Moka Logo
7 Cara Promosi Jualan Online yang Ampuh dan Minim Modal

Tips Bisnis

7 Cara Promosi Jualan Online yang Ampuh dan Minim Modal

3 min
JordhiJordhi

7 Cara Promosi Jualan Online yang Ampuh dan Minim Modal – Promosi sesunguhnya identik dengan modal berlimpah, tapi tidak melulu demikian. Terlebih ketika Anda melakukan promosi penjualan secara online. Bujet bisa ditekan, asalkan Anda tahu bagaimana caranya.

Untuk bisa mempromosikan jualan online, Anda harus memiliki beberapa skill tertentu. Beruntungnya, kini skill tersebut bisa dipelajari secara gratis di internet. Jadi, Anda tidak perlu keluar biaya banyak kalau mau mempelajarinya.

Berikut ini kami coba beberkan cara promosi jualan online yang ampuh tanpa perlu keluar modal banyak. Pembahasannya sangat penting, terutama buat Anda yang baru memulai usaha:


Inilah Cara Promosi Jualan Online Minim Modal

1. Terapkan content marketing

Cara Promosi Jualan Online

Content marketing adalah strategi pemasaran produk melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan, konsisten, dan bermakna. Tujuannya tidak lain, menarik minat dan menjaga ketertarikan para audiens yang sudah ditentukan sejak awal. Hingga akhirnya meyakinkan mereka untuk membeli suatu produk.

Langkahnya, bisa dilakukan dengan mengunggah foto atau video di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Kemudian Content marketing juga bisa berupa tulisan pada halaman blog yang memenuhi kaidah Search Engine Optimization (SEO). Kaidah SEO ini akan memudahkan tulisan Anda untuk terpampang di hasil pencarian Google.

Harapannya, dengan menyisipkan pesan marketing pada konten tulisan, pembaca jadi semakin tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk tertentu. Ujung-ujungnya melakukan pembelian.

Ini merupakan cara promosi jualan online yang tidak butuh banyak uang. Pasalnya semua dilakukan secara gratis. Kamu bisa buat media sosial tanpa keluar biaya, begitu juga blog. Ongkos terbesar cuma ada di kebutuhan koneksi internet.

Baca juga: 8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce

2. Kirim produk gratis ke orang-orang terdekat

Cara promosi jualan online tanpa harus keluar modal banyak, bisa dilakukan dengan mengirimkan produk gratis ke orang-orang terdekat. Jika hal ini dilakukan, secara otomatis meningkatkan exposure produk Anda.

Apalagi jika orang-orang terdekat tersebut mengunggah review jujurnya ke halaman media sosialnya, produk Anda akan diketahui oleh para followers mereka. Review jujur yang disampaikan pun akan semakin menggerakkan orang-orang untuk mengetahui produk Anda lebih lanjut. Bukan tidak mungkin, selanjutnya melakukan pembelian.

3. Kerja bareng influencer cara promosi jualan online - 002

Tenang, tidak semua influencer mematok harga tinggi untuk bantu pasarkan produk Anda. Anda bisa bekerja sama dengan influencer micro yaitu influencer dengan jumlah followers 10.000 hingga 100.000.

Selain fee-nya lebih terjangkau, influencer micro juga lebih mudah untuk Anda ajak barter. Barter ini adalah ketika Anda memberikan beberapa produk secara gratis untuk di-post di halaman media sosialnya tanpa biaya tambahan. Ini merupakan salah satu cara promosi jualan online tanpa modal banyak yang dengan mudah dilakukan.

4. Affiliate marketing bisa jadi cara promosi jualan online

Cara promosi jualan online minim bujet, bisa lewat affiliate marketing. Ini  adalah model bisnis yang memberikan komisi dengan jumlah tertentu kepada pihak ketiga yang bantu memasarkan suatu produk.

Misalnya, Anda bekerja sama dengan seorang YouTuber untuk memasarkan koleksi hijab terbaru. Anda bisa memberikan link referral yang khusus untuk dipromosikan oleh YouTuber ini di video yang ia unggah.

Kemudian, Anda bisa memberikan komisi untuk setiap pembelian produk melalui link referral tersebut. Contoh kesepakatan yang bisa dilakukan berbeda-beda, sebut saja memberi komisi Rp 2.500.000 kepada YouTuber jika berhasil mendatangkan 100 pembeli. Mudah bukan?

5. Live shopping di e-commerce atau media sosial

cara promosi jualan online - 003

Kini Anda sudah bisa live stream untuk berjualan di platform e-commerce. Semakin menarik live stream Anda, maka jumlah penontonnya akan semakin tinggi, sehingga exposure produk Anda pun semakin meningkat.

Ini bisa dijadikan cara promosi jualan yang tidak butuh banyak uang. Bahkan, Tokopedia mencatat siaran langsung di aplikasinya telah meningkatkan kunjungan ke toko hingga 20%. Kemudian pemesanan produk pun meningkat 29%.

Baca juga: Kata-Kata Jualan Online di Facebook, Ampuh!

6. Personal branding owner di media sosial pribadi

Seringkali warganet mengafiliasikan pemilik dengan bisnisnya. Untuk itu, agar tercipta perspektif positif terhadap produk Anda, bisa mulai meningkatkan personal branding di media sosial pribadi. Misalnya, Anda lebih banyak membagikan konten-konten inspiratif, humoris, atau menenangkan.

Jika warganet melihat bahwa pemilik bisnisnya adalah seseorang yang dapat dipercaya, maka mereka akan lebih yakin untuk membeli produknya. Inilah salah satu cara promosi jualan online tanpa keluar modal banyak.

Baca juga: 23 Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Bikin Lapar7.

7. Buatlah toko online dengan GoStore

Bukan sembarang toko online yang Anda buat, melainkan manfaatkan layanan GoStore dari Gojek. Sebab, cara membuat toko online dengan menggunakan GoStore sangatlah mudah, bahkan hanya dalam hitungan menit.

Tidak hanya mudah, toko online dari GoStore juga sudah terintegrasi di Google Shopping, Facebook Shop, dan Instagram Shop. Jadi, produk Anda akan lebih mudah menjangkau calon pembeli di media sosial terbesar.

Itu dia cara promosi jualan online yang ampuh tanpa keluar modal banyak. Dengan membuat toko online, Anda akan jadi lebih mudah memasarkan produk dengan biaya yang relatif lebih sedikit. Jadi, bagi Anda yang belum punya toko online, percayakan pada GoStore saja!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka