha kuliner juga menggunakan barcode untuk berbagai macam keperluan, mulai dari pembayaran hingga penyampaian menu makanan.

Lantas, bagaimana cara scan barcode menu makanan? Sebelumnya, mari pahami dulu apa itu barcode!


Apa Itu Barcode?

 

Barcode adalah sebuah gambar kode palang, kode batang, atau kode garis yang berisi data optik. Tiap garis atau elemen yang ada dalam barcode akan memberikan kode tertentu saat dibaca oleh mesin. Salah satu fungsinya yang paling umum adalah untuk membedakan sebuah produk dari barang lainnya. Hanya cukup melakukan pemindaian atau scanning ke arah barcode, maka Anda sudah bisa mengetahui seluruh informasi barang yang ditandai kode tersebut.

Baca juga: Pentingnya POS System Berbasi Cloud untuk Keamanan Usaha


Kegunaan Barcode

Barcode memiliki fungsi yang sangat penting dalam urusan pertokoan, yaitu menyimpan informasi produk yang dijual. Informasi yang disimpan bisa berupa lokasi produk, tanggal kedaluwarsa, nomor identitas, stok, kode produksi, dan sebagainya. Hal inilah yang jadi salah satu alasan penggunaan barcode.

Karyawan akan lebih cepat dalam memasukkan data sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Tak hanya itu, penggunaan barcode juga membuat catatan informasi yang dikumpulkan menjadi lebih akurat. Kerugian akibat kesalahan pendataan bisa diminimalisir sekecil mungkin dengan fitur ini. Bahkan di era sekarang, barcode sudah merambah ke aspek-aspek lain pertokoan. Berbagai toko bahkan sudah menerapkan pembayaran dengan cara melakukan scanning barcode terlebih dahulu.

Terbaru, barcode sudah digunakan banyak restoran tak hanya sebagai medium pembayaran, namun juga sebagai penunjuk menu makanan ke pelanggan agar lebih efisien. Tapi, bagaimana cara scan barcode menu makanan?

Baca juga: Profit adalah: Pengertian, Cara Hitung, & Strategi Meningkatkannya


Cara Scan Barcode Menu Makanan

Cara Scan Barcode Menu Makanan 2

Barcode bisa dibaca dengan sebuah mesin yang disebut barcode scanner. Namun, tentu tidak semua orang memiliki alat khusus barcode scanner ini. Jangan khawatir, pelanggan yang ingin makan di restoran hanya perlu menggunakan handphone mereka sendiri untuk bisa scan barcode menu makanan.

Ada dua cara scan barcode menu makanan yang mudah dilakukan. Kedua cara tersebut di antaranya adalah melakukan scanning menggunakan aplikasi handphone dan scanning barcode tanpa aplikasi. Berikut penjelasan caranya secara lengkap.

1. Cara scan barcode menu makanan dengan aplikasi

Cara pertama ini bisa dicoba dengan menggunakan kamera bawaan handphone terlebih dahulu. Minta pelanggan melakukan scanning dengan klik icon yang berwujud seperti lensa kontak, biasanya di area kiri display kamera. Sayangnya, tidak semua handphone memiliki fitur ini. Jadi, perlu ada aplikasi lainnya untuk bisa melakukan scan barcode.

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa minta pelanggan menggunakan aplikasi Google yang ada di handphone. Buka aplikasi Google terlebih dahulu, lalu klik icon kamera kotak di sebelah icon mikrofon. Kemudian, arahkan kamera ke barcode atau QR code yang sudah disediakan restoran. Biasanya akan muncul alamat web yang sudah sengaja diarahkan pihak restoran, kemudian klik link tersebut. Nantinya, secara otomatis handphone anda akan membuka menu dari resto tersebut.

2. Cara scan barcode menu makanan tanpa aplikasi

Pertama, minta pelanggan buka aplikasi browser yang sudah ada di handphone mereka, bisa Google Chrome, Safari, atau lainnya. Kemudian, pelanggan bisa membuka situs web QR di alamat https://webqr.com/.

Aktifkan fitur kamera untuk website tersebut dan setelah display kamera terbuka, tinggal arahkan kamera ke barcode atau QR code yang sudah disediakan. Nantinya, browser akan secara otomatis mengirimkan Anda ke laman yang berisi khusus tentang menu makanan dari resto tersebut.

Baca juga: Pesan Makan Online Makin Diminati Konsumen, Apa Penyebabnya?


Gunakan Barcode untuk Mudahkan Pelanggan

Cara Scan Barcode Menu Makanan

Dalam urusan bisnis, barcode memang sangat berguna untuk banyak aspek. Scan barcode untuk membuka menu makanan saja sudah tergolong sangat inovatif di masa sekarang. Selain itu, barcode juga sering digunakan untuk melakukan pembayaran. Beberapa fakta tersebut membuktikan penggunaan barcode memang sangat baik untuk memudahkan pelanggan.

Selain bisa digunakan untuk menampilkan menu makanan, barcode juga bisa memudahkan pelanggan untuk mengakses toko online Anda. Namun, sebelumnya, buat website toko online Anda terlebih dahulu. Tak perlu bingung, Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan GoStore yang bisa diakses melalui back office Moka POS. Jadi, pastikan Anda juga sudah menggunakan Moka POS untuk mendukung operasional bisnis sehari-hari, ya!


Ternyata cara scan barcode menu makanan begitu mudah, bukan? Anda bisa meminta pelanggan untuk melakukannya melalui handphone masing-masing, baik menggunakan aplikasi khusus maupun tidak. Dengan memanfaatkan barcode atau QR code, Anda pun bisa memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, mengakses menu, hingga berkunjung ke website Anda.

Pastikan saja Anda sudah memiliki website toko online yang dikelola dengan baik. Untuk kebutuhan satu ini, serahkan kepada GoStore yang bisa Anda akses melalui back office Moka POS. Dengan adanya website, berjualan jadi lebih cepat, pelanggan langsung merapat. Yuk, buat website toko online pakai GoStore di Moka POS sekarang juga! 

Social Commerce

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.