Business Insight

7 Cara Promosi Makanan di WA, Mudah dan Murah

By Jordhi Farhansyah on September, 3 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Cara Promosi Makanan di WA, Mudah dan Murah - Apa kabar usaha makanan Anda saat ini? Apakah Anda sudah memaksimalkan beragam channel promosi? Bagaimanapun, Anda perlu ingat kalau promosi yang gencar perlu dilakukan untuk semakin memperluas jangkauan usaha Anda.

Selain memanfaatkan media sosial, nyatanya Anda juga bisa mengandalkan aplikasi chat seperti WhatsApp atau WA. Nah, sudah tahukah Anda mengenai cara promosi makanan di WA yang tepat?

Faktanya, aplikasi yang biasa kita pakai sehari-hari untuk berkirim pesan dengan kerabat dekat ini ampuh sekali untuk menjadi media promosi. Ya, dengan mempromosikan makanan Anda ke teman-teman terdekat, usaha Anda jelas memiliki kesempatan lebih untuk kian berkembang.

Teman-teman Anda bisa menjadi pelanggan Anda, lalu ikut memberitahukan ke teman-teman Anda lainnya tentang usaha makanan yang Anda jalankan. Usaha pun jadi makin untung, bukan?


Manfaat Mengetahui Cara Promosi Makanan di WA

cara promosi makanan di WA 5

Mengetahui cara promosi makanan di WA bisa memberikan beragam manfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis makanan. Pertama, dengan menerapkan cara-cara promosi tersebut, brand Anda bisa jadi lebih dekat dengan konsumen. Bila Anda menggunakan cara promosi makanan di WhatsApp, Anda pun bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Kedua, kemungkinan konversi jadi lebih tinggi. Dengan menggunakan WhatsApp, tentu saja para pelanggan tidak akan merasa terintimidasi untuk segera menjawab seperti telepon. Menurut riset dari Leads360, dengan menggunakan pesan singkat dari WhatsApp untuk mempromosikan produk Anda, angka konversi penjualan pun berpotensi mencapai 110%.

Ketiga, biayanya sangat murah. Menggunakan WhatsApp untuk sarana promosi produk atau jasa Anda tentu tak akan memakan biaya banyak. Alih-alih, Anda hanya perlu berlangganan internet. Dengan biaya sangat murah dan potensi yang besar untuk mendongkrak angka penjualan, tentu saja menerapkan cara promosi makanan di WA sangatlah menjanjikan.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Produk Anda


Mudah dan Murah, Ini Cara Promosi Makanan di WA 

cara promosi makanan di WA 2

1. Mendata nomor WhatsApp para calon konsumen

Mengumpulkan data dan membuat database para calon konsumen akan sangat berguna untuk promosi digital usaha Anda. Anda bisa memulai dengan mempromosikan produk Anda ke kerabat atau keluarga terdekat.

Grup WhatsApp tetangga juga bisa Anda gunakan, lho, sebagai tempat promosi. Tak perlu sering-sering agar tidak "mengganggu", cukup sesekali saja dengan jarak waktu yang konsisten.

2. Buat foto yang menarik

Menjual makanan adalah menjual rasa. Namun, bagaimana cara menyampaikan atau mendeskripsikan cita rasa dari makanan yang akan Anda jual kepada konsumen melalui WhatsApp? Anda perlu mengerti, hal yang pertama kali dilihat konsumen dan akan jadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk makanan Anda adalah foto makanan itu sendiri. 

Jadi, tentu saja calon konsumen akan lebih tertarik pada produk makanan Anda, apabila foto makanan menarik dan menggugah selera. Bila Anda bisa mengalokasikan sedikit anggaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa fotografer makanan. Kini pun sudah ada banyak, lho, fotografer makanan yang memasang rate cukup terjangkau.


3. Siapkan katalog

Ketika foto produk sudah ada, tugas Anda tinggal membuat katalog. Katalog akan memudahkan konsumen untuk melihat menu dan harga dari produk makanan yang Anda jual. 

Berikanlah informasi yang jelas dan detail mengenai produk makanan yang Anda jual. Informasi itu bisa berisikan deskripsi, variasi rasa, komposisi bahan baku, cara penyimpanan, jumlah kalori, masa kedaluwarsa, dan yang paling penting, harga dari produk makanan itu sendiri. Anda juga bisa menambahkan informasi lain yang sekiranya dibutuhkan konsumen Anda.

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik

4. Gunakan kalimat promosi yang menarik

Bagi Anda yang baru ingin memulai, hal ini sangat perlu Anda pelajari. Kalimat promosi yang menarik tentu saja akan menarik perhatian dan ketertarikan konsumen untuk mencoba atau setidaknya menanyakan produk Anda.

Contoh kalimat yang menarik calon konsumen antara lain:

  • Promo diskon 50% untuk semua produk hanya berlaku hari ini hingga pukul 15:00 WIB. Yuk, segera pesan selama persediaan masih ada! 
  • Promo Beli 1 Gratis 1 untuk menu spesial kemerdekaan! Dapatkan hanya di hari ini!
  • Hari terakhir! Ayo menangkan grand prize Smartphone 5G untuk pembelian di atas Rp500 ribu!

Itu adalah contoh kalimat yang seolah-olah mendesak calon konsumen untuk segera membeli produk Anda karena jangka waktu promonya yang sangat terbatas. Hal itu juga dapat “merayu” calon konsumen untuk membeli produk Anda.


5. Jangan lupa bangun keakraban 

cara promosi makanan di WA 6

Sejatinya, WhatsApp adalah tempat kita mengobrol dengan kerabat dekat kita sehari-hari. Oleh karena itu, materi promosi di WA sebaiknya bersifat soft selling. Jangan serta-merta mempromosikan produk Anda tanpa menyampaikan pesan yang bersifat personal. 

Bentuk pesan yang Anda bisa kirimkan antara lain: 

  • Hai (nama pelanggan), apa kabar? Sudah makan siang hari ini? Kami punya menu spesial dengan harga murah untuk kamu. Cek menunya berikut ini, ya. 
  • Mau traktir keluarga kamu makan enak? Pesan menu kami sekarang juga. Ada diskon spesial untuk pembelian minimal 2 paket. 

6. Manfaatkan fitur-fitur WhatsApp

Ada banyak fitur Whatsapp yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. Salah satunya adalah WhatsApp Story, di mana dengan fitur ini, Anda bisa mem-posting produk Anda terus-menerus tanpa takut mengganggu konsumen Anda.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memberi tahu jam buka dan tutup toko Anda atau untuk memberikan informasi tentang proses pembuatan dan lain sebagainya.

7. Beda grup, beda cara promosi 

Jika Anda ingin promosi Anda efektif, maka Anda perlu menyesuaikan pesannya dengan karakter penerima pesan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirim broadcast ke grup bapak-bapak di RT, maka gunakanlah bahasa yang sesuai dengan bahasa sehari-hari mereka.

Selanjutnya, jika Anda ingin promosi ke grup pengajian, Anda bisa menggunakan pesan-pesan religius sebelum mempromosikan produk Anda. 

Baca juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda


Selain menggunakan WhatsApp, tentu saja Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah platform lain untuk jualan online. Salah satunya adalah GoStore.

Dengan menggunakan GoStore, Anda bisa mengoptimalkan toko online Anda karena GoStore telah terintegrasi dengan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Store dalam satu platform.

Lebih dari itu, masih ada banyak kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan apabila Anda menggunakan GoStore. Misalnya saja keamanan dan kenyamanan dalam transaksi, laporan penjualan, data stok barang yang jelas, serta masih banyak lagi.

Ayo temukan keunggulan lainnya dengan mengunjungi GoStore!

New call-to-action

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia